• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan yang untuk Atasi Sembelit pada Ibu Hamil

6 Makanan yang untuk Atasi Sembelit pada Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
undefined

Halodoc, Jakarta - Selama hamil, wanita  dapat mengalami gejala gangguan pencernaan, seperti misalnya sembelit. Hal ini diduga karena perubahan hormon, tekanan pada rahim, dan kekurangan zat besi dalam vitamin.

Sembelit ditandai dengan gejala seperti munculnya sakit perut atau ketidaknyamanan, sulit dan jarang buang air besar, dan keluarnya feses yang keras. Selain itu, kondisi ini diduga memengaruhi sekitar setengah dari semua wanita di beberapa fase selama kehamilan mereka.

Baca juga: 4 Gangguan Pencernaan Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Apa Penyebab Ibu Hamil Sembelit?

Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan relaksasi otot-otot tubuh. Dan ini pun termasuk usus. Kemudian, usus bergerak lebih lambat, yang menyebabkan pencernaan juga melambat dan terjadilah sembelit. 

Menurut studi yang diterbitkan Acta Obstetricia et Gynecologica Scandinavica, kondisi ini sering terjadi selama kehamilan. Hampir tiga dari empat wanita hamil akan mengalami sembelit dan masalah usus lainnya. Mulai dari pil yang dijual bebas hingga obat alami, ada banyak obat yang tersedia untuk meredakan sembelit. Namun, karena selama kehamilan kebanyakan ibu hamil dilarang konsumsi obat, makanan tertentu pun jadi andalan untuk mengatasinya.

Baca juga: 5 Tips untuk Mencegah Sembelit

Apa Saja Makanan yang Bisa Atasi Sembelit Ibu Hamil?

Beberapa makanan yang dikonsumsi untuk mengatasi sembelit yang terjadi selama kehamilan, yaitu:

1. Makanan Kaya Serat. Serat membantu menggerakkan makanan yang kamu cerna sehingga lebih mudah untuk bergerak. Untungnya, ada banyak makanan kaya serat yang lezat untuk dipilih, di antaranya:

Buah beri, popcorn, kacang-kacangan dan polong-polongan;

Buah kering seperti aprikot, kurma, prem, kismis dan buah ara;

Biji-bijian utuh seperti oatmeal, quinoa, dan amaranth;

Kacang-kacangan dan biji-bijian, seperti almond, chia dan biji rami;

Buah-buahan seperti beri, alpukat, dan pir;

Sayuran matang (lebih mudah dicerna, namun tetap kaya serat).

2. Makanan Tinggi Magnesium. Magnesium adalah mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengatur kontraksi semua otot kita, dan juga berperan dalam kinerja usus. Untuk sembelit, magnesium sitrat efektif dan bekerja untuk hampir semua kasus sembelit dalam kehamilan. Magnesium bisa didapatkan melalui alpukat, pisang, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, dan masih banyak lagi.

3. Minyak Hati Ikan Kod. Minyak hati ikan kod adalah salah satu obat paling alami untuk atau sembelit selama kehamilan dan merupakan makanan  terbaik untuk merawat kesehatan pencernaan. Minyak ini tinggi asam lemak esensial Omega-3, yang tubuh kita tidak dapat memproduksi sendiri. Omega-3 membantu mengurangi peradangan di usus dan juga membantu mengatur hormon prostaglandin, yang merupakan pengatur pergerakan usus. 

4. Minyak Kelapa. Minyak kelapa adalah lemak sehat lain yang sangat baik yang membantu meringankan sembelit. Minyak ini juga menyediakan energi cepat untuk sel-sel dalam usus, sehingga mampu meningkatkan metabolisme, merangsang usus, dan melunakkan tinja. Efek pelumasnya juga mengurangi gesekan selama buang air besar. Mulailah dengan satu sendok teh, dan kamu bisa mengonsumsinya hingga 2 sendok makan sehari jika diperlukan.

5. Makanan yang Difermentasikan. Makanan yang difermentasi seperti yogurt, kefir, miso, tempe, dan kimchi mengandung dua bakteri yang paling umum dan bermanfaat, yakni Lactobacillus dan Bifidobacterium. Dua bakteri ini dikenal dapat membantu meringankan masalah pencernaan, termasuk sembelit. Jadi, selain nikmat, ibu bisa terbebas dari sembelit dengan makan makanan yang difermentasikan ini.

6. Cairan Hangat. Bayangkan kamu berada di luar di musim dingin hanya dengan memakai kaus. Kemungkinan kamu akan mengencangkan otot-otot dan mencengkeram diri sendiri saat menahan dingin. Sekarang bayangkan diri kamu mengenakan kaus yang sama di pantai yang hangat. Kamu pasti jauh lebih nyaman dan santai.

Hal yang sama ini dapat terjadi di dalam usus ketika kamu minum air dingin. Usus akan berkontraksi dan menahan isinya, sehingga akan memperlambat gerakan usus. Sementara cairan hangat membantu usus lebih rileks, meredakan sembelit selama kehamilan. Selain air putih hangat, kamu bisa coba kaldu dalam sup ayam untuk menambah nutrisi.

Baca juga: 5 Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil 

Jika enam makanan di atas masih belum juga mengatasi sembelit selama kehamilan, sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit terdekat. Kini kamu pun dapat dengan mudah buat janji dokter melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot, kamu pun bisa langsung bertemu dokter sesampainya di rumah sakit. 

Referensi:
American Pregnancy Association. Diakses pada 2019. Pregnancy and Constipation.
Healthline. Diakses pada 2019. Safe Remedies for Constipation in Pregnancy.
Mama Natural. Diakses pada 2019. Constipation in Pregnancy: Natural Ways to Get Things Moving.