5 Pola Hidup Sehat agar Tekanan Darah Selalu Normal

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 September 2021
5 Pola Hidup Sehat agar Tekanan Darah Selalu Normal5 Pola Hidup Sehat agar Tekanan Darah Selalu Normal

“Meningkatnya tekanan darah dalam tubuh membuat organ jantung bekerja lebih keras untuk menjalankan fungsinya, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh. Jika dibiarkan, bagian kiri bilik jantung (ventrikel) akan menebal. Nah, penebalan tersebut yang dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung, gagal jantung, bahkan kematian secara mendadak. Lantas, seperti apa pola hidup sehat untuk menjaga tekanan darah normal?”

Halodoc, Jakarta – Jika sudah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi, kamu perlu mengosumsi obat yang sudah diresepkan oleh dokter. Namun, langkah tersebut dapat ditunjang dengan penerapan pola hidup sehat agar tekanan darah tetap terjaga dengan baik. Gaya hidup memang memiliki pengaruh yang besar terhadap tekanan darah tinggi. Jika berhasil menerapkannya, kemungkinan besar kebutuhan akan obat-obatan dapat berkurang. Berikut pola hidup sehat untuk menjaga tekanan darah normal:

Baca juga: Ketahui 8 Penyebab Tekanan Darah Rendah & Cara Mengatasinya

1. Berolahraga secara Teratur

Melakukan aktivitas fisik secara teratur selama 150 menit per minggu, atau sekitar 30 menit setiap hari mampu menurunkan tekanan darah tinggi sebanyak 5-8 mmHg. Langkah menjaga tekanan darah normal ini perlu dilakukan secara teratur. 

Jika berhenti berolahraga, tekanan darah bisa kembali melonjak. Beberapa aktivitas fisik yang dapat dilakukan guna menjaga tekanan darah normal, seperti senam aerobik, berjalan kaki, jogging, bersepeda, berenang, atau menari.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Tips menjaga tekanan darah normal selanjutnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak. Jika dilakukan secara rutin, makanan dan minuman sehat tersebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 11 mmHg. Jika mengonsumsi makanan sehat terlalu sulit dilakukan, ini tips yang bisa menjadi pedoman:

  • Tuliskan menu makanan untuk seminggu. Perhatikan jumlah yang dikonsumsi.
  • Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung kalium. Kandungan tersebut dapat mengurangi efek natrium pada tekanan darah.
  • Membaca label kemasan makanan saat berbelanja. Jika kandungannya tidak cocok, maka urungkan niat untuk membeli.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh saat Tekanan Darah di Bawah Normal

3. Kurangi Asupan Garam

Mengurangi asupan garam dapat meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi tekanan darah tinggi sebanyak 5-6 mmHg. Bagi orang dewasa, idealnya mereka mengonsumsi kurang dari 1.500 miligram per hari. Jika susah untuk mengurangi asupan garam, ini tips yang bisa menjadi pedoman:

  • Baca label makanan. Pilih makanan atau minuman dengan kandungan rendah sodium.
  • Kurangi asupan makanan olahan.
  • Jangan tambahkan garam pada makanan. Alih-alih garam, kamu bisa menggunakan rempah sebagai penyedap rasa.

4. Batasi Jumlah Konsumsi Alkohol

Baik buruknya alkohol dapat ditentukan dari jumlah konsumsi harian. Untuk mendapatkan manfaatnya, wanita disarankan untuk mengonsumsi satu gelas per hari. Sedangkan bagi pria, disarankan untuk mengonsumsi dua gelas per hari.  Jika dikonsumsi sesuai takaran, maka tekanan darah tinggi dapat diturunkan sebanyak 4 mmHg.

5. Berhenti Merokok

Nikotin yang terdapat dalam rokok dapat memicu peningkatan tekanan darah dan detak jantung. Saat masuk ke dalam tubuh, nikotin memberi sinyal pada otak untuk melepas hormon adrenalin. Nah, hormon ini lah yang membuat diameter pembuluh darah menjadi mengecil, sehingga risiko terjadinya peningkatan tekanan darah meningkat.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Tekanan Darah Normal Sesuai Tingkatan Usia

Itulah beberapa tips untuk menjaga tekanan darah normal. Kamu bisa diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc jika terjadi kendala dalam proses pelaksanaannya. Diskusikan pula jika kamu tengah mengalami gangguan kesehatan tertentu, yang tidak kunjung membaik setelah melakukan langkah pengobatan mandiri. Segera download di sini jika belum memiliki aplikasinya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Better Health. Diakses pada 2021. Blood pressure.
Everyday Health. Diakses pada 2021. How to Maintain Normal Blood Pressure.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. 10 ways to control high blood pressure without medication.
Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About High Blood Pressure (Hypertension).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan