13 Manfaat Konsumsi Ikan Dori bagi Kesehatan Tubuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Januari 2024

“Mengonsumsi ikan dori dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat ikan dori yaitu sumber protein yang baik, membantu memperbaiki sel, serta menurunkan risiko serangan jantung.”

13 Manfaat Konsumsi Ikan Dori bagi Kesehatan Tubuh13 Manfaat Konsumsi Ikan Dori bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Ikan dori adalah salah satu jenis ikan yang populer di kalangan masyarakat. Mulai dari steak ikan, asam manis, hingga ikan goreng tepung krispi menjadi olahan dari ikan jenis ini.

Selain tekstur dagingnya yang lembut, ikan ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup tinggi. Terpenuhinya kebutuhan nutrisi setelah mengonsumsi ikan ini membuat kesehatan tubuh menjadi lebih optimal.

Nah, pertanyaannya apa saja sih manfaat mengonsumsi ikan dori bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan?

Berbagai Manfaat Ikan Dori untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Ikan Dori untuk Kesehatan

Ada sejumlah kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh dalam ikan dori:

  • Omega-3.
  • Omega-6.
  • Protein.
  • Natrium.
  • Vitamin B12.
  • Fosfor.
  • Tiamin.
  • Kalium.
  • Kolesterol. 

Begitu banyaknya kandungan nutrisi dalam ikan ini, membuat ikan dori memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaatnya yang sayang untuk dilewatkan:

1. Menurunkan risiko gangguan jantung

Ikan menjadi makanan yang menyehatkan untuk jantung. Kandungan omega-3 dalam ikan ini memiliki peran yang cukup penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Sebuah penelitian dalam jurnal The American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa kelompok pria yang mengonsumsi ikan dengan kandungan omega-3 secara rutin, mengalami penurunan risiko gangguan jantung sebanyak 15 persen.

Jadi, pastikan kamu memenuhi kebutuhan omega-3 dengan mendapatkan dari ikan dori yang kamu olah di rumah.

Mau tahu makanan lainnya yang menyehatkan jantung? Baca di artikel ini: “5 Makanan Rendah Lemak yang Baik untuk Kesehatan Jantung

2. Menjaga kesehatan otak

Asam lemak omega-3 juga terkenal akan perannya dalam menjaga kesehatan otak. Meskipun masih memerlukan penelitian lebih banyak mengenai manfaat ini, tetapi kandungan omega 3 dalam ikan dori bisa menurunkan risiko penurunan memori dan depresi.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat ikan dori berikutnya yaitu meningkatkan kesehatan tulang. Hal tersebut berkat kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya. Sebab, fosfor merupakan komponen penting dalam pembentukan tulang dan gigi, sama seperti kalsium yang mendukung kekuatan dan pertumbuhan tulang.

Mengonsumsi ikan dori secara rutin, sama saja dengan menjaga kesehatan tulang. Beberapa kondisi yang berhubungan dengan tulang pun dapat dicegah atau diturunkan risikonya, seperti patah tulang atau osteoporosis.

4. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

Kandungan niasin dan vitamin B3 pada ikan dori terbilang cukup tinggi daripada jenis vitamin B lainnya. Vitamin tersebut berfungsi untuk mengubah makanan menjadi energi. 

Selain itu, vitamin B bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf, sistem pencernaan, dan kesehatan kulit. Niasin juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol, yaitu dengan meningkatkan kadar kolesterol high density lipoprotein (HDL), yang juga dikenal sebagai kolesterol baik.

5. Mengoptimalkan sel yang rusak

Ikan dori merupakan sumber protein yang baik. Salah satu manfaat protein dalam ikan ini untuk memperbaiki sel tubuh yang mengalami kerusakan.

Setiap harinya, sel-sel di tubuh akan mengalami kerusakan. Namun, sel yang rusak itu akan digantikan oleh sel baru agar fungsinya terjaga. 

Begitu juga dengan jaringan dan organ yang ada dalam tubuh. Nah, protein yang terkandung dalam ikan dori bisa membantu mempercepat perbaikan sel yang rusak. 

6. Mencegah anemia

Ikan ini juga mengandung vitamin B12 cukup tinggi dalam tubuh. Terpenuhinya kebutuhan vitamin ini membuat tubuh dapat memproduksi sel darah merah secara lebih optimal. Hasilnya, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan produksi sel darah merah yang menyebabkan anemia.

Ada beberapa obat-obatan yang ampuh untuk mengatasi anemia, baca di sini: “5 Rekomendasi Obat Anemia yang Ampuh di Apotek

7. Menurunkan tekanan darah

Kandungan DHA dan EPA pada omega-3 dalam ikan ini mampu membantu untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Peningkatan tekanan darah yang tidak teratasi dengan baik dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan yang lebih buruk.

8. Mengoptimalkan tumbuh kembang anak

Ikan dori sangat baik bagi anak yang berada dalam masa pertumbuhan. Sebaiknya ibu mulai memberikan jenis ikan ini sejak anak memasuki usia MPASI.Kandungan omega-3 dalam ikan ini mampu mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan.

Menurut jurnal Revista Paulista de Pediatria, asam lemak omega-3 membantu mengoptimalkan kemampuan kognitif anak, mengoptimalkan penglihatan anak, menjaga kesehatan jantung, hingga meningkatkan imun tubuh anak.

9. Membantu turunkan berat badan

Ikan ini mengandung protein yang sangat tinggi. Memenuhi kebutuhan protein membuat kamu akan merasa kenyang lebih lama. Kondisi ini bisa membantu kamu untuk mengontrol jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh.

Selain ikan dori, ada banyak makanan lain yang juga bisa mendukung diet kamu, seperti mi shirataki. Cek penjelasannya di sini → Kenali Manfaat Mi Shirataki untuk Diet

10. Meningkatkan kekuatan otot

Jika kamu mengalami gangguan pada otot, cobalah untuk memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi dori. Kandungan protein dalam ikan ini bisa membantu kamu untuk meningkatkan kekuatan otot.

11. Menjaga kesehatan mata

Ikan ini mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Menurut studi pada jurnal The American Journal of Clinical Nutrition, kandungan omega-3 asam docosahexaenoic (DHA) menjadi nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan mata.

Jadi, pastikan kamu mengonsumsinya secara rutin untuk mengoptimalkan kesehatan mata.

12. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kesehatan pencernaan dalam tubuh menjadi hal yang perlu kamu perhatikan. Karena itu, pastikan mengonsumsi berbagai makanan sehat seperti ikan dori. Ikan dori mengandung berbagai nutrisi yang bisa membantu untuk mengoptimalkan pencernaan.

13. Mencegah kerutan pada wajah

Kandungan omega 3 pada ikan dori bisa membantu kamu menjaga kesehatan kulit. Ketika kulit sehat, maka kamu akan terhindar dari munculnya kerutan pada wajah.

Selain ikan dori, cari tahu berbagai manfaat kesehatan dari jenis ikan lainnya melalui artikel ini → Ketahui Kandungan Gizi dan Manfaat Ikan Tuna untuk Kesehatan

Selain dengan konsumsi duri, optimalkan juga kesehatanmu dengan berbagai produk kesehatan berkualitas di Toko Kesehatan Halodoc. Tanpa perlu khawatir, produk kesehatan yang ada sudah pasti terjamin keasliannya. Yuk, cek selengkapnya dengan klik gambar berikut:

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 11 Evidence-Based Health Benefits of Eating Fish
WebMD. Diakses pada 2023. What Are the Health Benefits of Catfish?
Revista Paulista de Pediatria. Diakses pada 2023. In Time: Importance of Omega 3 in Children’s Nutrition.
Healthline. Diakses pada 2023. Is Catfish Healthy? Nutrients, Benefits, and More.
Dr. Health Benefits. Diakses pada 2023. 12 Incredible Health Benefits of Dory Fish for Body.
The American Journal of Clinical Nutrition. Diakses pada 2023. Fish Consumption and Risk of Major Chronic Disease in Men.
The American Journal of Clinical Nutrition. Diakses pada 2023. Is docosahexaenoic acid, an n-3 long-chain polyunsaturated fatty acid, required for development of normal brain function? An overview of evidence from cognitive and behavioral tests in humans and animals.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan