8 Tanda Red Flag yang Ada pada Hubungan yang Perlu Diwaspadai

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Oktober 2023

“Red flag dalam suatu hubungan menjadi tanda yang sangat jelas untuk segera menyudahinya. Sebab, memaksa untuk melanjutkan hubungan tidak sehat tersebut justru bisa menyiksa batin maupun fisik.”

8 Tanda Red Flag yang Ada pada Hubungan yang Perlu Diwaspadai8 Tanda Red Flag yang Ada pada Hubungan yang Perlu Diwaspadai

Halodoc, Jakarta – Dalam olahraga, bendera merah atau red flag berkibar saat ada pelanggaran atau kondisi tidak memungkinkan untuk melanjutkan pertandingan. Kemudian, istilah red flags ini berkembang dalam berbagai konteks, tak terkecuali dunia asmara atau percintaan. 

Dalam hubungan, red flag artinya bahaya yang menjadi alasan bagi seseorang untuk meninggalkan pasangannya. Mudahnya, hubungan tersebut kemungkinan sudah tidak sehat atau berjalan ke arah yang negatif sehingga lebih baik untuk menyudahinya.

Tanda Red Flag dalam Hubungan

Tak semua orang peka terhadap red flag dalam hubungan asmara mereka. Kebanyakan telah buta karena cinta sehingga mengabaikan berbagai hal negatif yang dilakukan oleh pasangan. 

Lantas, hal apa saja yang masuk dalam kategori red flags? Berikut tanda-tanda yang patut kamu waspadai:

1. Melakukan kekerasan

Hati-hati jika pasanganmu terbiasa melakukan kekerasan terhadap hewan, orang asing atau bahkan orang terdekat. Sebab, ini menjadi pertanda bahwa pasangan tidak bisa menyalurkan emosi dengan cara yang tepat. Dalam beberapa kasus, hal tersebut juga mengindikasikan bahwa mereka kurang empati terhadap orang lain

2. Sering cemburu dan tidak percaya

Cemburu dalam suatu hubungan adalah hal wajar. Namun, menjadi tidak wajar jika kecemburuan terjadi terus-menerus. Mulanya, kamu mungkin merasa pasangan amat perhatian dengan rasa cemburunya. 

Lama-kelamaan, rasa perhatian ini justru akan membuat kamu terbebani hingga mengganggu hubungan kamu dengan orang lain. Jika kamu Sering Cemburuan dengan Pasangan, Ini Cara Mengatasinya.

3. Punya riwayat berselingkuh

Hubungan yang berhasil membutuhkan rasa percaya satu sama lain. Namun, kamu sebaiknya berhati-hati jika pasangan memiliki riwayat perselingkuhan. Walaupun kelihatannya telah berubah, tanyakan pada diri sendiri apakah kamu nyaman bersama orang yang dulunya pernah berselingkuh?

Beberapa orang mungkin tidak terganggu dengan hal ini. Jika kenyataannya kamu terganggu, hal ini bisa mengusik rasa kepercayaan kamu terhadap dirinya selama hubungan ini terus berlangsung.

4. Suka mengontrol menjadi tanda red flag pada hubungan

Tanda red flag selanjutnya adalah suka mengontrol. Apakah pasangan kamu suka mengatur semua yang kamu lakukan? Misalnya, selalu mengatur kemana kamu harus pergi, bertemu dengan siapa hingga mencampuri urusan finansial.  

Jika iya, artinya ada red flags dalam hubungan kamu. Orang yang suka mengontrol atau mengendalikan orang lain kemungkinan punya masalah pribadi mendalam yang perlu segera menemukan solusinya. 

Sebaiknya, jangan menghabiskan waktu dengan orang seperti itu dan segera tinggalkan jika tidak mau tersiksa.

5. Selalu membicarakan mantan

Membicarakan masa lalu satu sama lain sebenarnya hal biasa dalam suatu hubungan. Namun, kalau pasanganmu sering membicarakan mantannya, sebaiknya tinggalkan saja. 

Apalagi jika bahasa yang ia gunakan seolah-olah sedih atau senang. Bisa jadi pasangan belum sempat move on dari masa lalu. Daripada lelah makan hati, lebih baik segera akhiri. 

Sebab, tipe orang seperti ini tidak akan bisa menghormati hubungannya dan pasangan mereka. Pada akhirnya, hubungan ini hanya menyakitimu.

6. Tidak ada keintiman emosional

Salah satu bagian terbaik dari hubungan romantis adalah terhubung secara emosional. Namun, ini menjadi red flag jika pasangan tidak menunjukkan minat untuk membuka diri dan membentuk ikatan. Jadi, kamu seperti sedang berjuang sendirian.

7. Gaslighting adalah tanda red flag

Gaslighting adalah keadaan ketika seseorang mengatakan atau melakukan sesuatu yang membuat orang lain ragu terhadap dirinya sendiri. Ciri khas orang yang gaslighting yaitu suka bohong. 

Selain itu, mereka juga suka memutarbalikkan fakta, menuduh atau bereaksi yang berlebihan, dan menggunakan taktik manipulatif lain supaya kamu merasa bersalah. Hal ini termasuk pelecehan emosional yang bisa mengganggu kondisi mental.

Lebih lengkapnya bisa kamu baca dari artikel → Waspada, Ini 6 Perilaku Gaslighting yang Bisa Ditunjukkan Pasangan.

8. Breadcrumbing

Tak banyak yang tahu tentang istilah yang masuk dalam red flag ini. Breadcrumbing mungkin mirip seperti hubungan yang menggantung. Breadcrumber suka menggoda orang yang mereka sukai meski tidak punya keinginan untuk berhubungan lebih lanjut.

Ciri-ciri orang seperti ini yaitu suka melemparkan perhatian, seperti sering mengirim pesan, memberi likes pada foto yang bahkan diunggah dari satu tahun lalu atau sering mengomentari unggahan kamu. 

Ketika target memberi perhatian balik atau menunjukan ketertarikan, mereka akan kembali ke polanya. Yaitu, menghilang atau bertindak seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Jika kamu berada dalam siklus ini, sebaiknya tidak usah menanggapi. 

Sudah sepantasnya kamu memiliki hubungan asmara yang sehat dengan pasangan. Jadi, kamu Wajib Tahu, Ini 7 Tanda Relationship yang Tidak Sehat.

Jika kamu atau pasangan punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, chat dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk!

Referensi:
Verywell Mind. Diakses pada 2022. 13 Red Flags in Relationships.
Self. Diakses pada 2022. 17 Relationship Red Flags You Should Never Ignore, According to Therapists.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan