8 Rekomendasi Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Desember 2022

”Ada beberapa rekomendasi buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk atasi radang tenggorokan. Antara lain jeruk nipis, lemon, delima, nanas, dan pepaya."

8 Rekomendasi Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan8 Rekomendasi Buah untuk Atasi Radang Tenggorokan

Halodoc, Jakarta – Radang tenggorokan atau faringitis adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri, gatal dan rasa sakit saat menelan. Gangguan ini terjadi karena virus, seperti Influenza, Rhinovirus dan Epstein-Barr.

Radang tenggorokan juga dapat terjadi akibat infeksi bakteri Streptococcus grup A. Penyakit yang terjadi akibat bakteri biasanya berlangsung lebih dari seminggu dan membutuhkan pengobatan dari antibiotik.

Gejala yang dialami oleh pengidap biasanya baru akan muncul 2 hingga 5 hari setelah terinfeksi. Kondisi ini dapat kamu atasi dengan mengonsumsi buah-buahan, seperti delima, pisang, alpukat, pepaya dan lemon.

Mengonsumsi Buah untuk Radang Tenggorokan

Berikut ini beberapa jenis buah-buahan yang dapat kamu konsumsi saat mengalami radang tenggorokan.

1. Delima

Buah delima mengandung kalsium, kalium, fosfor, asam folat, zat besi, protein, dan vitamin C, B kompleks serta K. Guna membantu memulihkan gejala radang tenggorokan, disarankan untuk mengonsumsinya 3 kali dalam seminggu.

2. Pisang

Buah untuk radang tenggorokan selanjutnya adalah pisang. Di dalamnya mengandung serat, kalsium, fosfor, protein, lemak dan energi. Buah ini juga bertekstur lembut, sehingga kamu lebih mudah menelannya.

Baca juga: 4 Ciri-Ciri Radang Tenggorokan yang Perlu Diwaspadai

3. Alpukat

Alpukat mengandung folat, kalium, zat besi dan vitamin C, K, E serta B6. Kombinasi dari nutrisi tersebut bersifat antiperadangan. Dengan begitu, gejala berupa rasa nyeri, batuk, suara serak dan gatal tenggorokan bisa teratasi.

4. Naga

Buah naga mengandung antioksidan yang dapat mengusir sekaligus menetralkan radikal bebas dari dalam tubuh. Zat tersebut menyebabkan kerusakan sel yang dapat memicu peradangan, termasuk radang tenggorokan.

Di dalam buah naga mengandung antioksidan yang kuat, seperti vitamin C, betalains dan karotenoid, yakni beta-karoten serta likopen. Nutrisi yang terkandung di dalam buah ini efektif mempercepat proses penyembuhan penyakit.

Baca juga: Catat, Ini 7 Cara Meredakan Radang Tenggorokan Secara Alami

5. Pepaya

Buah pepaya mengandung tinggi antioksidan yang dapat membantu mengurangi gejala peradangan pada tubuh. Manfaatnya juga dibantu oleh nutrisi berupa vitamin C, serat, kalsium, folat, potasium dan magnesium.

6. Lemon

Lemon kaya akan vitamin C dan antioksidan yang kuat. Gabungan dari kedua nutrisi tersebut efektif menurunkan gejala peradangan pada tubuh. Guna melegakan tenggorokan, sebaiknya kamu mencampur lemon dengan air hangat dan madu.

7. Jeruk Nipis

Jeruk nipis bersifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi radang tenggorokan akibat bakteri. Namun, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

Sebab, tingkat keasaman yang tinggi berpotensi merusak email gigi. Juga, memicu peningkatan asam lambung bagi pengidap maag dan GERD.

8. Nanas

Buah untuk radang tenggorokan ini mengandung enzim bromelain, yakni senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri akibat radang tenggorokan. Di dalamnya, terdapat antioksidan dan vitamin C yang efektif menangkal radikal bebas penyebab peradangan dalam tubuh.

Jika buah-buahan di atas tidak mampu mengatasi gejala yang muncul, hubungi saja dokter melalui Halodoc. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan saran penanganan yang tepat. Klik gambar ini untuk berbicara dengan dokter sekarang:

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Foods to eat and drink with a sore throat.
Healthline. Diakses pada 2022. What to Eat and Drink When You Have a Sore Throat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan