Bukan Cuma Membakar Kalori, Ini 4 Manfaat Jogging di Pagi Hari

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 November 2021
Bukan Cuma Membakar Kalori, Ini 4 Manfaat Jogging di Pagi HariBukan Cuma Membakar Kalori, Ini 4 Manfaat Jogging di Pagi Hari

“Ada banyak manfaat jogging di pagi hari yang perlu diketahui oleh orang banyak, bukan hanya sekedar membakar kalori. Tidak banyak orang yang melakukan aktivitas ini di pagi hari karena sulit untuk bangun. Maka dari itu, kamu perlu tahu segala manfaatnya agar mata dapat terbuka dengan lebar.”

Halodoc, Jakarta – Saat kamu menetapkan diri ingin menurunkan berat badan, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar hal tersebut tercapai. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga rutin seperti jogging di pagi hari. Namun, apa saja sih manfaat jogging di pagi hari selain membakar kalori yang berlebih di dalam tubuh? Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Berbagai Manfaat dari Jogging di Pagi Hari bagi Tubuh

Jogging adalah salah satu latihan lengkap yang memiliki banyak manfaat, terutama untuk mempersiapkan tubuh guna mendapatkan latihan intens dan aktivitas fisik lainnya. Tentunya, ada banyak manfaat dari aktivitas fisik ini pada tubuh, salah satunya adalah menurunkan berat badan dengan membakar kalori berlebih.

Baca juga: 5 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan

Banyak orang yang bertanya jika adakah waktu yang terbaik untuk melakukan jogging? Apakah pagi atau sore hari? Karena memang banyak orang yang melakukan jogging di pagi hari dan beberapa lainnya di sore hari karena malas atau sulit untuk bangun. Namun, apa sih manfaat jogging di pagi hari yang bisa didapatkan oleh tubuh selain membakar kalori.

Nah, berikut beberapa manfaat dari melakukan aktivitas ini di pagi hari:

1. Meningkatkan Produktivitas

meningkatkan Produktivitas

Salah satu manfaat dari jogging di pagi hari adalah mampu meningkatkan produktivitas sepanjang hari. Hal ini karena olahraga dapat memberikan stimulasi mental dan fisik. Setelah berlari, endorphin dan adrenalin lebih banyak mengalir ke seluruh tubuh yang menghasilkan perasaan senang yang mampu bertahan selama berjam-jam setelah aktivitas fisik ini dilakukan.

Kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter dari Halodoc terkait cara membangun rutinitas menyehatkan ini setiap hari. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahli medis bisa dilakukan hanya dengan penggunaan smartphone di tangan. Untuk mendapatkan kemudahan ini, segera unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

kesehatan jantung

Tidak banyak orang yang tahu jika jogging di pagi hari mampu untuk menurunkan risiko terhadap penyakit jantung. Dipercaya jika lari lima menit setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga setengahnya. 

Sebuah penelitian menyebut jika pelari memiliki risiko kematian dini 27% lebih rendah dan risiko kematian akibat masalah kardiovaskular 30% lebih rendah. Hal ini berlaku untuk semua orang, tidak tergantung seberapa cepat atau lamanya berlari.

Baca juga: Olahraga Lari Bisa Bantu Menjaga Kesehatan Mental

3. Kesehatan Sendi yang Lebih Baik

kesehatan sendi

Beberapa orang menganggap jika berlari dapat berdampak buruk bagi kesehatan sendi. Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan jika seseorang yang rutin berlari lebih kecil kemungkinannya untuk alami masalah persendian. Hal ini dapat terjadi karena pelari cenderung memiliki tubuh bugar dan berat badannya terjaga karena rutinitas ini, sehingga jumlah ketegangan pada sendi berkurang.

Selain itu, manfaat jogging adalah mampu menjaga kesehatan tulang. Saat mulai jogging, tulang merasakan tekanan dan beban sehingga terbiasa akan hal tersebut dan menjadi lebih kuat. Saat tulang lebih kuat, trauma dan cedera tulang dapat dicegah. Dengan meningkatnya ketebalan tulang, beberapa masalah tulang dapat dihindari, seperti osteoporosis, osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

kualitas tidur

Jika kamu salah satu orang yang sulit untuk tidur meski sudah diatas kasur, cobalah untuk rutin jogging di pagi hari. Disebutkan jika seseorang yang berolahraga di pagi hari mendapatkan tidur yang nyenyak dibandingkan seseorang yang berolahraga di sore atau malam hari. Manfaat jogging di pagi hari juga dapat membuat seseorang membangun rutinitas tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

Baca juga: Olahraga Lari Bisa Bantu Diet yang Maksimal, Ini Penjelasannya

Nah, itulah beberapa manfaat dari jogging di pagi hari yang dapat kamu rasakan selain membakar kalori berlebih di dalam tubuh. Dengan begitu juga, kamu dapat membuat hidup menjadi lebih teratur karena bangun lebih pagi dan menyiapkan semua hal yang akan dilakukan sepanjang hari tersebut.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Lifeline24. Diakses pada 2021. 7 Benefits of Running in the Morning.
Firstcry. Diakses pada 2021. 10 Surprising Benefits of Jogging that You Must Know.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan