9 Manfaat Echinacea bagi Kesehatan Tubuh yang Tak Banyak Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 September 2023

“Echinacea adalah tanaman yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Cara menggunakannya bervariasi, tergantung pada jenis produk masing-masing.”

9 Manfaat Echinacea bagi Kesehatan Tubuh yang Tak Banyak Diketahui9 Manfaat Echinacea bagi Kesehatan Tubuh yang Tak Banyak Diketahui

Halodoc, Jakarta – Echinacea adalah tanaman yang populer dan telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara dan populer sebagai pilihan herbal alternatif untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan dalam tanaman herbal ini bekerja dengan meningkatkan aktivitas sel-sel kekebalan seperti sel darah putih. Sel tersebut lalu meningkatkan produksi antibodi yang membantu tubuh melawan infeksi.

Apa Saja Manfaat Echinacea?

Penggunaan Echinacea umumnya sebagai suplemen herbal untuk mengatasi sekaligus mencegah infeksi pernapasan, seperti pilek dan flu. Ekstrak dari akar, batang, daun, dan bunganya mengandung senyawa aktif.

Ada tiga jenis zat aktif utama yang terdapat dalam tanaman herbal ini, yaitu flavonoid, polisakarida, dan asam fenolat. Ketiganya memiliki sifat antimikroba, antiinflamasi, dan imunomodulator.

Selain itu, tumbuhan ini juga memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan. Secara keseluruhan, echinacea menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Masyarakat zaman dahulu telah menggunakan tanaman echinacea secara tradisional untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tanaman ini dapat merangsang produksi sel-sel kekebalan, seperti makrofag dan sel limfosit yang membantu tubuh melawan infeksi.

2. Meredakan gejala pilek dan flu

Selain itu, tanaman ini juga kerap menjadi pilihan pengobatan flu alami. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tumbuhan ini dapat mengurangi durasi dan keparahan gejala flu seperti hidung tersumbat, batuk, dan sakit tenggorokan.

Selain echinacea, kamu juga bisa menggunakan obat herbal lain untuk meringankan flu. Rekomendasi obat alami tersebut bisa kamu baca pada artikel 5 Obat Flu Alami yang Bisa Bantu Percepat Penyembuhan.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Echinacea memiliki sifat antiinflamasi dan mengaktifkan pertumbuhan sel dan jaringan, yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Tumbuhan ini efektif untuk menyembuhkan luka ringan, luka bakar, atau luka operasi.

4. Melawan infeksi saluran kemih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa echinacea dapat membantu melawan infeksi saluran kemih, seperti infeksi kandung kemih. Ini berkat efek antimikroba yang membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Studi dalam Complementary Therapies in Medicine menyebutkan bahwa mengonsumsi tanaman herbal ini dalam jangka pendek mengurangi risiko terkena infeksi saluran pernapasan atas hingga 22 persen

5. Menyediakan antioksidan

Tanaman herbal ini mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan asam fenolat. Kandungan tersebut bekerja dengan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang terjadi karena radikal bebas.

Senyawa antioksidan dalam echinacea juga memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Kandungan tersebut melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas, menjaga kulit tetap sehat, dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan.

Kamu juga bisa ketahui apa saja 7 Manfaat Antioksidan untuk Kesehatan Kulit.

6. Meredakan peradangan dan alergi

Selain itu, echinacea juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh. Hal ini tentu sangat bermanfaat dalam mengurangi gejala peradangan kronis, seperti arthritis.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa tanaman herbal ini dapat membantu mengurangi gejala alergi, seperti pilek alergi atau asma alergi. Cara kerjanya dengan menghambat pelepasan histamin yang menyebabkan reaksi alergi.

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Studi dalam International Journal of Cosmetic Science menemukan bahwa produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak tanaman echinacea dapat meningkatkan hidrasi kulit dan mengurangi kerutan.

Selain itu, tanaman herbal ini juga telah digunakan dalam produk perawatan kulit karena sifat antiinflamasinya. Ekstrak dari tumbuhan ini dapat membantu meredakan peradangan pada kulit, seperti jerawat, eksim, atau psoriasis.

8. Menjaga kesehatan mulut

Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak tanaman obat ini dapat membantu memerangi infeksi dan peradangan pada gusi. Selain itu, manfaat lainnya termasuk meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan.

9. Membantu mengelola stres

Ahli menghubungkan echinacea dengan efek penurunan stres pada tubuh. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman satu ini dapat membantu mengurangi gejala stres, seperti kecemasan dan kelelahan.

Itu tadi beberapa manfaat tanaman echinacea untuk kesehatan. Selain echinacea, kamu juga sebaiknya memiliki tanaman obat lain di rumah. Ketahui rekomendasinya melalui artikel Ini 13 Tanaman Obat yang Sebaiknya Ada di Rumah.

Tanaman ini bisa kamu konsumsi dalam bentuk teh, suplemen, maupun ekstraknya. Namun, pastikan kamu mengonsumsi masih dalam batas yang wajar. Sebab, asupan yang berlebihan dapat meningkatkan efek samping berupa masalah pencernaan, reaksi alergi, efek pada hormon, fungsi hati, masalah autoimun, dan interaksi obat. 

Supaya lebih aman, kamu bisa berdiskusi terlebih dahulu dengan dokter dari Halodoc. Terlebih jika kamu memiliki riwayat kesehatan tertentu atau sedang dalam pengobatan. Dapatkan saran penanganan yang tepat secara praktis kapan dan di mana saja dengan klik gambar berikut:

chat dengan dokter
Referensi:
National Institutes of Health. Diakses pada 2023. Echinacea.
Cancer Research UK. Diakses pada 2023. Echinacea.
Healthline. Diakses pada 2023. Echinacea: Benefits, Uses, Side Effects, and Dosage.
Complementary Therapies in Medicine. Diakses pada 2023. Echinacea for the prevention and treatment of upper respiratory tract infections: A systematic review and meta-analysis.
International Journal of Cosmetic Science. Diakses pada 2023. Skin improvement and stability of Echinacea purpurea dermatological formulations.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan