5 Tips Agar Burung Kutilang Berkicau Merdu

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   07 Juli 2021
5 Tips Agar Burung Kutilang Berkicau Merdu5 Tips Agar Burung Kutilang Berkicau Merdu

“Burung kutilang adalah salah satu hewan yang banyak dipelihara karena dapat berkicau dengan merdu. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar burung yang dipelihara juga dapat bernyanyi dengan merdu. Tentu hal ini membutuhkan konsistensi.”

Halodoc, Jakarta – Burung kutilang adalah salah satu jenis hewan yang kerap dipelihara untuk mendengarkan kicauannya. Dengan mendengarkan kicauan burung, tentu dapat membuat hati menjadi lebih tenang. Nah, jika kamu telah memutuskan untuk memelihara burung kutilang, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar hewan ini dapat berkicau dengan merdu. Berikut beberapa tipsnya!

Cara Agar Burung Kutilang Berkicau Merdu

Burung kutilang berasal dari suku Pycnonotidae dengan nama ilmiah Pycnonotus aurigaster. Burung pengicau ini memang sangat mudah untuk ditemukan dan mempunyai suara yang merdu dan kencang, sehingga banyak orang yang minat untuk memeliharanya. Selain itu, ada banyak kontes untuk mengadu suara merdu dari burung ini.

Baca juga: Kenali 6 Penyakit yang Rentan Dialami Burung

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar suara burung kutilang yang kamu miliki benar-benar merdu dan lantang. Kamu juga perlu melakukan semua ini jika benar-benar ingin memenangkan kontes kicau burung. Semua hal ini dapat dilakukan secara mandiri dan juga tidak sulit, hanya membutuhkan ketekunan.

Nah, berikut ini beberapa cara agar burung kutilang bersuara merdu:

1. Mulai Pemeliharaan Sejak Bayi

Langkah paling penting jika ingin memiliki burung kutilang dengan suara merdu adalah dengan memeliharanya sejak bayi. Jika bisa, pelihara sejak burung ini baru lahir dari induknya. Dengan begitu, anakan ini tidak terlanjur menirukan suara indukannya. Kamu dapat membuatnya lebih sering mendengarkan suara kicauan dari burung juara yang bagus.

2. Mendengarkan Suara Burung Juara

Jika kamu tidak memiliki burung yang sudah juara untuk disandingkan, cobalah untuk memperdengarkannya suara burung tersebut melalui smartphone. Sudah banyak kanal-kanal yang menyediakan rekaman suara tersebut sehingga burung kamu dapat belajar dengan cepat. Kamu dapat memutarnya di pagi atau sore hari, saat hewan ini sedang aktif berkicau.

Baca juga: 3 Fakta Menarik tentang Burung Kutilang

3. Mengasingkan dari Burung Liar

Cara lainnya agar burung kutilang memiliki kualitas suara yang bagus adalah dengan mengasingkannya dari burung liar. Hal ini perlu dilakukan agar ia tidak menirukan suara kicauan dari burung kutilang liar yang ada di sekitarnya. Burung yang masih kecil akan mencontoh kicauan yang ada di sekitarnya. Pemberian contoh kicauan burung juara memang sudah tepat.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter hewan dari Halodoc terkait cara untuk mendapatkan burung kutilang dengan suara yang merdu. Beberapa fitur interaksi dengan dokter, seperti Chat atau Voice/Video Call, dapat kamu gunakan untuk memudahkan. Maka dari itu, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

4. Rutin Mengganti Air Minum

Setiap makhluk hidup membutuhkan air minum demi keberlangsungan hidupnya, termasuk juga burung kutilang. Dengan memastikan ia selalu minum air putih, sistem pencernaan dan peredaran darahnya menjadi lancar dan kuat terhadap serangan penyakit. Rutinitas ini juga dapat membuat kicauan burung menjadi lebih lantang.

5. Menggantungkan Sangkar di Teras Rumah

Umumnya, burung kutilang akan lebih aktif di pagi hari. Dengan menggantungkan sangkar di teras rumah, dapat membantu hewan ini menikmati suasana yang nyaman. Dengan begitu, ia akan lebih semangat untuk berkicau dan suaranya lebih lantang. Kamu juga dapat menyandingkannya dengan burung “juara” agar dapat mengamati dan menirukan kicauannya.

Baca juga: Tips Perawatan Burung Kenari untuk Pemula

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat burung kutilang yang kamu miliki dapat berkicau secara merdu. Memang tidak mudah untuk menjaga semua konsistensi ini, tetapi hasilnya tentu sepadan. Bahkan, kamu juga dapat memenangkan kontes jika suara burung kutilang yang dipelihara benar-benar indah.

Referensi:
Area Hewan. Diakses pada 2021. 17 Cara Merawat Burung Kutilang biar Gacor dan Jinak.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan