7 Kiat Mengatur Pola Makan Pasca Lebaran, Simak Ulasannya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Mei 2022

“Menyantap berbagai hidangan lezat dan berlemak tinggi saat Lebaran boleh-boleh saja. Namun, setelah lebaran usai, yuk atur kembali pola makan menjadi lebih sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.”

7 Kiat Mengatur Pola Makan Pasca Lebaran, Simak Ulasannya7 Kiat Mengatur Pola Makan Pasca Lebaran, Simak Ulasannya

Halodoc, Jakarta – Makan makanan ini di Hari Lebaran sebenarnya enak, tapi ingat jangan berlebihan, ya! Pasalnya, mengonsumsi santan dan makanan berlemak dalam jumlah banyak dapat menyebabkan diabetes, diare, maag, bahkan tekanan darah tinggi. Jadi saat Lebaran usai, yuk atur pola makan agar lebih sehat.

Berbicara tetap sehat setelah Lebaran, kamu juga dapat membaca artikel mengenai Hitung Kalori dengan Tepat agar Sehat Selama Lebaran, untuk dapat memantau kondisi kesehatan kamu. Karenanya, setelah Lebaran usai, penting bagi kita untuk mengatur pola makan kembali agar tubuh tetap sehat dan berenergi. 

Manfaat Puasa Ramadan

Puasa di bulan suci Ramadan adalah kesempatan yang sangat baik untuk membersihkan tubuh. Namun, banyak orang yang tidak merasakan manfaatnya, karena mengisi meja makan mereka dengan makanan tidak sehat yang tinggi gula dan lemak. 

Puasa menghilangkan lemak dan racun dari hati dan tubuh. Karbohidrat setiap makanan diubah menjadi energi oleh tubuh kita. Itu mulai mencari sumber energi lain, setelah enam jam berpuasa, dengan demikian membakar lemak yang tersimpan.

Ketika hari raya Lebaran beraneka ragam makanan yang enak dan nikmat disajikan seperti ketupat, opor ayam, rendang dan sambal goreng ati kentang. Hari Lebaran tentu tidak lengkap tanpa hidangan yang bisa disantap ketika berkumpul bersama keluarga.

Saat mengonsumsi makanan asin, manis, atau gorengan ketika setelah Lebaran, kamu akan kehilangan salah satu manfaat puasa yang baik bagi kesehatan tubuh.

Setelah Lebaran, kembali ke rutinitas semula dengan mengonsumsi makanan sehari 3 sampai 4 kali sehari. Setelah menjalankan puasa Ramadan selama sebulan bisa menjadi tantangan bagi tubuh. Pasalnya, selama tiga puluh hari kemarin makan di pagi hari ketika sahur dan berbuka puasa di malam hari selama.

Karenanya, manfaat puasa yang telah didapatkan selama sebulan kemarin harapannya dapat terus dipertahankan. Sehingga pola makan pasca Lebaran sangat penting untuk diperhatikan.

Tips Pola Makan Pasca Lebaran

Lebaran merupakan momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang, terutama umat muslim di seluruh dunia. Di Indonesia, Lebaran biasanya identik dengan makanan lezat dan beragam hidangan yang tersaji dalam jumlah yang melimpah. 

Berikut adalah 7 kiat mengatur pola makan pasca Lebaran yang bisa kamu terapkan:

1. Kurangi Asupan Gula dan Karbohidrat

Setelah puasa sebulan penuh dan langsung mengonsumsi makanan lezat saat Lebaran, mungkin banyak orang merasa sulit untuk mengurangi asupan gula dan karbohidrat. Namun, seringkali sangat penting guna agar tubuh kembali sehat dan berenergi. 

Kamu bisa mengganti sumber karbohidrat dari nasi putih menjadi nasi merah atau kentang rebus, dan mengurangi makanan yang tinggi gula seperti kue dan minuman manis.

2. Konsumsi Banyak Sayur dan Buah

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh untuk menjaga kesehatan. Selain itu, serat pada sayur dan buah juga dapat membantu memperlancar pencernaan. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah setelah Lebaran.

3. Batasi Konsumsi Makanan Olahan dan Siap Saji

Makanan olahan dan siap saji mengandung banyak bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang tidak sehat bagi tubuh. Jika kamu ingin mengatur pola makan pasca Lebaran, sebaiknya batasi konsumsi makanan olahan dan siap saji dan pilih makanan yang segar dan alami.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat penting bagi tubuh karena dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh dan menjaga kelembapan kulit. Setelah Lebaran, perbanyaklah minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

5. Makan dalam Porsi Kecil namun Sering

Makan dalam porsi kecil namun sering dapat membantu menjaga kadar gula darah dan menjaga metabolisme tubuh tetap lancar. Sebaiknya makan dalam porsi kecil 5-6 kali sehari agar tubuh tetap terjaga kesehatannya.

6. Olahraga Secara Teratur

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan membakar kalori. Setelah Lebaran, sebaiknya mulai rutin berolahraga seperti jogging, bersepeda, atau berenang. Dengan olahraga secara teratur, kamu dapat membantu membakar kalori dan menjaga tubuh tetap sehat.

7. Tetap Jaga Keseimbangan Nutrisi

Terakhir, jangan lupa untuk tetap menjaga keseimbangan nutrisi dalam pola makan. Tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang dari berbagai macam jenis makanan, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Jadi itulah beberapa kiat untuk menciptakan pola makan yang baik pasca Lebaran agar tetap sehat. Jangan lupa untuk rutin berolahraga untuk mengontrol berat badan dan selalu menjaga kebugaran tubuh. Olahraga juga memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Setelah Lebaran, kamu bisa melengkapi pola makan sehat dengan mengonsumsi vitamin dan suplemen. Kebutuhan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui Halodoc.

Selain itu, jika kamu terdapat masalah kesehatan pasca Lebaran, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter melalui Halodoc juga. Dengan Halodoc, kau bisa membuat janji temu dengan dokter ahli kapanpun dan dimanapun, melalui chat, voice maupun video call. Jadi tunggu apalagi, segera download Halodoc sekarang juga di Apps Store atau Play Store smartphone kamu!

Referensi:
Tribune. Diakses pada 2023. 7 tips to fix your diet post Eid.
Health Shots. Diakses pada 2023. 5 tips to maintain a healthy diet after fasting for Ramadan.
Healthifyme. Diakses pada 2023. 8 tips for a healthy Eid after a month of fasting.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan