• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Makanan Terbaik untuk Perkembangan Otak Anak

9 Makanan Terbaik untuk Perkembangan Otak Anak

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Setiap orangtua pasti ingin yang terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Bagi orangtua yang mampu, mereka tidak masalah merogoh kocek yang lebih untuk membelikan aneka vitamin dan makanan sehat agar anak tumbuh dengan otak yang cerdas. Padahal, makanan sehat bergizi seimbang guna menunjang perkembangan otak anak tidak harus selalu mahal. Berikut ini sejumlah makanan untuk perkembangan otak anak:

Baca juga: Mitos dan Fakta Tentang Makanan Pembesar Mr. P

1.Sayuran

Sayur, seperti bayam, wortel, kentang, dan brokoli mengandung vitamin, karbohidrat, dan antioksidan yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir anak. Jika dikonsumsi secara rutin, ia akan lebih cepat mengingat dan menyimpan memori tersebut dalam otaknya lebih lama.

2.Susu

Susu kaya akan protein, kalsium, kalium, dan vitamin D yang bagus untuk pertumbuhan tulang, sistem saraf, otot tubuh, serta menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Susu juga mengandung karbohidrat yang mampu mengurangi rasa lapar. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi susu secara rutin, minimal dua kali sehari.

3.Telur

Kuning telur memiliki kandungan protein yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan otak anak. Telur juga mengandung kolin yang mampu menajamkan daya ingat.

4.Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung vitamin A, D, K, dan E yang mampu meningkatkan daya nalar anak. Ikan ini mengandung lemak tinggi, yang mudah dibakar oleh tubuh Si Kecil.

Baca juga: Gula Pasir dengan Gula Cair, Manakah yang Lebih Berbahaya?

5.Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung protein yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Jika dikonsumsi secara rutin, kemampuan berpikirnya akan meningkat, serta daya ingatnya menjadi lebih tajam.

6.Gandum

Gandum menjadi makanan untuk perkembangan otak anak selanjutnya. Di dalamnya mengandung vitamin A, E, B6, saponin, kalsium, zat besi, dan mineral yang mampu meningkatkan kinerja otak Si Kecil. Gandum juga memiliki kandungan rendah lemak dan tinggi serat.

7.Alpukat

Alpukat mengandung lemak baik sebagai sumber energi guna menunjang aktivitas sehari-hari. Bukan itu saja, alpukat juga mengandung serat dan vitamin E yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Jika bosan makan nasi, ibu bisa memberikan alpukat sebagai makanan pengganti.

8.Daging 

Daging menjadi salah satu makanan untuk perkembangan otak anak yang juga baik bagi pertumbuhan tulang dalam tubuh. Ibu disarankan untuk memberikan asupan daging yang cukup agar pertumbuhan tubuhnya lebih baik. Jangan lupa untuk memilih daging yang masih segar dan batasi juga penggunaannya agar Si Kecil tidak terserang kolesterol.

9.Pisang

Pisang merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti magnesium, fosfor, belerang, kalsium, dan kalium. Jenis pisang yang dapat menunjang perkembangan otak anak adalah pisang hijau, pisang raja, dan pisang kepok.

Baca juga: Khas Timur Tengah, Ini Manfaat Hummus untuk Kesehatan

Itulah sejumlah makanan untuk perkembangan otak anak. Makanan sehat tidak harus mahal. Hal yang terpenting adalah, ibu memberikannya secara rutin dengan takaran yang pas. Jika ibu ingin menunjang perkembangan otak anak dengan multivitamin tambahan, silahkan download aplikasi Halodoc dan gunakan fitur “beli obat” di dalamnya, ya.

Referensi:
Motherly. Diakses pada 2021. 10 key foods to build your baby’s brain development.
WebMD. Diakses pada 2021. 7 Brain Foods for Kids.
Health Harvard. Diakses pada 2021. The crucial brain foods all children need.