• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Menu Buka Puasa untuk Kembalikan Cairan Tubuh

6 Menu Buka Puasa untuk Kembalikan Cairan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi selama seharian berpuasa sangat penting dilakukan. Umumnya seseorang mengonsumi delapan gelas setiap harinya guna memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh. Namun, bagaimana melengkapi kebutuhan cairan tubuh ketika sedang berpuasa? Berikut minuman dan makanan sehat yang direkomendasikan!

Baca juga: Inilah 8 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan

  • Buah Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak. Di samping itu, semangka juga mengandung serat, vitamin C, A, serta magnesium. Buah ini aman dikonsumsi karena memiliki kadar kalori yang sangat rendah. Karena memiliki kadar air yang tinggi dan kalori yang rendah, makanan sehat yang satu ini terbukti dapat membantu menurunkan berat badan.

Semangka juga mengandung tinggi antioksidan, termasuk likopen, yaitu senyawa yang mampu mengurangi kerusakan oksidatif pada sel-sel dan jaringan dalam tubuh, sehingga kamu terhindar dari penyakit jantung dan diabetes. Jika kamu merasakan gejala dehidrasi, makanan sehat yang satu ini bisa jadi pilihan.

  • Susu Skim

Susu skim memiliki banyak kandungan baik di dalamnya, seperti vitamin A, kalsium, riboflavin, vitamin B12, fosfor, serta kalium. Bukan hanya dapat membantu mencegah dehidrasi pada tubuh, elektrolit dan protein di dalamnya dapat membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

  • Kaldu dan Sup

Kaldu dan sup dibuat dengan berbahan dasar air, selain mencegah dehidrasi, keduanya mampu melembabkan, serta mengandung gizi yang baik bagi tubuh. Jika rutin mengonsumsinya, kaldu dan sup mampu membantu menurunkan berat badan karena kalori rendah yang terkandung di dalamnya. Kamu dapat membuatnya dengan menambahkan sedikit sayuran, seperti wortel, brokoli, jamur, serta tomat.

Baca juga: Alpukat Bisa Tingkatkan Berat Badan Anak, Benarkah?

  • Plan Yoghurt

Yoghurt dengan rasa original mengandung banyak air, serta nutrisi penting yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Dalam satu cangkir yogurt dengan rasa original seberat 245 gram, terdiri lebih dari 75 persen air. Selain mampu mencegah dehidrasi, yoghurt juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, seperti kalsium, fosfor, serta kalium, yang mampu meningkatkan kesehatan tulang.

Yoghurt juga merupakan sumber protein yang hebat, di dalamnya menyediakan lebih dari 8 gram, atau sekitar 17 persen dari kebutuhan harian tubuh. Mengonsumsi yogurt secara teratur mampu membantu menurunkan berat badan. Jika dikonsumsi secara rutin, kamu akan mengalami penurunan nafsu makan karena kandungan air dan protein yang tinggi di dalamnya.

  • Tomat

Dalam satu buah tomat mengandung 94 persen kadar air di dalamnya. Selain air, tomat juga mengandung vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A, dan C yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tomat kaya akan serat dan beberapa antioksidan yang penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah likopen.

Likopen merupakan zat yang berpotensi dalam menurunkan risiko penyakit jantung, serta dapat membantu mencegah perkembangan kanker prostat. Untuk menikmatinya, kamu dapat memasaknya bersamaan dengan sup, atau beberapa hidangan lain. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan tomat pada menu salad sayur.

  • Air Kelapa

Air kelapa adalah minuman sehat yang membuat kamu tetap terhidrasi dengan baik. Bukan hanya memiliki kadar air yang tinggi, kelapa juga kaya akan elektrolit, termasuk kalium, natrium, dan klorida. Jika kamu melakukan olahraga menjelang berbuka, saat berbuka jangan lupa untuk mengonsumsi air kelapa untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Baca juga: Perlu Tahu, 7 Menu Makanan Sehat Tradisional

Jika kamu memiliki alergi atau masalah kesehatan lain, diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc sebelum mengonsumsinya. Pasalnya, gejala bisa saja muncul pada beberapa orang yang mengidap alergi bahan makanan tertentu. Jika reaksi alergi sudah muncul, komplikasi paling parah yang dapat terjadi adalah kehilangan nyawa.

Referensi:

NCBI. Diakses pada 2020. Effect of milk consumption on rehydration in youth following exercise in the heat.

Healthline. Diakses pada 2020. Electrolytes: Definition, Functions, Imbalance and Sources.

Healthline. Diakses pada 2020. 19 Water-Rich Foods That Help You Stay Hydrated.