5 Rekomendasi Obat Pereda Sakit Punggung yang Manjur

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Januari 2024

“Sensasi rasa nyeri karena sakit punggung bisa menghambat aktivitas yang kamu lakukan. Beberapa rekomendasi obatnya, yaitu Vicks Vaporub, Minyak Kutus Kutus, Cap Lang Balsam Aktiv, Ammeltz Yoko Yoko, dan Gabapentin.”

5 Rekomendasi Obat Pereda Sakit Punggung yang Manjur5 Rekomendasi Obat Pereda Sakit Punggung yang Manjur

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Sakit Punggung yang Efektif


Halodoc, Jakarta – Sakit punggung adalah keluhan yang umum terjadi dan bisa disebabkan oleh banyak hal. Terkadang bisa terjadi karena masalah sepele, seperti duduk terlalu lama atau postur tubuh yang keliru.

Sakit punggung juga bisa terjadi karena kondisi medis, seperti cakram tulang belakang terkilir, linu panggul, atau peradangan pada sendi. Nah, kamu bisa mengatasi rasa sakit dalam intensitas ringan hingga sedang dengan obat sakit punggung di bawah ini! 

Rekomendasi Obat Sakit Punggung yang Efektif

Sakit punggung memiliki beberapa gejala umum, seperti sensasi tumpul dan nyeri di punggung bagian bawahm dan rasa sakit yang menusuk atau menjalar dari tungkai ke kaki.

Gejalanya bisa beragam, tergantung pada penyebab yang mendasari. Tandanya bisa berlangsung singkat, tapi juga bisa terjadi selama beberapa hari hingga beberapa minggu.

Ini beberapa pilihan obat yang bisa kamu gunakan: 

1. Vicks Vaporub 25 g

Vicks Vaporub 25 g adalah obat topikal dengan sensasi rasa hangat yang mengandung camphor 1315 mg, menthol 705 mg, dan eucalyptus oil 332.5 mg. Cara menggunakannya dengan mengoleskan di area yang nyeri. 

Tak hanya meredakan sakit punggung saja, obat sakit punggung ini juga efektif membantu mengatasi  gejala flu atau pilek, serta memberikan efek melegakan pada saluran pernapasan. 

Rentang harga: Rp19.300 – Rp22.000 per pot.

Dapatkan Vicks Vaporub 25 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Minyak Kutus Kutus 100 ml

Minyak Kutus Kutus 100 ml adalah minyak gosok yang diolah secara khusus, sehingga menghasilkan minyak yang aman untuk digunakan. Selain nyeri punggung, minyak ini juga dapat membantu meredakan perut kembung dan pegal linu.

Kutus kutus mengandung beberapa bahan herbal alami, termasuk daun neem, daun ashitaba, purwaceng, bunga lawang, temulawak, pule, kayu gaharu, dan minyak kelapa. Obat sakit punggung ini dapat dioleskan sesuai kebutuhan dan simpan di bawah suhu 30 derajat Celsius.

Rentang harga: Rp120.400 – Rp263.200 per botol.

Dapatkan Minyak Kutus Kutus 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Cap Lang Balsam Aktiv 40 g

Rekomendasi obat sakit punggung lainnya adalah merek Rekomendasi Cap Lang Balsam Aktiv 40 g. Di dalamnya mengandung menthol 155 mg, eucalyptus oil 195 mg, methyl salicylate 80 mg, camphor 40 mg, dan peppermint oil 100 mg.

Cara menggunakannya mudah, yaitu tinggal dioleskan pada bagian yang nyeri. Kamu juga bisa memijatnya secara perlahan untuk membantu melancarkan aliran darah dan mengatasi rasa nyerinya.

Rentang harga: Rp14.200 – Rp24.900 per pot.

Dapatkan Cap Lang Balsam Aktiv 40 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Kamu juga bisa menggunakan beberapa rekomendasi obat dalam artikel ini jika mengalami nyeri di area sendi dan tulang: Ini Rekomendasi Terbaik Obat Pereda Nyeri Sendi dan Tulang.

4. Ammeltz Yoko Yoko 48 ml

Ammeltz Yoko Yoko 48 ml adalah cairan analgesik yang cepat meresap dan efektif meringankan sakit punggung. Di dalamnya mengandung methyl salicylate 5000 mg, menthol 5200 mg, camphor 5200 mg, thymol 700 mg, dan nonivamide dan 10 mg.

Tak hanya sakit punggung, obat sakit punggung ini juga dapat membantu meringankan sakit pada otot dan sendi di area bahu dan leher serta memar dan keseleo. Dosis pemakaiannya sebanyak 3-4 kali sehari.

Rentang harga: Rp38.400 per botol.

Dapatkan Ammeltz Yoko Yoko 48 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Gabapentin 300 mg 10 Kapsul

Rekomendasi obat sakit punggung yang terakhir datang dari merek Gabapentin 300 mg. Produk ini berisi 10 kapsul yang termasuk ke dalam golongan antikonvulsan atau anti kejang. 

Gabapentin memiliki efek analgesik dan antiepileptik, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit terkait dengan kondisi saraf tertentu. Obat dapat diberikan bersamaan atau tanpa makanan. Perlu diingat, obat ini hanya dapat digunakan dengan resep dokter.

Rentang harga: Rp7.431 per tablet.

Dapatkan Gabapentin 300 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi obat sakit punggung yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi keluhan. Kamu bisa mendapatkan obat-obatan di atas dengan cepat dan praktis melalui Toko Kesehatan Halodoc

Pastikan juga untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang kamu beli.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2024. Back pain.
Healthline. Diakses pada 2024. What Is Back Pain?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan