• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Khas Timur Tengah, Ini Manfaat Hummus untuk Kesehatan

Khas Timur Tengah, Ini Manfaat Hummus untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Hummus adalah makanan khas Timur Tengah yang dikenal memiliki cita rasa khas. Namun tahukah kamu, selain rasanya yang nikmat, sepiring hummus ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hummus juga dibuat dengan menggunakan bahan-bahan masakan yang baik untuk tubuh, seperti minyak zaitun, bawang putih, serta wijen. 

Hummus disajikan sebagai selai, biasanya memiliki tekstur yang lembut hingga sedikit kasar. Biasanya hal itu tergantung pada selera orang yang mengonsumsinya. Ada beragam nutrisi yang terkandung dalam sajian ini, mulai dari protein, serat, karbohidrat, lemak, mangan, folat, magnesium, fosfor, zat besi, zink, vitamin B6, serta potasium. Hummus masuk dalam kategori makanan yang banyak mengandung protein.

Baca juga: Hummus, Makanan Sehat Khas Timur Tengah

Manfaat Sehat Konsumsi Hummus 

Oleh karena memiliki banyak kandungan nutrisi, mengonsumsi hummus bisa memberi manfaat sehat untuk tubuh. Apa saja? 

1.Mencegah dan Mengatasi Peradangan 

Kandungan nutrisi yang ada dalam hummus disebut bisa membantu mencegah dan mengatasi peradangan. Salah satu kandungan yang berperan dalam hal ini adalah kandungan antioksidan dalam minyak zaitun. Selain itu, wijen yang terdapat dalam hummus juga bisa membantu menurunkan tanda-tanda inflamasi. 

2.Menjaga Kesehatan Pencernaan 

Konsumsi hummus ternyata bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Hal itu terjadi berkat kandungan serat dalam bahan-bahan hummus. Mengonsumsi makanan ini disebut bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah buang air besar. 

3.Menjaga Kesehatan Jantung

Hummus ternyata juga bisa membantu menurunkan risiko seseorang mengalami serangan jantung. Sebab, chickpea atau kacang Arab yang ada dalam makanan ini disebut bisa menjaga kesehatan jantung karena memiliki kadar kolesterol jahat atau LDL yang rendah. Tidak hanya itu, hummus juga terbuat dari minyak zaitun yang memiliki kandungan lemak sehat, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: 6 Rekomendasi Camilan untuk yang Sedang Diet

4.Berat Badan Terjaga 

Doyan makan tapi takut berat badan naik? Tidak perlu khawatir jika yang dimakan hummus. Sebab, hummus sering dijadikan olesan pilihan saat seseorang tengah menjalani diet. Mengonsumsi hummus disebut bisa membantu menjaga berat badan ideal serta menghindari risiko terjadinya obesitas alias kelebihan berat badan. 

Selain itu, konsumsi hummus juga membuat indeks massa tubuh dan ukuran lingkar pinggang menjadi lebih ramping. Hummus juga kaya akan kandungan serat, sehingga bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan biasanya akan lebih terkendali dan kemungkinan makan berlebihan bisa dicegah. 

5.Aman bagi Pengidap Alergi 

Beberapa orang yang mengidap alergi makanan atau intoleransi terhadap kandungan tertentu tidak perlu khawatir. Meski memiliki alergi terhadap gluten, tetapi kacang-kacangan, atau produk susu, hummus bisa menjadi pilihan makanan untuk dikonsumsi. Sebab, hummus tidak memiliki kandungan kacang, susu, maupun gluten. Akan tetapi, ada baiknya untuk selalu memperhatikan apa saja kandungan yang ada dalam hummus, terutama jenis hummus yang dijual dalam kemasan. Sebab, bisa jadi ada tambahan zat tertentu yang mungkin memicu reaksi alergi muncul. 

Baca juga: Cicip Bubur Kacang Hijau, Ini Manfaatnya

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter kapan dan di mana saja melalui Video/Voice Call dan Chat. Sampaikan keluhan kesehatan yang dialami dan dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Is Hummus Healthy? 8 Great Reasons to Eat More Hummus
WebMD. Diakses pada 2020. Hummus: The Healthy Dip