• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang Bisa Tingkatkan Suasana Hati

6 Makanan yang Bisa Tingkatkan Suasana Hati

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Kamu perlu mengetahui jika makanan yang dikonsumsi bukan hanya memengaruhi kesehatan tubuh saja, tetapi juga suasana hati seseorang. Pola makan dapat membawa perubahan pada struktur otak, kimia, dan fisiologi yang mengarah pada perilaku masing-masing orang. Jika seseorang kurang mengonsumsi makanan sehat, hal tersebut juga akan berdampak pada penurunan produktivitas.

Selain itu, makanan dengan nutrisi tertentu dapat menstabilkan suasana hati. Lantas, apa saja makanan yang dapat meningkatkan suasana hati? Berikut ini beberapa makanan tersebut:

Baca juga: Bisakah Stres Sebabkan Seseorang Kecanduan Alkohol?

1. Pisang

Pisang menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan suasana hati. Buah yang satu ini bukan hanya mudah ditemui, tetapi juga mengandung vitamin B6 yang dapat membantu mencegah penurunan kognitif dan mengurangi gejala menstruasi yang berhubungan dengan suasana hati. Buah ini menyediakan sekitar 12 persen kebutuhan serat harian yang mampu meningkatkan kesehatan organ pencernaan.

2. Edamame

Edamame merupakan makanan yang masih satu keluarga dengan kacang kedelai. Makanan ini menjadi sumber protein nabati, vitamin, dan mineral penting yang mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis. Tidak sampai di situ saja, makanan ini juga mengandung tinggi serat yang mampu membantu meningkatkan suasana hati.

3. Selai Kacang

Baik kacang maupun almond, keduanya sama-sama memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Olahan dari kacang, seperti selai kacang juga menjadi sumber protein penambah energi dan lemak sehat. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi selai kacang sebanyak 2 sendok makan. Manfaatnya sendiri adalah membantu seseorang cepat kenyang, sekaligus meningkatkan suasana hati.

4. Keju

Bukan hanya coklat saja makanan yang dapat meningkatkan suasana hati, keju pun memiliki manfaat yang sama. Keju mengandung protein, tryptophan, dan asam amino esensial terkait dengan meningkatkan suasana hati dan kemampuan kognitif.

Baca juga: Kecanduan Media Sosial? Begini Tips Ampuh Mengatasinya

5. Kopi

Kafein dapat memberikan pengaruh positif pada suasana hati seseorang, lho. Dari sebuah studi yang dilakukan, seseorang yang mengonsumsi secangkir kopi dengan dosis normal (65–75 miligram) sebanyak 3–4 kali sehari, mengalami peningkatan suasana hati. Kopi dapat mengubah suasana hatimu menjadi lebih baik jika diminum dalam dosis yang tepat.

Namun jika mengonsumsi kopi dengan dosis lebih dari yang ditetapkan atau sekitar 100 miligram, maka dapat memicu suasana hati seseorang memburuk. Hal tersebut ditandai dengan perasaan cemas, gugup, dan gelisah. 

6. Alpukat

Selain pisang, alpukat menjadi makanan yang dapat meningkatkan suasana hati. Alpukat mengandung lemak tak jenuh, serat, dan fitokimia yang sehat bagi jantung. 

Baca juga: Alasan Stres Bisa Memicu Sakit Maag

Itulah sejumlah makanan yang dapat meningkatkan suasana hati. Selain dari makanan, kamu juga perlu mengonsumsi suplemen dan multivitamin tambahan guna meningkatkan daya tahan tubuh agar selalu sehat. Untuk membeli vitamin yang dibutuhkan, kamu bisa menggunakan fitur “beli obat” di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Healthy Foods That Lift Your Mood.
Very Well Mind. Diakses pada 2021. 7 Ways to Boost Your Mood With Food.
Academy of Culinary Nutrition. Diakses pada 2021. 16 Mood Boosting Foods.