• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh setelah Vaksin COVID-19

5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh setelah Vaksin COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Cara Meningkatkan Imun Tubuh setelah Vaksin COVID-19

“Setelah mendapatkan vaksin COVID-19, masyarakat disarankan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Tidak hanya itu saja, menjaga kesehatan agar imun tubuh tetap optimal menjadi hal yang perlu dilakukan. Menjaga pola makan, mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan mengelola stres menjadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh setelah vaksin.”

Halodoc, Jakarta – Vaksinasi COVID-19 dinilai menjadi cara efektif untuk menurunkan angka pandemi yang masih terus meningkat. Sebaiknya jangan ragu menerima vaksin COVID-19 agar manfaatnya dapat kamu rasakan dengan baik.

Untuk mengoptimalkan manfaat vaksin COVID-19 yang telah kamu dapatkan, sebaiknya tetap jalani protokol kesehatan dan lakukan gaya hidup sehat agar imun tubuh semakin optimal setelah vaksin. Yuk, simak ulasannya, di sini!

Baca juga: Mengenal Protokol Kesehatan 5M untuk Cegah COVID-19

Tetap Jalankan Protokol Kesehatan Setelah Vaksin

Saat ini, melakukan vaksinasi COVID-19 dinilai paling efektif untuk menjaga kesehatan. Bukan hanya melindungi diri sendiri, dengan melakukan vaksinasi COVID-19 kamu bisa melindungi keluarga dekat hingga kerabat untuk menurunkan risiko penyebaran dan penularan virus corona.

Selain itu, vaksin COVID-19 mampu mencegah kamu dari berbagai perburukan gejala maupun komplikasi yang disebabkan oleh virus corona. Vaksinasi COVID-19 akan diberikan sebanyak 2 dosis. Tiap jenis vaksin akan berbeda rentang waktu pemberian dosis pertama dan dosis kedua.

Dosis pertama bertujuan memicu respon kekebalan tubuh di awal, sedangkan dosis kedua untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk sebelumnya. Untuk itu, sangat penting memastikan kamu menerima dua dosis vaksin COVID-19 secara lengkap agar imunitas tubuh dapat terbentuk dengan optimal.

Setelah mendapatkan vaksin dosis lengkap masyarakat diingatkan untuk tetap menjalankan protokol kesehatan agar aktivitas dapat berjalan aman. Jangan lupa untuk selalu gunakan masker ketika berkegiatan di luar rumah, rutin mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Baca juga: Pentingnya Imunitas dan Protokol Kesehatan Anak di Masa Pandemi

Tingkatkan Imun Tubuh Setelah Vaksin

Bukan hanya menjalankan protokol kesehatan selama berada di luar rumah, kamu bisa melakukan cara ini untuk meningkatkan imun tubuh setelah mendapatkan vaksin COVID-19 baik dosis pertama maupun dosis kedua, seperti:

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat menjadi cara tepat untuk meningkatkan imun tubuh setelah vaksin. Yufang Lin, dokter pengobatan integratif di Cleveland Clinic, Ohio, mengatakan nutrisi yang didapatkan dari makanan, seperti buah, sayur, hingga rempah membantu kamu meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik. 

Makanan yang berasal dari tanaman juga memiliki sifat antivirus dan antimikroba yang dapat membantu tubuh melawan infeksi. Kamu juga bisa mencoba mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin A, C, E, B6, B12, seng, folat, zat besi, selenium, dan tembaga yang bisa membantu menjaga kesehatan imun tubuh.

  1. Kelola Tingkat Stres

Stres dapat menurunkan imun tubuh, loh. Untuk itu, pastikan kamu dapat mengelola tingkat stres dengan baik. Tidak ada salahnya beristirahat sejenak jika kamu merasakan penat dalam pekerjaan. Kamu bisa mencoba untuk mendengarkan musik, berjalan di taman rumah, atau menyaksikan film kesukaan di televisi. Hal ini bisa membantu meningkatkan imun tubuh setelah vaksin COVID-19.

  1. Penuhi Kebutuhan Istirahat

Tubuh melakukan proses regenerasi pada sel maupun jaringannya ketika kamu tertidur. Hal ini membuat tidur cukup sangat penting bagi imun tubuh. Selain itu, saat tidur tubuh memproduksi sitokin, sel T, dan interleukin 12.

Jadi, saat kebutuhan tidur kamu tidak terpenuhi dengan baik tubuh tidak dapat memproduksi ketiga hal tersebut sehingga membuat tubuh menjadi lebih rentan terserang gangguan penyakit.

  1. Rutin Berolahraga

Hal yang tidak boleh dilewatkan untuk meningkatkan imun tubuh adalah berolahraga. Lakukan olahraga secara rutin mulai dari yang ringan. Olahraga juga meningkatkan pelepasan hormon endorfin yang mampu menurunkan rasa nyeri dan meningkatkan perasaan senang.

  1. Lakukan Gaya Hidup Sehat

Sebaiknya lakukan gaya hidup sehat untuk meningkatkan imun tubuh setelah vaksin. Rokok dan alkohol menjadi beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan pada imun tubuh. Untuk itu, sebaiknya hindari dan batasi kebiasaan merokok maupun pengonsumsian alkohol.

Baca juga: Intip Cara Atasi Efek Samping setelah Vaksinasi COVID-19

Itulah cara meningkatkan imun tubuh setelah vaksin. Jangan ragu untuk gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter untuk menjaga kesehatan optimal selama masa pandemi. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Everyday Health. Diakses pada 2021. 7 Ways to Keep Your Immune System Healthy.

UNICEF. Diakses pada 2021. What To Do Before, During and After Getting Vaccinated for COVID-19.
Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Sosial. Diakses pada 2021. 2 Dosis Vaksin COVID-19, Ini Tujuannya!
CDC. Diakses pada 2021. When You’ve Been Fully Vaccinated.