6 Cara Mengatasi Kulit Tangan dan Kaki yang Belang

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Februari 2024

“Kulit belang biasanya bisa terjadi sehabis berjemur, terutama pada tangan dan kaki. Namun, ada banyak cara mengatasi kulit tangan dan kaki yang belang, baik secara alami maupun dengan prosedur perawatan.”

6 Cara Mengatasi Kulit Tangan dan Kaki yang Belang6 Cara Mengatasi Kulit Tangan dan Kaki yang Belang

DAFTAR ISI

  1. Tips Mengatasi Kulit Belang Secara Alami
  2. Prosedur Kecantikan untuk Mengatasi Kulit Belang
  3. Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Memiliki kulit belang sehabis berjemur itu wajar. Sebab, saat kulit terpapar sinar matahari, pigmen yang mengatur warna kulit dan rambut yaitu melanin, akan lebih banyak diproduksi. Melanin akan berkumpul untuk melindungi kulit yang terpapar sinar matahari dan membuat kulit menjadi lebih gelap.

Wajah, tangan, dan kaki adalah bagian tubuh yang sering terpapar sinar UV matahari. Itulah mengapa bagian tersebut biasanya lebih gelap dibandingkan bagian tubuh yang lain. Kulit belang tentu bisa mengurangi penampilan dan membuat kamu kurang percaya diri. 

Nah, kabar baiknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat warna kulit menjadi sama rata kembali, lho. Simak cara mengatasi kulit belang berikut ini, yuk.

Tips Mengatasi Kulit Belang Secara Alami

Ada beberapa cara untuk mengatasi kulit tangan dan kaki yang belang, tapi ingat, kondisi kulit tersebut tidak bisa diatasi hanya dalam semalam. Mengatasi kulit belang setidaknya membutuhkan waktu seminggu. Berikut cara-caranya: 

1. Pakai Tabir Surya

Tidak hanya penting untuk digunakan sebelum berjemur, tabir surya juga bisa digunakan sesudahnya untuk mengatasi kulit belang. Produk perawatan kulit tersebut bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari dan mempercepat proses perbaikan warna kulit. 

Pilihlah tabir surya dengan Sun Protector Factor (SPF) minimal 30. Gunakan 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah, dan oleskan secara merata setiap 2 jam sekali. Bila perlu, kamu bisa menggunakan topi, baju lengan panjang, dan sarung tangan (jika mengendarai motor) agar kulit semakin terlindungi dari paparan sinar UV matahari.

2. Eksfoliasi

Cara lainnya untuk mengatasi kulit tangan dan kaki belang yang bisa dicoba adalah eksfoliasi. Hal ini bisa dilakukan dengan teknik scrubbing, yaitu menggosok kulit tangan dan kaki dengan bahan yang memiliki butiran halus. 

Tujuannya adalah agar sel-sel kulit mati bisa dihilangkan, dan warna kulit yang belang akibat paparan sinar UV matahari bisa kembali cerah. Gunakan lulur yang memiliki butiran kasar secara rutin setidaknya 2-3 kali seminggu agar hasilnya maksimal.

Selain bikin kulit belang, ketahui Dampak Sinar Matahari pada Tubuh Manusia supaya kamu lebih waspada. 

3. Buat Masker Alami

Selain pada wajah, masker juga bisa digunakan untuk mengatasi warna kulit tangan dan kaki yang belang. Gunakan masker alami ini setidaknya satu kali sehari agar hasilnya maksimal. Cara membuatnya cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan bahan-bahan alami seperti :

  • Buah tomat

Oleskan buah tomat yang sudah dipotong atau diolah menjadi jus pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Kentang

Parut halus atau tumbuk kentang mentah, lalu balurkan pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Madu

Oleskan madu murni pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan hingga kering, lalu bilas dengan air hangat.

  • Yoghurt

Oleskan yoghurt tawar (tanpa rasa dan tanpa gula) pada kulit tangan dan kaki yang belang. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  • Beras dan minyak zaitun

Tumbuk halus beras dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan secara merata pada kaki dan tangan yang belang, diamkan 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Selain melakukan perawatan di atas, begini Tips Agar Kulit Enggak Belang Karena Matahari yang perlu kamu ketahui. 

Prosedur Kecantikan untuk Mengatasi Kulit Belang

Selain menggunakan cara-cara alami, kamu juga bisa mencoba beberapa prosedur kecantikan berikut yang efektif mengatasi kulit tangan dan kaki yang belang:

1. Mikrodermabrasi

Teknik scrubbing dengan menggunakan butiran-butiran kecil yang sedikit kasar, nyatanya tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami. 

Teknik ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan yang canggih oleh profesional. Prosedur ini dinamakan mikrodermabrasi. Perawatan kulit dan kecantikan ini bisa mencerahkan warna kulit, sekaligus membersihkan dan melembabkan.

2. Chemical Peeling

Pengelupasan kulit dengan bahan-bahan kimia atau chemical peeling mungkin bisa memberikan efek yang keras pada kulit.

Akan tetapi, metode ini bisa menghilangkan kotoran yang membandel dan kulit kering, sehingga membuat kulit tampak lebih segar dengan warna kulit yang merata. 

Namun, setelah melakukan chemical peeling, sebaiknya hindari paparan sinar matahari dulu karena kulit akan menjadi lebih sensitif.

3. Laser

Cara mengatasi kulit belang yang lebih agresif adalah melalui terapi laser. Terapi ini pada dasarnya memiliki metode yang sama seperti perawatan hiperpigmentasi yang lain. Metodenya dengan menghilangkan lapisan luar yang terdiri dari sel-sel mati dan kulit kering, sehingga menampilkan warna kulit yang lebih rata.

Mengatasi kulit belang memang enggak gampang. Kamu juga tidak disarankan untuk menggunakan produk pemutih sembarangan. Sebab di pasaran, banyak produk pemutih yang mengandung steroid atau merkuri yang berbahaya untuk kulit. 

Jadi sebelum membeli, pastikan produk pemutih yang kamu pilih sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM dan Kementerian Kesehatan RI, ya.

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Kamu juga bisa hubungi dokter di Halodoc jika merasa penampilan terganggu akibat kulit yang belang. Dokter dapat memberikan saran perawatan kulit yang tepat.

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun yang bisa kamu hubungi.  

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
The Health Site. Diakses pada 2024. How to get rid of tanning and uneven skin tone.
Healthline. Diakses pada 2024. 17 Remedies for More Even Skin

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan