• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Rekomendasi Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 8 Rekomendasi Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan

8 Rekomendasi Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 19 Desember 2022

“Radang tenggorokan adalah gangguan yang bisa dipicu oleh virus dan bakteri. Gejala berupa nyeri dan sakit saat menelan dapat diatasi dengan kandungan dalam buah delima, pisang, alpukat dan lemon.”

8 Rekomendasi Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan8 Rekomendasi Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan

Halodoc, Jakarta – Radang tenggorokan atau faringitis adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri, gatal dan rasa sakit saat menelan. Gangguan ini disebabkan oleh virus, seperti Influenza, Rhinovirus dan Epstein-Barr.

Radang tenggorokan juga bisa dipicu oleh infeksi bakteri Streptococcus grup A. Penyakit yang disebutkan barusan disebabkan oleh bakteri biasanya berlangsung lebih dari seminggu dan membutuhkan pengobatan dari antibiotik.

Gejala yang dialami oleh pengidap biasanya baru akan muncul 2 hingga 5 hari setelah terinfeksi. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti delima, pisang, alpukat, pepaya dan lemon.

Mengonsumsi Buah untuk Radang Tenggorokan

1. Delima

Buah delima mengandung kalsium, kalium, fosfor, asam folat, zat besi, protein, dan vitamin C, B kompleks serta K. Guna membantu memulihkan gejala radang tenggorokan, disarankan untuk mengonsumsinya 3 kali dalam seminggu.

2. Pisang

Buah untuk radang tenggorokan selanjutnya adalah pisang. Di dalamnya mengandung serat, kalsium, fosfor, protein, lemak dan energi. Buah ini juga bertekstur lembut, sehingga lebih mudah ditelan.

3. Alpukat

Alpukat mengandung folat, kalium, zat besi dan vitamin C, K, E serta B6. Kombinasi dari nutrisi yang disebutkan bersifat antiperadangan. Dengan begitu, gejala berupa rasa nyeri, batuk, suara serak dan gatal tenggorokan bisa diatasi.

4. Naga

Buah naga mengandung antioksidan yang dapat mengusir sekaligus menetralkan radikal bebas dari dalam tubuh. Zat tersebut menyebabkan kerusakan sel yang dapat memicu peradangan, termasuk radang tenggorokan.

Di dalam buah naga mengandung antioksidan yang kuat, seperti vitamin C, betalains dan karotenoid, yakni beta-karoten serta likopen. Nutrisi yang terkandung di dalam buah ini efektif mempercepat proses penyembuhan penyakit.

5. Pepaya

Buah pepaya mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu mengurangi gejala peradangan pada tubuh. Manfaatnya juga dibantu oleh nutrisi berupa vitamin C, serat, kalsium, folat, potasium dan magnesium.

6. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang kuat. Gabungan dari kedua nutrisi tersebut efektif menurunkan gejala peradangan pada tubuh. Guna melegakan tenggorokan, disarankan untuk mencampur lemon dengan air hangat dan madu.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis bersifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi radang tenggorokan akibat bakteri. Namun, tidak disarankan mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Sebab, tingkat keasaman yang tinggi berpotensi merusak email gigi. Juga, memicu peningkatan asam lambung bagi pengidap maag dan GERD.

8. Nanas

Buah untuk radang tenggorokan ini mengandung enzim bromelain, yakni senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri akibat radang tenggorokan. Di dalamnya juga terdapat antioksidan dan vitamin C yang efektif menangkal radikal bebas penyebab peradangan dalam tubuh.

Jika buah-buahan di atas tidak mampu mengatasi gejala yang muncul, silakan buat janji rumah sakit untuk melakukan pengobatan.  Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Foods to eat and drink with a sore throat.
Healthline. Diakses pada 2022. What to Eat and Drink When You Have a Sore Throat.