Ini 9 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Kapalan di Kaki

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Oktober 2023

“Terdapat beberapa perawatan rumahan yang dapat dilakukan agar kamu dapat mengatasi kapalan pada telapak kaki tanpa perlu ke salon. Salah satunya seperti rutin menggosok kaki dengan sabun atau scrub ketika mandi."

Ini 9 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Kapalan di KakiIni 9 Cara Ampuh untuk Menghilangkan Kapalan di Kaki

Halodoc, Jakarta – Kapalan atau callus, merupakan kondisi yang terjadi akibat mekanisme perlindungan kulit terhadap gesekan atau tekanan. Kondisi tersebut ditandai dengan munculnya lapisan tebal dan keras pada area kulit tertentu, seperti kulit telapak kaki maupun jarinya. 

Namun, kondisi kapalan yang berlebihan dapat memicu ketidaknyamanan dan menurunkan rasa percaya diri karena penampilan kulit yang kasar. Bagaimana cara menghilangkan kapalan di kaki? Baca tipsnya di sini!

Berbagai Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki

Sebenarnya cara menghilangkan kapalan di kaki dapat dimulai dari cara sederhana. Rajin membersihkan dengan sabun, melakukan scrubbing, sampai pemberian losion. Untuk lebih jelasnya, baca di sini:

1. Penggunaan asam salisilat

Krim asam salisilat bisa untuk mengatasi kapalan di kaki. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan krim ke area yang bermasalah.

Pastikan untuk mengoleskannya hanya pada kapalan dan bukan pada kulit di sekitarnya. Selain itu, penggunaannya harus berdasarkan anjuran dari dokter.

2. Pemberian antibiotik

Tak jarang gesekan dapat menyebabkan kapalan terluka dan mengalami infeksi. Bila kondisinya sudah begitu, kamu perlu mengoleskan salep antibiotik. Tidak hanya mengatasi infeksi dan mengeringkan luka, pemberian salep antibiotik juga dapat menghilangkan kapalan. 

Namun, obat antibiotik ini hanya boleh digunakan berdasarkan resep dan anjuran dokter.

3. Menggunakan krim eksfoliator 

Kamu juga dapat menggunakan krim eksfoliator untuk mengangkat sel kulit mati secara rutin. Umumnya, produk yang dapat mengatasi kapalan biasanya mengandung bahan seperti asam salisilat, urea, atau amonium laktat. 

Kendati demikian, penting untuk terlebih dahulu bertanya kepada dokter spesialis kulit mengenai produk yang tepat sesuai kondisi kulit.

Sebab, beberapa jenis produk eksfoliator kulit bisa saja mengandung zat yang dapat menyebabkan iritasi pada jenis kulit tertentu.

4. Pemotongan atau pengikisan kulit

Tindakan medis lainnya untuk mengatasi kapalan adalah dengan cara mengikis atau memotong kapalan. Kamu tidak direkomendasikan untuk melakukannya sendiri, melainkan memerlukan bantuan dokter.

5. Pembedahan

Jika sudah sangat mengganggu dan ternyata terjadi berulang, bisa jadi penyebab kapalan karena posisi tulang kaki. Untuk itu kamu bisa jadi membutuhkan pembedahan.

Tidak semua kapalan bisa diatasi sendiri, baca penjelasannya di artikel Kapalan Sebabkan Telapak Kaki Sakit, Ini Penjelasannya.

6. Jeli membersihkan kaki dengan sabun

Sering kali saat mandi, bagian yang disabun hanyalah lengan, dada dan punggung. Kaki adalah bagian tubuh yang kerap diabaikan saat mandi.

Salah satu cara sederhana untuk memiliki telapak kaki mulus adalah dengan rutin membersihkan kaki dengan sabun. 

Kamu bisa menggunakan sabun atau scrub saat menggosok kaki, bersihkan hingga ke sela-sela jari agar kaki menjadi benar-benar bersih. Lakukan secara rutin setidaknya setiap seminggu sekali untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kaki.

7. Merendam kaki di air hangat

Rendam kaki di air hangat selama 5-10 menit sebanyak 2-3 kali seminggu. Sambil merendam kaki, kamu juga bisa menggosok telapak kaki dan tumit dengan menggunakan batu apung untuk mengangkat sel-sel kulit mati. 

8. Mengenakan alas kaki yang nyaman

Tidak hanya faktor kebersihan, kaki kapalan juga bisa terjadi karena penggunaan alas kaki yang tidak nyaman. Misalnya sepatu sempit, alasnya yang kasar, ataupun kaus kaki yang terlalu tebal.

Itulah sebabnya kamu juga perlu cerdas memilih sepatu dan kaus kaki yang aman serta nyaman. Pastikan kamu memilih bahan yang empuk dan tidak terlalu sempit. Jika kamu sering mengenakan heels, ini Cara Mengatasi Kapalan Karena Sepatu Hak Tinggi.

9. Melakukan perawatan di salon

Kunjungi salon pijat atau ahli perawatan kaki yang berpengalaman. Mereka dapat melakukan perawatan khusus untuk menghilangkan kapalan dengan alat dan teknik khusus.

Sembari menghilangkan kapalan, dengan melakukan pijat refleksi dapat membantu melancarkan peredaran darah di kaki dan menyehatkannya.

Jika kapalan tak kunjung membaik, sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc agar mendapatkan pengobatan yang tepat dengan biaya lebih terjangkau.

Referensi: 
Medical News Today. Diakses pada 2023. Home remedies for calluses.
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Ways to Remove Dead Skin from Your Feet.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Corns and Calluses.
Very Well Health. Diakses pada 2023. How to Get Rid of Calluses on Feet.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Home remedies for calluses.
WebMD. Diakses pada 2023. Understanding Corns and Calluses — Diagnosis and Treatment.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan