Ini Rekomendasi Obat Anemia yang Ampuh di Apotek

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Januari 2024

“Anemia dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk defisiensi zat besi, vitamin B12, atau asam folat. Beberapa suplemen untuk mengatasinya, yaitu Folavit, Sangobion, Sakatonik Liver, Moloco Plus, dan Maltofer Fol Chewable.”

Ini Rekomendasi Obat Anemia yang Ampuh di ApotekIni Rekomendasi Obat Anemia yang Ampuh di Apotek

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Anemia Penambah Darah


Halodoc, Jakarta – Anemia adalah gangguan yang terjadi ketika kadar hemoglobin dalam darah lebih rendah dari angka normal. Hemoglobin merupakan protein dalam sel darah merah yang bertugas untuk mengikat dan membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.

Ketika kadar hemoglobin dalam tubuh terlalu rendah, maka jaringan tubuh pun berisiko mengalami kekurangan oksigen. Hal ini berisiko membuat organ dan jaringan tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik.

Nah, mau tahu apa saja rekomendasi obat anemia yang ampuh di apotek? Berikut ulasannya!

Pilihan Obat Anemia Penambah Darah

Anemia akan memicu sejumlah gejala khas. Mulai dari kelelahan, sesak napas, pusing, peningkatan detak jantung, suara berdengung di telinga, sakit kepala, dan kulit berwarna pucat atau kekuningan.

Sejumlah gejala yang muncul pada pengidapnya dapat diatasi dengan pilihan obat anemia di bawah ini:

1. Folavit 400 mcg 10 Tablet

Folavit 400 mcg adalah suplemen yang berisi 10 tablet mengandung asam folat untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Suplemen ini juga berfungsi untuk memelihara sistem saraf dan pembentukan sel darah merah yang sehat.

Pemakaiannya akan tergantung pada kebutuhan dan masalah kesehatan masing-masing orang sebelum atau sesudah makan. Umumnya 400-500 mcg per hari, dengan dosis awal 250-1.000 untuk defisiensi asam folat.

Rentang harga: Rp12.600 – Rp13.700 per strip.

Dapatkan Folavit 400 mcg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Sangobion 10 Kapsul

Sangobion adalah vitamin zat besi penambah darah yang berisi 10 kapsul per strip. Vitamin ini memiliki kandungan berupa ferrous gluconate, manganese sulfate, copper Sulfate, vitamin C, folic acid, dan vitamin B12. 

Kombinasi dari kandungan baik dalam Sangobion bekerja dengan membantu proses pembentukan hemoglobin di dalam tubuh.

Hal ini membantu mengatasi anemia saat menstruasi, hamil, menyusui, masa pertumbuhan, dan setelah pendarahan.

Rentang harga: Rp21.900 per strip.

Dapatkan Sangobion 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Moloco Plus B12 2 Strip (10 Tablet/Strip)

Rekomendasi obat anemia selanjutnya adalah Moloco Plus B12 2 Strip (10 Tablet/Strip). Obat ini berguna untuk membantu ibu menyusui dalam meningkatkan produksi ASI.

Moloco Plus mengandung 20 mcg vitamin B12 dan 15 mg placental extr. Penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter dan dapat ditelan utuh atau dikunyah setelah makan, 1 kali sehari.

Rentang harga: Rp72.900 – Rp75.000 per 2 strip.

Dapatkan Moloco Plus B12 2 Strip (10 Tablet/Strip) – Hemat Borongan di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Maltofer Fol Chewable 3 Strip (6 Tablet/Strip)

Maltofer Fol Chewable 3 Strip (6 Tablet/Strip) adalah rekomendasi vitamin atau obat anemia yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi keluhan tersebut. Di dalamnya mengandung zat besi sebagai kompleks besi (III)-hidroksida polimaltosa (IPC) dan asam folat. 

Maltofer Fol Chewable digunakan untuk pengobatan defisiensi zat besi laten dan anemia yang terjadi karena defisiensi zat besi. 

Vitamin ini juga berguna untuk mencegah defisiensi zat besi dan asam folat sebelum, selama, dan setelah kehamilam serta selama masa menyusui.

Rentang harga: Rp63.300 – Rp64.500 per 3 strip.

Dapatkan Maltofer Fol Chewable 3 Strip (6 Tablet/Strip) – Hemat Borongan di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi suplemen dan multivitamin yang efektif membantu mengatasi anemia dan mencegah kekurangan zat besi.

Jika kamu mengalami gejala anemia yang tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter spesialis tepercaya. Kamu bisa membaca daftar dokter selengkapnya dalam artikel berikut ini 5 Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang Bisa Bantu Atasi Gejala Anemia.

Jika memiliki keluhan lain, diskusikan dengan dokter Halodoc saja, ya!

Pastikan untuk menggunakan obat sesuai dengan petunjuk dan anjuran dokter. Kamu juga perlu mengecek kesesuaian dan kelengkapan produk, serta periksa juga masa berlaku produk yang akan kamu konsumsi.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Anemia.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Anemia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan