• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Vitamin dan Suplemen yang Bisa Bantu Tingkatkan Daya Ingat

7 Vitamin dan Suplemen yang Bisa Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, daya ingat memang akan perlahan menurun. Ini adalah hal yang wajar. Namun, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bantu tingkatkan daya ingat. Misalnya, dengan mencukupi kebutuhan nutrisi yang baik untuk otak. Dari mana nutrisi tersebut bisa diperoleh? Tentu yang utama adalah dari makanan.

Itulah sebabnya penting untuk menjaga pola makan sehat yang bergizi seimbang sejak masih muda. Agar saat tua nanti, risiko untuk mengalami demensia atau gangguan lain yang menurunkan daya ingat, akan berkurang. Nyatanya, tidak semua orang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi hanya dari makanan, sehingga butuh tambahan vitamin dan suplemen. 

Baca juga: Siapa Saja yang Butuh Suplemen? Ini Kriterianya

Tingkatkan Daya Ingat dengan Vitamin dan Suplemen

Saat ini, ada banyak produk vitamin dan suplemen untuk otak yang digadang-gadang mampu tingkatkan daya ingat. Namun, sebelum memutuskan untuk memilih produk vitamin dan suplemen untuk otak tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Agar lebih mudah, download saja aplikasi Halodoc agar kamu bisa bertanya pada dokter lewat chat, kapan dan di mana saja. 

Dokter biasanya akan merekomendasikan vitamin dan suplemen tertentu, yang sesuai dengan kondisi kesehatan kamu. Umumnya, jenis vitamin dan suplemen untuk otak yang dapat bantu tingkatkan daya ingat adalah:

1. Vitamin E

Vitamin E adalah jenis vitamin yang memiliki sifat antioksidan. Sifat ini membuat vitamin E bisa melindungi sel-sel saraf otak dari kerusakan dan dipercaya bisa meningkatkan daya ingat pada lansia. Namun, dosis konsumsi vitamin E juga perlu diperhatikan. Jika berlebihan, atau lebih dari 1000 IU, justru bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan kanker prostat.

Baca juga: 7 Tips Pilih Suplemen Tambahan untuk Ibu Hamil

2. Vitamin C

Sama seperti vitamin E, vitamin C juga memiliki sifat antioksidan, sehingga bisa menjaga kesehatan otak, termasuk meningkatkan daya ingat. Vitamin ini juga memiliki sifat protektif yang dapat melindungi otak dari risiko kerusakan dan kehilangan daya ingat. 

3. Vitamin D

Jangan sampai kamu kekurangan vitamin D ya, karena salah satu efeknya adalah terganggunya kemampuan otak dalam menyerap informasi dan memproses memori. Secara alami, vitamin ini bisa didapatkan dari ikan salmon, tuna, telur, dan minyak ikan. 

4. Vitamin B6

Mencukupi kebutuhan vitamin B6 setiap harinya bisa bantu tingkatkan daya ingat dan kemampuan otak dalam memproses informasi. Vitamin B6 secara alami bisa diperoleh dari telur, wortel, dan ikan tuna. 

5. Vitamin B12

Asupan vitamin B12 sangat penting untuk melindungi otak dari kerusakan saraf. Vitamin ini juga bisa bantu tingkatkan daya ingat dan mengurangi risiko penurunan fungsi mental. Sebab, vitamin B12 dapat merangsang produksi mielin, yaitu zat lemak yang dapat melapisi serabut saraf otak dan sumsum tulang belakang. 

Baca juga: Ini 7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin Saat Puasa

6. Vitamin B9

Memiliki nama lain “asam folat”, vitamin B9 bermanfaat dalam membantu produksi sel darah merah dalam tubuh dan melancarkan suplai oksigen ke otak. Hal inilah yang membuat vitamin ini bisa bantu tingkatkan daya ingat. 

7. Asam Lemak Omega-3

Salah satu nutrisi penting untuk perkembangan otak adalah asam lemak omega-3. Asupan asam lemak omega-3 dari sumber alami seperti ikan dan minyak sayur diyakini bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Asam lemak omega-3 juga banyak dijumpai dalam produk suplemen, seperti suplemen minyak ikan. 

Itulah beberapa vitamin dan suplemen yang bisa bantu tingkatkan daya ingat. Mengonsumsi produk suplemen untuk otak memang bisa menjadi solusi bagi mereka yang tidak bisa memenuhi asupan nutrisi dari makanan sehari-hari. Namun, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum rutin mengonsumsi produk suplemen apapun. Hal ini agar kamu bisa mendapatkan saran dosis yang tepat dan aman.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Brain Vitamins: Can Vitamins Boost Memory? 
Scientific American. Diakses pada 2020. A Safe Drug to Boost Brainpower.
WebMD. Diakses pada 2020. Fortifying Your Memory With Suplement.