• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Makanan yang Dapat Membantu Meredakan Nyeri Panggul

7 Makanan yang Dapat Membantu Meredakan Nyeri Panggul

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Hampir semua orang pasti pernah merasakan nyeri pada bagian panggul. Nyeri ini merupakan pertanda kalau kamu tengan mengidap masalah pada otot, persendian, tulang, atau saraf tulang belakang. Berbagai faktor pemicu dapat menimbulkan kondisi ini, salah satunya adalah pola konsumsi makanan. Kamu tidak perlu khawatir berlebihan, karena dengan memenuhi nutrisi yang sesuai dapat membantu meredakan nyeri panggul yang kamu rasakan.

Baca juga: Kesehatan Tulang Bisa Dijaga dengan Vitamin Ini

1. Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, khususnya bagi seseorang yang berusia lanjut. Kalsium juga diperlukan dalam mencegah terjadinya osteoporosis, yang dapat berakibat pada kerapuhan tulang. Dalam hal ini, kamu dapat menemui sejumlah kalsium pada makanan, seperti kacang-kacangan, ikan salmon, ikan sarden, susu dan berbagai olahan susu, tahu, sayuran hijau, serta biji-bijian.

2. Vitamin A

Vitamin A bersifat sebagai antioksidan yang mampu membantu sistem imun tubuh dalam mengatasi berbagai kerusakan pada tubuh. Makanan yang mengandung vitamin A dapat digunakan dalam meredakan nyeri panggul, karena dapat membantu memperbaiki jaringan saat pembentukan tulang.

Dalam hal ini, kamu dapat menemui sejumlah kandungan vitamin A pada hati ayam, daging sapi merah, telur, serta susu dan olahan susu. Selain itu, kandungan vitamin A juga dapat diperoleh dari proses beta karoten dalam tubuh. Beta karoten dapat dengan mudah ditemui pada sayuran atau buah-buahan yang berwarna orange dan hijau gelap.

3. Magnesium

Selai dapat menyebabkan kontraksi, relaksasi, dan gerakan otot, magnesium juga dapat membantu memelihara kepadatan tulang dan otot. Hal ini dapat mencegah terjadinya nyeri panggul. Selain itu, adanya magnesium dalam tubuh akan berperan dalam penggunaan protein secara optimal. Kandungan magnesium dapat dengan mudah kamu peroleh dari gandum, kentang, buah kiwi, buah pisang, serta sayuran hijau.

Baca juga: 6 Makanan untuk Memperkuat Tulang dan Mencegah Osteoporosis

4. Vitamin B12

Vitamin B12 berperan penting dalam menjaga kesehatan jaringan pada tulang, membantu fungsi tulang, serta menjaga pertumbuhan tulang belakang. Kamu dapat dengan mudah menemui kandungan vitamin B12 pada ikan, daging sapi merah, daging ayam, telur, serta susu dan produk olahan susu.

5. Zat Besi

Zat besi dibutuhkan tubuh guna menjaga kesehatan sel tulang. Selain itu, zat besi juga membantu sel-sel dalam tubuh dalam menerima oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Zat besi juga membantu proses produksi myoglobin yang diperlukan dalam menjaga kesehatan otot dalam menopang tulang belakang. Kamu dapat menemui kandungan zat besi pada daging sapi merah, ikan, kerang, daging ayam, telur, kacang-kacangan, sayuran hijau, hati ayam, serta hati sapi.

6. Vitamin K

Vitamin K diperlukan agar tubuh dapat menggunakan kalsium secara optimal dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Vitamin K dapat dengan mudah ditemukan pada hati hewan, sayuran hijau, serta produk olahan susu.

7. Vitamin D

Vitamin D bermanfaat dalam penyerapan kalsium yang penting dalam menjaga kesehatan tulang. Kalsium yang diserap oleh vitamin D bermanfaat dalam mencegah osteoporosis dan patahnya tulang belakang. Kandungan vitamin D dapat dengan mudah ditemui pada putih telur, minyak ikan, serta susu.

Baca juga: Tak Hanya Uang, Tabungan Tulang Juga Penting

Nutrisi dari makanan yang dikonsumsi akan menentukan kekuatan tulang. Pola makan juga akan menentukan berat badan dan nutrisi yang dapat membantu meredakan kerusakan pada tulang belakang. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa tanya langsung dengan dokter ahli di aplikasi  Halodoc, ya!