11 Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan Tubuh

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Juli 2023

“Jeruk purut mengandung banyak nutrisi, seperti vitamin hingga senyawa organik. Manfaat jeruk purut mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga menghilangkan bau mulut.”

11 Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan Tubuh11 Manfaat Jeruk Purut bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Jeruk purut atau Citrus hystrix adalah buah tropis yang terdapat di berbagai belahan Asia, termasuk Indonesia, Thailand, dan Filipina. Selain bermanfaat untuk menambahkan cita rasa pada jenis makanan tertentu, buah ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Jeruk purut mengandung berbagai senyawa organik yang mampu memberikan manfaat positif bagi sistem tubuh. Lantas, apa saja kandungan nutrisi dan manfaat jeruk purut bagi kesehatan tubuh?

Kandungan Nutrisi dalam Jeruk Purut

Berbagai manfaat dalam jeruk purut tentunya tidak terlepas dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Bukan hanya buahnya saja, kandungan nutrisi baik juga terdapat dalam daun, minyak, hingga kulitnya.

Ada berbagai nutrisi penting yang terkandung di dalamnya, seperti:

  • Vitamin C.
  • Vitamin B6.
  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Fosfor.
  • Potasium.

Tidak hanya itu, bahan makanan sehat ini  juga mengandung alkaloid, sitrolenol, limonene, nerol, dan senyawa organik lainnya yang bersifat antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri. Tidak heran bila buah dengan tekstur kulit yang unik ini bisa memberi manfaat dan khasiat yang besar bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya dengan khasiat jeruk purut, kamu juga bisa menjaga kesehatan tubuh dengan produk kesehatan yang ada di Toko Kesehatan Halodoc. Tak perlu khawatir, produk kesehatan yang ada di Halodoc dijamin 100 persen asli. Yuk, cek sekarang!

Manfaat Jeruk Purut untuk Apa?

manfaat jeruk purut

Ada banyak nutrisi yang terdapat dalam jeruk ini, yaitu:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh penting bagi kesehatan kamu secara keseluruhan. Dengan sistem kekebalan yang baik, kamu bisa lebih cepat pulih dari penyakit.

Nah, jeruk purut memiliki senyawa antioksidan alami dan sifat antibakteri yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini juga mengandung vitamin C yang memang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Ketika sistem kekebalan tubuh dalam kondisi prima, maka kamu akan terhindar dari berbagai penyakit, seperti flu atau gangguan pencernaan.

Selain jeruk purut, kamu juga bisa tingkatkan imun dengan mengonsumsi rempah-rempah seperti kunyit, yang kaya manfaat. Cek lebih lanjut di sini → Tingkatkan Sistem Imun, Ini 11 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan

2. Menjaga kesehatan darah

Ada berbagai cara yang bisa untuk memanfaatkan buah ini. Salah satunya memanfaatkan minyak hasil ekstraksi dari jeruk purut. Minyak yang telah mengalami proses tersebut dijadikan berbagai ramuan herbal untuk menjaga kesehatan darah, dan menghilangkan patogen yang bisa menular melalui darah.

Manfaat ini berkat senyawa volatile yang mampu mengatasi bakteri dan patogen lain. Senyawa tersebut mampu melakukan proses detoksifikasi sistem limfatik dan hati. Dengan begitu, kesehatan darah bisa meningkat secara keseluruhan.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Jeruk purut mengandung berbagai senyawa, termasuk limonene, nerol, dan citronellol. Senyawa organik ini bersifat antiinflamasi dan mampu merangsang sistem pencernaan. 

Bila kamu mengalami sembelit atau gangguan pencernaan, rebusan beberapa daun jeruk purut bisa meredakan gejala yang kamu alami. Bahkan, dapat membantu membuat usus kembali sehat.

Senyawa tersebut mungkin juga bisa membantu mencegah masalah pencernaan yang lebih serius di masa depan. Contohnya seperti kanker kolorektal, wasir, atau tukak lambung. Namun, penelitian masih perlu dilakukan untuk memastikan manfaat jeruk purut untuk sistem pencernaan.

4. Meningkatkan kesehatan mulut dan gigi

Daun dan kulit jeruk purut mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kamu bisa mengoleskan daun jeruk yang telah halus pada bagian gusi, untuk menghilangkan bakteri berbahaya pemicu penyakit.

Selain itu, minyak ekstraksi yang dihasilkan juga bisa kamu gunakan bersama dengan pasta gigi organik dan obat kumur untuk perawatan yang lebih efektif.

5. Menghilangkan bau mulut

Bukan hanya meredakan gejala pada gangguan mulut dan gigi, daun jeruk purut juga bisa membantu mengatasi bau mulut. Caranya, rebus beberapa daunnya dengan air bersih hingga matang.

Kamu bisa berkumur dengan air rebusan daun jeruk ini atau mengonsumsi air rebusan tersebut. Untuk berkumur, kamu bisa lakukan setelah membersihkan gigi agar hasilnya semakin optimal.

6. Mengurangi peradangan

Bagi kamu yang mengidap rematik, radang sendi, edema, asam urat, atau kondisi peradangan lainnya, jeruk purut bisa menjadi obat herbal yang efektif.

Aplikasikan air perasan, daun, atau ekstrak minyaknya secara topikal pada area yang mengalami ketidaknyamanan atau rasa sakit. Kamu juga bisa mengonsumsi buah dan jusnya untuk mendapatkan manfaat yang sama.

7. Meredakan stres

Bukan hanya buahnya yang dapat menambahkan cita rasa pada makanan, daun jeruk purut juga bisa menambahkan aroma pada makanan. Bahkan, aroma yang muncul dari daunnya dianggap sebagai aroma yang menenangkan.

Bahkan, masyarakat menggunakan minyak esensial yang beraroma daun jeruk purut untuk membantu menurunkan tingkat stres hingga gangguan cemas. Selain itu, menggunakan aromaterapi aroma daun jeruk satu ini juga mampu mengatasi rasa lelah yang akibat adanya penyakit tertentu.

Sebuah studi dalam Flavour and Fragrance Journal melakukan penelitian terhadap 40 sukarelawan dalam kondisi yang sehat. Sukarelawan tersebut diminta untuk menggunakan minyak esensial dari jeruk purut.

Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian, salah satunya perilaku. Hasilnya, sukarelawan tersebut menilai diri mereka menjadi lebih ceria, waspada, dan bersemangat. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan jeruk purut mampu menurunkan tingkat stres hingga depresi pada manusia.

Cari tahu cara mudah mengatasi stres melalui artikel ini → Ketahui Cara Mudah Mengatasi Stres

8. Mencegah gigitan serangga

Saat melakukan berbagai aktivitas luar ruangan, sebaiknya selalu waspada dengan berbagai gigitan serangga, seperti nyamuk. Untuk mencegah gigitan serangga, kamu bisa menggunakan minyak beraroma daun jeruk purut.

Aroma yang muncul dari daun jeruk purut bisa mencegah serangga mendekat, sehingga kamu terhindar dari gigitannya. Jadi, tidak ada salahnya menggunakan bahan-bahan yang lebih alami untuk menghindari gigitan serangga.

9. Mencegah perkembangan penyakit kanker

Kulit dan daun jeruk purut mengandung limonene. Kandungan ini mampu mencegah perkembangan sel abnormal yang menjadi pemicu penyakit kanker dalam tubuh. Jeruk jenis ini juga mengandung flavonoid dan terpen yang bersifat antikanker.

Buah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga berkaitan dengan pencegahan kanker. Sistem kekebalan tubuh yang optimal sangat penting untuk mencegah infeksi atau pertumbuhan sel abnormal, seperti sel kanker.

Hal yang perlu ditegaskan, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat jeruk purut dengan penyakit kanker.

10. Menjaga kesehatan kulit

Jeruk purut mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan, khususnya kulit. Antioksidan mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas yang memicu stres oksidatif. 

Dengan begitu, kulit akan terhindar dari berbagai kerusakan, seperti menjadi lebih kusam, muncul flek hitam, hingga kerutan halus.

11. Mengurangi gejala sakit kepala dan migrain

Melansir dari jurnal Pharmaceuticals, jeruk purut telah lama terkenal sebagai salah satu obat tradisional. Daun dan kulit jeruk purut bisa kamu gunakan untuk mandi uap dengan air hangat. Hasilnya, efek aromatik dari jeruk ini mampu mengurangi sakit kepala hingga migrain.

Nah, itulah berbagai manfaat jeruk purut yang bisa kamu rasakan. Meskipun buah ini dikenal sebagai salah satu jenis tanaman herbal, tetapi pastikan kamu tidak berlebihan dalam penggunaannya. Kamu juga tidak bisa menggunakan buah ini sebagai pengobatan utama untuk berbagai keluhan kesehatan yang kamu alami.

Apa Bedanya Jeruk Purut dan Jeruk Limau?

Meskipun sama-sama jeruk, tapi jeruk purut dan jeruk limau memiliki perbedaan yang sebaiknya kamu ketahui.

Jeruk purut

Jeruk purut lebih populer daripada limau karena daunnya juga bermanfaat untuk menambahkan aroma pada makanan tertentu. Sementara itu, daunnya bertekstur tebal dan mengkilat. 

Kamu bisa cari tahu manfaat daun jeruk lebih banyak dalam artikel ini 7 Manfaat Daun Jeruk Bagi Kesehatan

Jeruk jenis ini memiliki kulit jeruk dengan tekstur yang tebal dan berbintik. Kandungan air dari jeruk ini juga sangat sedikit. Sehingga daunnya lebih banyak digunakan daripada buahnya. 

Kulit dari jeruk purut juga lebih berminyak daripada jeruk limau. 

Jeruk limau

Berbeda dengan jeruk purut, jeruk limau menjadi salah satu buah yang memang bermanfaat untuk menambahkan citarasa pada makanan tertentu. Jeruk ini memiliki kulit yang halus dan tidak berbintik. 

Kandungan air pada jeruk limau juga banyak sehingga bisa diperas. Meskipun begitu, perasa air jeruk limau tidak dapat langsung dikonsumsi. Air perasannya harus dinikmati bersama makanan atau minuman tertentu.

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Jeruk Purut

Jeruk purut mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Mengonsumsinya berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit asam lambung. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa mual, muntah, hingga sensasi panas pada bagian dada.

Jeruk ini juga mengandung asam yang cukup tinggi. Terlalu banyak mengonsumsinya dapat menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

Bahkan, daun jeruk purut juga dapat meningkatkan risiko alergi. Namun, jangan berlebihan mengonsumsinya karena bisa memicu mulut kering dan ruam. Jadi, pastikan untuk selalu mengonsumsi jeruk purut dalam jumlah yang sesuai.

Pastikan kamu melakukan pengobatan secara medis jika keluhan kesehatan yang kamu alami tidak membaik dalam waktu beberapa hari. Jika kamu atau orang tua kamu membutuhkan obat-obatan, kamu bisa memenuhi kebutuhan medis melalui aplikasi Halodoc

Jangan ragu juga untuk membicarakan keluhan kesehatan yang kamu alami pada dokter tepercaya di Halodoc. Praktis, kamu bisa berbicara dengan dokter kapan dan di mana saja. Klik gambar berikut ini untuk chat dengan dokter:

chat dengan dokter
Referensi:
Healthy Focus. Diakses pada 2021. The Health Benefits of Kaffir Lime.
Organic Facts. Diakses pada 2021. 9 Surprising Benefits Of Kaffir Lime.
Healthier Steps. Diakses pada 2023. 12 Amazing Kaffir Lime Benefits and Uses.
US Citrus. Diakses pada 2023. 6 Incredible Health Benefits of Kaffir Lime Leaves.
Go To Chef. Diakses pada 2023. Kaffir Limes Leaves.
Us Citrus. Diakses Pada 2023. Kaffir Lime Vs. Lime: How Are They Different
Healthline. Diakses pada 2023. Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits.
Pharmaceuticals. Diakses pada 2023. Potential Therapeutic Effects of Citrus hystrix DC and Its Bioactive Compounds on Metabolic Disorders.
Flavour and Fragrance Journal. Diakses pada 2023. Chemical Composition and Stimulating Effect of Citrus Hystrix Oil on Humans.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan