6 Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 September 2022

“Ada sejumlah makanan dan minuman yang termasuk sebagai pantangan asam urat. Salah satunya adalah makanan dan minuman manis yang tinggi akan kandungan fruktosa.”

6 Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat6 Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat

Halodoc, Jakarta –  Penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun. Misalnya seperti persendian jari kaki, lutut, pergelangan kaki, dan paling sering menyerang jempol kaki. Selain itu, kondisi asam urat bisa kambuh setiap beberapa bulan atau beberapa tahun sekali. 

Bahkan, kondisi ini juga bisa muncul lebih sering jika tidak mendapatkan perawatan yang sesuai. Karenanya, selain menjalani perawatan yang tepat, pengidap asam urat juga perlu menjaga pola makannya. 

Terutama, menjauhi makanan dan minuman yang mengandung purin. Sebab, asupan tinggi purin bisa mengakibatkan kambuhnya gejala asam urat. Karena itu, ketahuilah daftar sejumlah makanan dan minuman pantangan asam urat. 

Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat

Makanan yang pengidap asam urat konsumsi dapat berpengaruh terhadap banyaknya asam urat yang tubuh produksi. Namun mengonsumsi obat-obatan memberikan efek yang lebih signifikan. 

Selain itu, ada juga beberapa cara yang dapat membantu mengontrol kadar asam urat adalah hal yang perlu dilakukan. Seperti menjaga berat badan tetap stabil, menerapkan pola makan sehat, mencapai berat badan yang sehat, serta membatasi makanan yang mengandung purin.

Lantas, apa saja daftar makanan dan minuman pantangan asam urat? Berikut adalah penjelasannya: 

1. Minuman Manis dan Permen

Makanan dan minuman yang mengandung tinggi gula dan fruktosa dapat memperburuk penyakit asam urat. Jika kamu mengidap asam urat, sebaiknya hindari jenis makanan dan minuman manis tersebut. Adapun contoh minuman manis yang perlu pengidap asam urat hindari adalah minuman bersoda. Sedangkan untuk makanan manis, permen adalah salah satu makanan yang perlu dihindari. 

2. Sirup Jagung Fruktosa Tinggi

Sebagai bentuk pemanis buatan yang mengandung fruktosa tinggi, sirup jagung bisa memicu kambuhnya asam urat. Kalau tidak mau hal ini terjadi, kamu harus mengurangi atau tidak mengonsumsi sirup jagung ini sama sekali. 

3. Alkohol

Meskipun tidak semua minuman beralkohol tinggi purin, alkohol mencegah ginjal menghilangkan asam urat dan menariknya kembali ke tubuh. Akibatnya, asam urat akan menumpuk dalam ginjal. Karena itu, pastikan untuk menghindari konsumsi alkohol jika kamu mengidap asam urat. Namun, apabila kamu tidak mengidap asam urat, tetapi kamu mengonsumsi alkohol, penting untuk tetap membatasi asupannya.

4. Jeroan 

Daging organ dalam hewan memang sangat enak, digoreng, disambal, namun memakannya bisa menyebabkan kekambuhan. Batasi ataupun jangan mengonsumsi makanan ini terlalu sering.

5. Makanan Laut 

Beberapa produk makanan laut seperti udang, kerang, teri, tinggi juga kadar purinnya. Ada baiknya untuk membatasi produk ini atau menjadikannya pantangan. 

Penyakit asam urat kalau sedang kambuh bisa mengakibatkan ketidaknyamanan dan sangat mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari.  Rasa sakit dan peradangan di area yang kumat dapat membuat berjalan atau berdiri menjadi sangat menyakitkan.

6. Beberapa Jenis Sayuran

Meski termasuk sebagai makanan sehat, ada beberapa sayuran yang memiliki kadar purin tinggi. Mulai dari bayam, kembang kol, kacang polong, asparagus sampai jamur. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi purin yang berasal dari sayuran tidak menimbulkan masalah bagi pengidap asam urat tinggi.

Artinya, risiko terkena penyakit asam urat atau kemungkinan kambuh dari mengonsumsi sayuran tersebut cukup rendah. Kendati demikian, setiap orang sebaiknya tetap membatasi jumlah konsumsi beberapa sayuran tersebut. 

Sebagai alternatif, kamu dapat mengonsumsi sayuran yang memang rendah akan purin. Salah satunya brokoli yang para ahli berkeyakinan kalau sayuran ini baik bagi pengidap asam urat. Mengapa demikian? Simak alasannya melalui artikel: Brokoli Baik untuk Dikonsumsi Pengidap Penyakit Asam Urat 

Pencegahan Asam Urat

Jika kamu adalah pengidap asam urat dan kerap mengalami kadar asam urat tinggi dalam darah, segeralah minum obat penurun asam urat. Selain itu, cara terbaik untuk mencegah penyakit asam urat sekaligus kekambuhannya adalah dengan membatasi seberapa sering konsumsi makanan dan minuman yang tinggi purin.

Kamu juga perlu minum banyak air untuk membantu ginjal berfungsi lebih baik dan menghindari dehidrasi. Sebagai tambahan, berolahraga secara teratur dapat membantu mengurangi stres pada persendian dan mengurangi risiko obesitas dan kondisi kesehatan lain yang membuat tubuh lebih mungkin terkena asam urat.

Penanganan Darurat Asam Urat

Bagi pengidap asam urat, ada beberapa pengobatan rumahan sebagai penanganan darurat asam urat untuk membantu meredakan sakit, yaitu: 

1. Mengonsumsi Obat Pereda Sakit 

Obat oral antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil) dan naproxen (Aleve) dapat membantu meredakan nyeri dan pembengkakan asam urat.

2. Salep Topikal

Produk obat antiinflamasi non steroid topikal (NSAID) seringkali merupakan pengobatan langsung pilihan pertama. Penggunaannya dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan saat pengidap asam urat mengoleskannya pada area yang bengkak.

3. Mengompres dengan Es 

Salah satu cara alami yang paling mudah untuk mengurangi peradangan pada serangan asam urat adalah dengan mengoleskan es ke daerah yang terkena.

4. Minum Banyak Air

Minum banyak air dapat memungkinkan meredakan pembengkakan akibat asam urat. Soalnya air putih dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat yang berlebih. Jika gejala asam urat tidak kunjung membaik, segeralah memeriksakan kondisi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan penanganan tepat.

Kamu bisa temukan obat pereda nyeri atau salep topikal untuk penanganan darurat pertama di Toko Kesehatan Halodoc.✔️ Klik gambar di bawah ini untuk temukan produknya.

banner seo toko kesehatan

Apakah Pengidap Asam Urat Harus Minum Obat Seumur Hidup? 

Pada keadaan tertentu, obat-obat penurun asam urat perlu pengidapnya konsumsi seumur hidup untuk mencegah serangan ulang gout. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk menjaga agar tidak terjadi kerusakan pada ginjal akibat batu asam urat. Sebaliknya, bahaya asam urat jika tidak mendapatkan penanganan adalah mengakibatkan batu ginjal. 

Selain itu, kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh akan membentuk kristal yang dapat menghambat kerja dari ginjal. Terhambatnya kerja ginjal dalam mencerna dan mengeluarkan asam urat dari tubuh akan berakibat fatal.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Gout Low Purine Diet.
WebMD. Diakses pada 2023. Best (and Worst) Foods for Gout.
WebMD. Diakses pada 2023. Gout Diet: Foods to Eat and Those to Avoid. 
Indonesian Rheumatology Association. Diakses pada 2023. Apakah Nyeri Sendi Saya Akibat Asam Urat? Kenali Gout. 
Everyday Health. Diakses pada 2023. What Not to Eat When You Have Gout. Journals of Nutrients. Diakses pada 2023. The Association between Purine-Rich Food Intake and Hyperuricemia: A Cross-Sectional Study in Chinese Adult Residents. 

Diperbarui pada 23 Mei 2023. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan