8 Cara Diet Cepat untuk Bantu Turunkan Berat Badan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Februari 2024

“Ada beberapa cara diet yang dapat kamu lakukan untuk cepat menurunkan berat badan. Salah satunya adalah sarapan berprotein tinggi agar dapat mengurangi rasa lapar.”

8 Cara Diet Cepat untuk Bantu Turunkan Berat Badan8 Cara Diet Cepat untuk Bantu Turunkan Berat Badan

DAFTAR ISI

  1. Cara Diet yang Cepat Turunkan Berat Badan
  2. Hal Lain yang Juga Perlu Dilakukan
  3. Rekomendasi Dokter Gizi di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Menjaga berat badan agar tetap ideal merupakan salah satu pola hidup sehat yang perlu diterapkan. Terdapat beberapa cara untuk mewujudkannya, salah satunya adalah menjalani cara diet cepat. 

Jika saat ini kamu sedang mempertimbangkan diet untuk menurunkan berat badan, tentu kamu harus mengetahui bagaimana cara diet yang cepat dan sehat. Penasaran bagaimana? Yuk, simak ulasannya di sini!

Cara Diet yang Cepat Turunkan Berat Badan

Sebelum memulai diet, kamu perlu menghitung indeks massa tubuh terlebih dahulu.

Tujuannya agar kamu tahu berapa banyak berat badan yang harus diturunkan untuk mencapai berat badan yang ideal.

Selanjutnya, ada beberapa cara diet yang dapat kamu lakukan, antara lain: 

  1. Sarapan berprotein tinggi. Makanan dengan kandungan protein tinggi dapat membantu mengurangi rasa lapar, sehingga kamu dapat mengurangi asupan kalori dengan efektif.
  2. Makan secara teratur. Pastikan untuk mengonsumsi makanan dengan menu bergizi seimbang tiga kali sehari secara teratur. Sebab, makan pada waktu yang teratur dapat membantu membakar kalori lebih cepat. Hal ini juga dapat mengurangi godaan untuk mengemil makanan tinggi lemak dan gula.
  3. Membatasi minuman manis. Kalori kosong dari gula tidak berguna bagi tubuh. Selain itu, asupan gula yang berlebih dapat menjadi penumpukan lemak pada tubuh.
  4. Konsumsi makanan tinggi serat. Serat dapat mempercepat penurunan berat badan. Hal ini lantaran makanan berserat dapat membuat perut kenyang lebih lama. Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi makanan tinggi serat seperti buah dan sayuran.
  5. Makan secara perlahan. Kebiasaan ini dapat membuat kamu merasa lebih kenyang, sekaligus meningkatkan produksi hormon penurun berat badan. Hindari makan terlalu cepat karena dapat menyebabkan peningkatan berat badan.
  6. Pastikan tidur cukup. Pasalnya, kurang tidur merupakan salah satu pemicu terbesar akan kenaikan berat badan.
  7. Konsumsi teh atau kopi. Kandungan kafein dalam teh atau kopi diketahui dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya, dan hindari menambahkan gula ke dalam minuman tersebut.
  8. Rutin berolahraga. Selain menjaga asupan makanan untuk mengurangi kalori, berolahraga secara rutin juga perlu dilakukan. Sebab, olahraga dapat membantu membakar kelebihan kalori yang tidak dapat hilang melalui diet. Menariknya lagi, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan kebugaran dan daya tahan tubuh.

Hal Lain yang Juga Perlu Dilakukan

Selain beberapa cara sebelumnya, ada hal lain yang juga kamu perlu lakukan agar diet dapat berjalan secara efektif, salah satunya adalah minum lebih banyak air putih.

Ini karena air putih diketahui dapat menekan nafsu makan, meningkatkan metabolisme, sekaligus membantu mengurangi asupan kalori cair. 

Itulah beberapa cara diet cepat dan sehat untuk menurunkan berat badan.

Jika masih bingung terkait diet yang cocok untuk kamu,, Rekomendasi Ini Dokter yang Bisa Bantu Program Diet yang Tepat.

Di samping itu, pastikan selama diet nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dengan baik. Maka, konsumsilah makanan sehat sekaligus suplemen kesehatan. 

Jika saat ini kamu membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek.

Rekomendasi Dokter Gizi di Halodoc

Apabila kamu butuh saran untuk melakukan penurunan berat badan yang cepat dan pastinya lebih aman, kamu juga bisa hubungi dokter gizi di Halodoc. 

Dokter juga mungkin bisa memberikan meal plan yang sesuai untukmu dan saran lain yang mungkin kamu butuhkan sesuai dengan kondisi kesehatanmu. 

Nah, berikut beberapa dokter gizi yang sudah berpengalaman yang bisa kamu hubungi. 

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline. Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Kamu juga bisa cek berat badan ideal kamu di Halodoc menggunakan kalkulator BMI dengan klik gambar di bawah ini.

banner cek bmi
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Want to Lose Weight Fast? These Science-Backed Tips Can Help You Lose Weight Sustainably. 
NHS. Diakses pada 2022. 12 tips to help you lose weight. 
Johns Hopkins University. Diakses pada 2022. Yes, drinking more water may help you lose weight.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan