• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gerakan Senam Aerobik untuk Pemula yang Bisa Dilakukan di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gerakan Senam Aerobik untuk Pemula yang Bisa Dilakukan di Rumah

5 Gerakan Senam Aerobik untuk Pemula yang Bisa Dilakukan di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Agustus 2021
5 Gerakan Senam Aerobik untuk Pemula yang Bisa Dilakukan di Rumah

Tidak hanya efektif untuk menurunkan berat badan, melakukan senam aerobik secara rutin juga bisa membantu kamu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Gerakannya yang sederhana membuat olahraga ini cocok untuk pemula dan bisa dilakukan di rumah.

Halodoc, Jakarta – Senam aerobik adalah jenis olahraga yang bisa memberi banyak manfaat kesehatan, terutama untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Walaupun gerakannya mungkin terlihat sederhana, nyatanya senam aerobik efektif untuk menghilangkan lemak dalam tubuh, karena olahraga ini membakar lemak daripada karbohidrat sebagai sumber energi selama kamu latihan.

Baca juga: Olahraga Aerobik Dapat Bantu Menjaga Kesehatan Jantung

Tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, senam aerobik juga bisa memperkuat kesehatan kardiovaskular kamu, meningkatkan stamina, serta mengurangi kecemasan dan meningkatkan energi kamu, lho. Mengingat selama masa pandemi, kamu dianjurkan untuk berolahraga dari rumah saja, berikut ini beberapa gerakan senam aerobik yang cocok bagi pemula dan bisa dilakukan di rumah: 

  1. Lompat Tali

Meskipun gerakannya hanya melompat, tetapi lompat tali bermanfaat untuk mengembangkan kesadaran tubuh yang lebih baik, melatih koordinasi tangan dan kaki, serta kelincahan. Pastikan kamu melakukan gerakan aerobik satu ini di ruangan yang cukup besar ya di rumah.

  1. Lari atau Jogging

Ini adalah salah satu bentuk latihan aerobik yang efektif. Lari bisa meningkatkan kesehatan jantung, membakar lemak dan kalori, dan memperbaiki suasana hati kamu. Bila kamu seorang pemula, kamu bisa berlari di atas treadmill ataupun lari di area sekitar rumah selama 20–30 menit sebanyak dua kali dalam seminggu.

Baca juga: Siapkan Hal-Hal Ini sebelum Melakukan Olahraga Lari

  1. Jalan Kaki

Tahukah kamu, berjalan kaki setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan depresi, lho. Usahakanlah untuk berjalan kaki selama 150 menit per minggu, yang bisa kamu bagi menjadi 30 menit selama 5 hari dalam seminggu. 

  1. Mountain Climber

Gerakan senam aerobik yang satu ini sangat baik untuk melatih otot perut, glutes, pinggul, dan kaki.

  1. Squat Jack

Gerakan squat yang dikombinasikan dengan lompatan sangat baik untuk melatih tubuh bagian bawah dan meningkatkan postur tubuh dan stabilitas.

Baca juga: Ini Olahraga yang Aman Dilakukan Selama Pandemi Corona

Berolahragalah secara rutin agar daya tahan tubuh kamu tetap kuat. Bila kamu sakit, jangan panik. Kamu bisa beli obat-obatan yang kamu butuhkan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Aerobic Exercise Examples: How to, Benefits, and More.
Fit Farm. Diakses pada 2021. 20 Aerobic Exercises You Can Do At Home To Lose Weight.