• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kualitas Sperma
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kualitas Sperma

6 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kualitas Sperma

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 September 2021
6 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kualitas Sperma6 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kualitas Sperma

“Mengingat sebagai penyumbang DNA terbesar, pria juga perlu menjalani pola hidup sehat untuk meningkatkan kualitas sperma yang dimiliki. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Lantas, makanan sehat apa yang seharusnya dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas sperma seorang pria?”

Halodoc, Jakarta – Pria dan wanita disarankan mengonsumsi makanan sehat guna menunjang keberhasilan program kehamilan. Nah, untuk meningkatkan kualitas sperma seorang pria, mereka disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan tinggi zinc dan vitamin. Berikut ini beberapa jenis makanan tersebut:

Baca juga: Ciri Air Mani yang Sehat

1. Gandum Utuh

Kandungan folat atau vitamin B9 dalam gandum utuh dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria. Selain mengandung vitamin B9, gandum utuh juga mengandung asam folat dan zinc yang sudah dikenal mampu meningkatkan persentase keberhasilan kehamilan.

2. Telur

Telur mengandung asam lemak omega-3 yang mampu meningkatkan jumlah, motilitas atau gerak sperma, hingga bentuk dari sperma itu sendiri. Manfaat lain yang dihasilkan yaitu meningkatkan aliran dari menuju organ reproduksi pria. Selain dari telur, kamu bisa mendapatkan asupan asam lemak omega-3 dari ikan salmon, makerel, tuna, atau sarden.

3. Tiram

Tiram mengandung tinggi zinc yang dapat meningkatkan kualitas dan jumlah sperma. Selain dari tiram, kamu bisa menemukan kandungan zinc dalam daging merah, sereal, produk olahan susu, dan kepiting. Dengan rutin mengonsumsinya, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon testosteron, sehingga semakin banyak sperma yang dihasilkan.

Baca juga: Adakah Efek Negatif Mengeluarkan Sperma Setiap Hari?

4. Makanan Laut

Vitamin B12 menjadi salah satu nutrisi di dalam makanan laut yang dapat meningkatkan kualitas sperma. Kandungan tersebut bukan hanya dapat meningkatkan kualitas sperma saja, tetapi juga jumlah hingga mengurangi kerusakan DNA sperma. Selain dari makanan laut, kamu bisa mendapatkan kandungan vitamin B12 dari daging hingga produk olahan susu.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung tinggi asam folat dan vitamin B9. Pada pria, kedua kandungan tersebut dapat membantu meregenerasi, serta meningkatkan kualitas sperma agar dapat membuahi sel telur. Sayuran hijau yang disarankan untuk dikonsumsi, seperti brokoli, bayam, asparagus, dan lobak hijau. Kamu juga bisa mendapatkan kandungan tersebut dari alpukat dan kentang.

6. Kacang Kenari

Kacang-kacangan adalah sumber lemak dan protein terbaik. Lemak sehat sendiri diperlukan untuk produksi membran sel bagi sel sperma. Asam lemak omega-3 dan kandungan arginin dalam kacang kenari dapat membantu meningkatkan volume sperma dengan meningkatkan aliran darah menuju testis. Kacang kenari juga mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan racun dalam aliran darah.

Baca juga: Kenali Tanda dan Tekstur Sperma yang Tidak Sehat

Selain perbanyak konsumsi sejumlah makanan tersebut, kamu juga disarankan untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Agar program kehamilan berhasil, kamu disarankan untuk mengurangi konsumsi alkohol, berhenti merokok, batasi konsumsi kafein, serta konsumsi makanan makanan tinggi vitamin D dan antioksidan

Dengan mengonsumsi makanan sehat dan dibarengi dengan beberapa langkah tersebut, peluang kehamilan pun akan meningkat. Jika mengalami kendala dapat melakukannya, kamu bisa diskusikan hal tersebut dengan dokter di aplikasi Halodoc. Jika belum memiliki aplikasinya, kamu bisa download di sini, ya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 10 Ways to Boost Male Fertility and Increase Sperm Count.
Nova IVF. Diakses pada 2021. Which are the Food Items That Boost Sperm Count and Improve Quality?
Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the best ways to increase sperm count?