• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Mudah Naik

4 Kebiasaan yang Membuat Berat Badan Mudah Naik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Pada suatu momen ketika tiba-tiba menimbang badan, kamu mungkin terheran-heran melihat angka dari timbangan yang naik. Padahal, selama ini kamu merasa jika konsumsi makanan sehari-hari tidak ada perbedaan dibandingkan sebelumnya. Hal tersebut membuat kamu bertanya, sebenarnya kebiasaan apa saja yang dapat membuat berat badan menjadi naik? Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Kebiasaan Penyebab Berat Badan Naik

Banyak orang yang tidak sadar jika kebiasaan yang kerap dilakukannya setiap hari mungkin saja menjadi salah satu penyebab naiknya berat badan. Setiap orang wajib menjaga timbangannya untuk tetap normal guna menghindari obesitas yang dapat meningkatkan risiko penyakit berbahaya. Terkadang, beberapa kebiasaan yang tidak kamu hiraukan juga dapat meningkatkan bobot tubuh.

Baca juga: Berat Badan Bertambah? Ini yang Terjadi pada Tubuh

Untuk itu, kamu harus tahu kebiasaan apa saja yang dapat menyebabkan berat badan menjadi lebih mudah naik. Dengan mengetahui hal tersebut, kamu dapat mengurangi bahkan menghentikan kebiasaan itu untuk memastikan tubuh menjadi lebih sehat. Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menimbulkan dampak buruk tersebut:

1. Pengaturan Tidur yang Buruk

Salah satu faktor yang dapat meningkatkan berat badan adalah pengaturan jam tidur yang buruk. Beberapa orang mungkin tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit. Keduanya dapat menyebabkan terjadinya penambahan berat badan dengan cara mengganggu tubuh untuk memproduksi hormon yang berguna guna mengontrol nafsu makan dan rasa lapar. Pengaturan waktu yang buruk juga membuat kamu sulit untuk mendapatkan waktu untuk olahraga.

2. Tingkat Stres

Tingkat stres termasuk salah satu faktor yang dapat berkontribusi terhadap kenaikan pada berat badan, terutama pada lingkar pinggang. Beberapa orang memilih untuk makan agar merasa lebih tenang saat menghadapi tekanan. Nafsu makan yang lebih tinggi terhadap makanan siap saji dapat menyebabkan peningkatan kadar lemak di perut. Hal tersebut dapat mengakibatkan banyak masalah terkait gaya hidup, seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan lainnya.

Baca juga: Benarkah Rutin Konsumsi Buah Bit Dapat Turunkan Kolesterol?

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait berat badan yang terus naik dari hari ke hari, dokter dari Halodoc siap memberikan saran secara profesional. Caranya terbilang mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc untuk menikmati fitur Chat dan Voice/Video Call, dengan ahli medis tanpa perlu ke luar rumah. Unduh aplikasinya sekarang juga di App Store atau Google Play!

3. Makan Terlalu Cepat

Seseorang yang memiliki kebiasaan makan dengan cepat dapat kesulitan untuk menurunkan berat badan. Saat makan dengan cepat, kamu merasakan kecenderungan untuk makan berlebihan sehingga terjadi obesitas. Hal tersebut dapat membuat kelebihan nutrisi disimpan dalam bentuk lemak yang akhirnya berat badan naik. 

Cara yang paling baik agar dapat makan lebih lambat adalah sambil mendengarkan musik atau menonton televisi, sehingga fokus otak terganggu dan makan menjadi lambat. Selain itu, makan dengan cepat juga diketahui dapat menyebabkan banyak masalah terkait pencernaan, sindrom metabolik, resistensi insulin, hingga tubuh yang sulit dipuaskan atau tidak mudah kenyang.

4. Duduk Sepanjang Hari

Pekerjaan kamu mungkin mengharuskan untuk selalu duduk di kursi yang membuat tubuh jarang bergerak. Hal tersebut membuat kamu lebih sulit untuk menurunkan berat badan. Beberapa orang mungkin ditemani cemilan saat bekerja agar lebih fokus. Kondisi itulah yang membuat penambahan berat badan terus terjadi. Maka dari itu, cobalah untuk menggerakkan tubuh setiap beberapa jam selama 10 menit untuk mencegah terjadinya obesitas.

Baca juga: Berat Badan Naik Selama Puasa? Ini 4 Penyebabnya

Itulah beberapa kebiasaan yang mungkin tidak kamu sadari dapat menyebabkan berat badan naik. Jika angka pada timbangan terus bertambah, kamu harus menghindari empat kebiasaan di atas. Dengan menghindari atau menghentikannya, diharapkan kamu dapat mencapai berat badan ideal agar tetap sehat.

Referensi:

Web MD. Diakses pada 2020. Reasons You’re Not Losing Weight.
Lal Path Labs. Diakses pada 2020. Top 10 Habits that make you Fat.