5 Obat Flu Alami yang Bisa Bantu Percepat Penyembuhan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Maret 2024

“Ada banyak pilihan obat flu alami yang bisa bantu pemulihan penyakit mulai dari minum air hangat, hingga perbanyak konsumsi vitamin C. Selain itu, kamu juga bisa mencegah flu dengan layanan Vaksinasi Influenza dari Home Lab Halodoc.”

5 Obat Flu Alami yang Bisa Bantu Percepat Penyembuhan5 Obat Flu Alami yang Bisa Bantu Percepat Penyembuhan

Halodoc, Jakarta – Flu merupakan penyakit akibat infeksi virus yang dapat menimbulkan gejala yang mengganggu. Selain minum obat yang dibeli di apotek, ada beberapa pilihan obat flu alami yang bisa dicoba. Yuk simak!

Pilihan Obat Flu Alami di Rumah

Untuk mempercepat penyembuhan, berikut ini beberapa pilihan obat flu alami sebagai perawatan rumahan:

1. Kumur air garam hangat

Flu dapat menyebabkan banyak gejala, termasuk sakit tenggorokan. Berkumur dapat membantu meredakan rasa nyeri. Berkumurlah dengan setengah sendok teh garam yang dilarutkan dalam setengah gelas air hangat, empat kali sehari.

2. Minum cairan hangat

Cairan hangat juga bisa jadi obat alami flu yang efektif. Ini dapat meredakan hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan menenangkan membran yang meradang di hidung dan tenggorokan. Jika kamu mengalami hidung tersumbat di malam hari dan tidak bisa tidur, cobalah minum air hangat. 

Selain air putih hangat, kamu juga bisa minum teh herbal hangat, yang ditambah satu sendok teh madu. Saat waktunya makan, cobalah untuk makan sup hangat untuk melegakan tenggorokan. 

Ada beberapa obat yang ampuh dan efektif untuk mengatasi flu. Berikut daftar obatnya: “Ini Rekomendasi Obat Flu dan Pilek Dewasa yang Paling Ampuh”.

3. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu melembapkan saluran hidung dan dapat membuat rileks. Jika kamu merasa pusing karena flu, mandilah dengan air hangat.

Namun, perlu diingat jangan terlalu sering mandi dengan air panas, ya. Baca selengkapnya di artikel ini: “Keseringan Mandi Air Panas, Awas Kulit Rusak

4. Konsumsi elderberry

Elderberry (Sambucus nigra) adalah ramuan yang memiliki sejarah panjang digunakan sebagai obat tradisional untuk flu, pilek, dan infeksi sinus. Cobalah minum jus elderberry yang banyak dijual di toko kesehatan saat mengalami flu.

5. Konsumsi makanan yang kaya vitamin c

Vitamin C memiliki sifat antioksidan dan bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh saat sedang flu. Beberapa buah dan sayur yang tinggi vitamin C antara lain stroberi, tomat, jeruk, bayam, dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Itulah beberapa obat flu alami yang bisa mempercepat penyembuhan di rumah. Kamu bisa mendapatkan obat-obatan untuk mengatasi flu dengan   Toko Kesehatan Halodoc. Produknya tepercaya dengan pengiriman cepat dan aman!

Vaksin Flu Bisa di Rumah Pakai Halodoc

Ada beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan perlindungan diri dari flu. Salah satu caranya adalah dengan melakukan vaksinasi. 

Sebab, gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin, atau suara serak yang dibiarkan dan tidak diobati, ternyata dapat menyebabkan gangguan yang lebih serius seperti bronkitis dan pneumonia.

Untuk itu, sebaiknya segera lakukan Vaksinasi Influenza untuk mencegah risiko tersebut. Saat ini, kamu bisa mendapatkan vaksin flu dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Kamu bisa menggunakan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jadetabek, Bandung, dan Surabaya) untuk melakukan Vaksinasi Influenza (Vaxigrip Tetra) dari rumah. 

Layanan dari Halodoc Home Lab akan mendatangkan dokter khusus vaksinasi ke tempat atau di lokasi mana pun yang kamu pilih untuk pemberian vaksin.

Berikut beberapa keunggulan melakukan imunisasi anak dan vaksin dewasa lewat layanan Home Lab & Vaksinasi di Halodoc:

✔ Vaksinasi diberikan 100% oleh Dokter Khusus Vaksinasi. 

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Setelah vaksin diberikan, petugas medis akan melakukan observasi kondisi kesehatanmu untuk memastikan tidak ada efek samping yang berbahaya.

✔ Partner resmi produsen vaksin internasional sehingga vaksin terjamin keasliannya dan sudah terdaftar BPOM. 

✔ Hemat waktu dan biaya. 

✔ Harga vaksin influenza mulai dari Rp440.000,-, sementara untuk paket vaksin influenza dan pneumonia adalah Rp1.334.000,-, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon.

✔ Tanpa perlu antre menunggu.

✔ Tanpa biaya tambahan.

Kapan saja kamu atau keluarga hendak mendapatkan vaksin ini, cukup pesan langsung melalui aplikasi Halodoc.

Booking Vaksinasi Influenza (Vaxigrip Tetra) Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Kamu bisa order vaksinasi melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Ayo,  vaksinasi Influenza dari layanan Home Lab di Halodoc sekarang juga!

Prosesnya praktis, akurat, dan bebas repot karena petugas kesehatannya akan langsung datang ke rumahmu.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. 12 Natural Treatment Tips for Colds and Flu.
Very Well Health. Diakses pada 2022. Natural Remedies for Combating the Flu.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan