6 Cara Memutihkan Leher secara Alami

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Maret 2022

“Leher adalah area tubuh yang sering terlihat sehingga dapat mengganggu penampilan jika warnanya menggelap. Jika leher yang menggelap ini bukan disebabkan oleh masalah kesehatan, maka bisa diatasi dengan perawatan secara alami.”

6 Cara Memutihkan Leher secara Alami6 Cara Memutihkan Leher secara Alami

Halodoc, Jakarta – Selama ini sebagian besar orang mungkin lebih berfokus untuk merawat wajah daripada leher. Padahal, leher juga termasuk bagian tubuh yang sering terlihat. Ketika warnanya menggelap, tentu ini bisa menurunkan penampilan dan kepercayaan diri. Banyak faktor yang bisa menyebabkan leher menghitam, mulai dari gangguan hormonal, paparan sinar matahari, pemakaian obat, atau masalah kulit lainnya. 

Sebenarnya perawatan leher pun tidak jauh berbeda dengan perawatan wajah. Kalau kamu sedang mencoba memutihkan leher yang menghitam, ada cara-cara alami yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Tips Memutihkan Leher secara Alami

Perawatan leher yang menghitam sebenarnya perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Namun, jika leher menghitam bukan disebabkan oleh kondisi medis, cara alami di bawah ini bisa kamu coba untuk memutihkannya:

1. Pastikan kulit terhidrasi

Menjaga kulit tetap terhidrasi dapat membantu melembutkan kulit dan meningkatkan pergantian sel. Dengan demikian, pergantian sel dapat membuat kulit tampak lebih cerah. Pastikan kamu mencukupi kebutuhan cairan tubuh supaya kulit tetap lembap. 

2. Masker yogurt, kunyit, lemon, dan tepung 

Yoghurt adalah produk susu yang kaya akan nutrisi. Nah, kandungan asam laktat dalam yoghurt mampu bekerja sebagai agen pencerah kulit alami. Selain itu, lemon mengandung Vitamin C yang dapat mengurangi pigmentasi. Kunyit juga punya kemampuan mencerahkan kulit. Untuk membuat masker ini, kamu perlu mencampurkan tepung untuk membantu mengentalkan masker supaya konsistensinya seperti pasta. 

Tepung juga bertindak sebagai scrub alami yang mampu memperbaiki tekstur kulit serta mengurangi hiperpigmentasi. Masker dapat dioleskan ke seluruh wajah, leher, dan area bermasalah lainnya. Diamkan selama 30 menit, lalu bersihkan.

3. Cuka sari apel

Cuka apel mengandung asam asetat, yang dapat meringankan pigmentasi. Namun, pastikan cuka sari apel diencerkan dengan air dalam jumlah yang sama sebelum dioleskan ke kulit. Setelah itu oleskan dan diamkan selama 2-3 menit kemudian bersihkan. Perawatan kulit ini dapat diulang setiap hari, sekali atau dua kali sehari.

4. Susu

Kamu pasti pernah mendengar jika susu dapat mencerahkan kulit. Hal ini ternyata disebabkan oleh kandungan asam laktat di dalamnya. Kalau kamu mau mencobanya, gunakan bola kapas yang direndam dalam susu lalu oleskan ke seluruh area yang terkena. Diamkan selama 20-30 menit lalu bersihkan. 

5. Terapkan pola makan sehat dan seimbang

Pola makan yang sehat dapat menunjang kesehatan kulit dengan meningkatkan pergantian sel kulit, memperbaiki warna dan tekstur kulit. Buah dan sayuran segar memiliki beberapa kandungan yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen nutrisi, terutama Vitamin C, Vitamin B, Vitamin E, dan asam lemak omega-3 yang membantu menjaga kesehatan.

6. Lindungi tubuh dari paparan sinar matahari

Salah satu cara terbaik untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari adalah dengan menggunakan tabir surya. American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan tabir surya yang minimal mengandung SPF 30. Tabir surya juga perlu dioleskan kembali setiap 3-4 jam ke wajah dan leher untuk perlindungan maksimal.

Apabila cara di atas tidak cukup efektif untuk kamu, sebaiknya periksakan diri langsung ke dokter spesialis kulit. Kamu bisa membuat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda sebelum leher semakin menghitam, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medicine Net. Diakses pada 2022. How Do You Get Rid of a Dark Neck?
Medical News Today. Diakses pada 2022. Causes and treatment of a black neck.
Parenting Firstcry. Diakses pada 2022. 10 Home Remedies for Dark Neck to Make Your Skin Tone Even.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan