Ini 7 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
tanda tubuh kekurangan vitamin, kurang vitamin saat puasa

Halodoc, Jakarta - Vitamin memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu membantu proses dan pengaturan kegiatan tubuh. Kekurangan vitamin juga berpotensi dialami oleh orang-orang yang menjalani ibadah puasa. Ketika seseorang kekurangan vitamin akan berpengaruh besar pada keseimbangan tubuh dan bisa jadi tubuh akan berisiko mudah terserang bermacam-macam penyakit. Kamu akan mengalami beberapa gejala di bawah ini jika tubuh kamu kekurangan vitamin.

Baca juga: 4 Masalah Kesehatan Umum Saat Puasa

  • Rambut Rontok

Jika kamu kekurangan vitamin B7, otomatis akan membuat rambutmu sering rontok. Walaupun kamu sudah menggunakan shampo dan kondisioner dengan teratur. Jika hal ini terjadi, berarti kamu benar-benar membutuhkan asupan makanan yang mengandung vitamin B7 seperti pisang, kentang, dan kacang-kacangan.

  • Sering Kram

Kram merupakan tanda kalau kamu sedang kekurangan kalsium, magnesium, dan kalium. Hal ini biasanya akan terjadi secara otomatis jika kamu terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, seperti olahraga. Karena keringat yang kamu keluarkan sama dengan pengurangan mineral dalam tubuh. Untuk itu, kamu butuh menyeimbangkan tubuh dengan mengonsumsi kacang-kacangan, labu, pisang, dan apel.

  • Mengalami Infeksi atau Peradangan

Periodontitis merupakan peradangan gusi serius yang melibatkan penghancuran jaringan lunak dan tulang pendukung gigi. Untuk itu, kamu membutuhkan makanan yang kaya akan zat fosfor dan vitamin D yang sangat penting untuk kesehatan gigi seperti susu, beras merah, tomat, kacang, ikan, jeruk, dan anggur.

  • Muncul Ruam pada Wajah

Kurangnya vitamin B7 dapat menyebabkan ruam pada wajah. Jika kamu merasa tidak ada yang salah dengan produk wajah, tetapi tetap muncul ruam pada wajah, ini menandakan kalau tubuh kamu kekurangan vitamin. Untuk itu, kamu bisa perbanyak konsumsi bayam, telur rebus, kembang kol, jamur, kentang, dan keju.

Baca juga: 5 Penyebab Munculnya Keluhan Sakit Saat Puasa

  • Mengalami Mati Rasa

Seseorang yang mengalami hal ini berarti mereka tengah mengalami kekurangan vitamin B6, B12, dan B9. Vitamin tersebut berfungsi untuk memproduksi sel darah sehat yang dibutuhkan untuk mengangkut oksigen ke sel darah. Kamu bisa mengonsumsi makanan seperti makanan laut, unggas, jeruk, dan kacang akan baik bagi peredaran sel darahmu untuk melancarkan peredaran sel darah.

  • Adanya Benjolan pada Tangan dan Pinggul

Benjolan ini akan otomatis muncul ketika kamu kekurangan vitamin A, D, dan asam lemak. Untuk itu, kamu bisa lebih banyak mengonsumsi wortel, salmon dan kacang untuk menambah kadar vitamin A dalam tubuh.

  • Bola Mata Bagian Putih Menjadi Warna Kuning

Kurangnya vitamin B12 juga bisa menjadi salah satu penyebab bola mata bagian putih menjadi warna kuning. Jika kondisi ini terjadi, ini tandanya kamu butuh mengonsumsi lebih banyak hati ayam, susu, salmon, tuna, dan daging kambing untuk mengembalikan warna putih pada bagian bola mata kamu.

Baca juga: Datang Mendadak, Kenapa Kepala Pusing Saat Puasa?

Kalau kamu tidak segera menyadarinya, bisa jadi tubuhmu terkena berbagai penyakit. Kondisi ini tentu akan membuatmu susah sendiri, apalagi jika kamu mengalaminya saat sedang berpuasa. Hal ini tentu saja masih bisa dicegah dengan istirahat, olahraga teratur, dan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi. Ketiga hal ini seharusnya jadi rutinitas yang tidak boleh kamu lewatkan agar puasa kamu lancar dan nyaman.

Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Enggak hanya itu, kamu juga bisa membeli obat yang sedang kamu butuhkan. Tanpa perlu repot, pesanan kamu akan diantar ke tempat tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!