5 Rekomendasi Sampo Antiketombe Terbaik untuk Kulit Kepala Sehat

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Agustus 2023

“Ketombe bisa memicu munculnya masalah lain pada rambut, termasuk rontok dan gatal. Keramas secara rutin dengan menggunakan sampo antiketombe menjadi cara menghilangkan ketombe yang paling mudah untuk kamu lakukan.”

5 Rekomendasi Sampo Antiketombe Terbaik untuk Kulit Kepala Sehat5 Rekomendasi Sampo Antiketombe Terbaik untuk Kulit Kepala Sehat

Halodoc, Jakarta – Ketombe pada rambut tidak hanya mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Masalah ini juga bisa membuat kepala menjadi gatal dan rambut mengalami kerontokan. Keramas dengan menggunakan sampo antiketombe jadi cara menghilangkan ketombe yang paling mudah untuk kamu lakukan. 

Munculnya ketombe bisa karena banyak faktor. Misalnya, kulit kepala yang tidak bersih sehingga terjadi penumpukan sel kulit mati, memakai produk perawatan rambut yang tidak sesuai dengan kondisi kulit kepala, pertumbuhan jamur, hingga kondisi medis tertentu seperti psoriasis. 

Rekomendasi Sampo Antiketombe Terbaik

Sebelum memilih salah satunya, kamu perlu tahu dulu bagaimana memilih sampo antiketombe yang tepat. Sebaiknya, pilih produk dengan kandungan asam amino untuk pembersih. Misalnya, glycine, lysine, alaine, dan glutamic acid. Tak lupa, periksa apakah sampo cocok untuk kondisi kulit kepalamu. 

Jika kandungan asam amino tidak berhasil, kamu bisa beralih untuk memakai produk sampo khusus pengobatan. Namun, pemakaian produk ini sebagai cara menghilangkan ketombe tentu perlu rekomendasi dari dokter. Jika kamu sedang mencari sampo yang efektif untuk menghilangkan ketombe, cek beberapa pilihannya berikut ini. 

1. Erhair Scalperfect Piroctone Olamine & Climbazole Anti Dandruff Shampoo

Erha sampo antiketombe

Produk ini mampu membantu mengatasi permasalahan kulit kepala seperti ketombe dan dermatitis seboroik ringan. Memiliki kandungan Climbazole & Piroctone Olamine yang efektif untuk mengatasi ketombe hingga dermatitis seboroik dan bau pada kulit kepala. 

Selain itu, terdapat menthol yang memberikan efek sejuk dan nyaman pada kulit kepala. Tak ketinggalan, kandungan Lavender Oil dan Aloe Vera yang membantu menghilangkan gatal dan mengurangi peradangan. 

Rentang harga: Rp67.000 – Rp87.900 per botol dari aplikasi Halodoc

Dapatkan Erhair Scalperfect Piroctone Olamine & Climbazole Anti Dandruff Shampoo di Toko Kesehatan Halodoc!

2. Sebamed Anti-Dandruff Shampoo

Sebamed Anti-Dandruff Shampoo

Rekomendasi sampo antiketombe berikutnya adalah Sebamed Anti-Dandruff Shampoo. Produk ini sangat efektif sebagai cara menghilangkan ketombe pada kulit kepala yang berminyak. Selain itu, produk ini mempunyai pH 5,5 yang sangat pas untuk rambut dan kulit kepala yang lebih sehat. 

Terlebih, kandungan aktif piroctone olamine yang bekerja secara efektif untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala yang muncul karena jamur. Inilah sebabnya, klaim menyebut bahwa produk ini bisa menghilangkan ketombe sampai 50 persen dalam rentang waktu 14 hari. 

Rentang harga: Rp145.200 – Rp262.900 per botol dari aplikasi Halodoc

Dapatkan Sebamed Anti-Dandruff Shampoo di Toko Kesehatan Halodoc!

3. Selsun Yellow Double Impact

Selsun Yellow Double Impact

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya bisa menggunakan sampo Selsun Yellow Double Impact. Produk perawatan rambut satu ini menjadi pilihan untuk mengatasi masalah ketombe yang mengganggu kulit kepala dan menghilangkan rasa gatal. Caranya, gunakan sampo pada rambut dan kulit kepala, biarkan selama 2 sampai 3 menit. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil lebih optimal. 

Rentang harga: Rp34.500 – Rp64.800 per botol dari aplikasi Halodoc

Dapatkan Selsun Yellow Double Impact di Toko Kesehatan Halodoc!

4. Ketomed 2% Scalp Solution 60 ml

Sampo antiketombe Ketomed

Ketomed 2% Scalp Solution mengandung Ketoconazole, agen antijamur imidazol yang bekerja dengan cara menghambat aktivitas CYP450 jamur. Kandungan ini mampu menurunkan biosintesis ergosterol dan menghambat pembentukan membran sel jamur serta beberapa enzim jamur. 

Sampo antiketombe ini menjadi pilihan terbaik untuk mengobati infeksi kulit kepala seperti dermatitis seboroik ringan dan ketombe yang muncul karena Pityrosporum ovale. Supaya lebih mudah membedakan antara ketombe biasa atau dermatitis seboroik, kamu bisa baca artikel Ketombe atau Dermatitis Seboroik? Ketahui Bedanya.

Rentang harga: Rp46.700 – Rp66.700 per botol dari aplikasi Halodoc

Dapatkan Ketomed 2% Scalp Solution 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc!

5. Neril Anti-Dandruff Shield Shampoo

Neril Anti-Dandruff Shield Shampoo

Cara menghilangkan ketombe yang terakhir adalah menggunakan Neril Anti-Dandruff Shield Shampoo. Produk ini efektif untuk mengatasi ketombe dan rambut lepek, terutama pada kondisi rambut berminyak. Selain itu, sampo antiketombe ini juga efektif untuk mengatasi rasa gatal pada kulit kepala akibat ketombe. 

Rentang harga: Rp54.000 – Rp115.500 per botol dari aplikasi Halodoc

Dapatkan Neril Anti-Dandruff Shield Shampoo di Toko Kesehatan Halodoc!

Itu tadi beberapa produk sampo antiketombe yang ampuh yang bisa kamu coba sebagai cara menghilangkan ketombe. Kamu juga bisa mengatasi masalah kulit kepala ini dengan bahan lainnya melalui artikel 11 Cara Mudah Mengatasi Ketombe yang Membandel.

Jika masih belum membaik, konsultasikan pada dokter spesialis kulit secara online untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu dan keluargamu bisa mendapatkan rekomendasi dokter ahli terbaik dari aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

Baca juga: 11 Cara Mudah Mengatasi Ketombe yang Membandel

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2023. What Is Dandruff? Symptoms, Causes, Diagnosis, Treatment, and Prevention.
Healthline. Diakses pada 2023. 9 Home Remedies to Get Rid of Dandruff Naturally.
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2023. How to Treat Dandruff.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan