• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Adakah Hubungan Antara Iman dan Kesehatan Mental?

Adakah Hubungan Antara Iman dan Kesehatan Mental?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Kesehatan mental sudah mendapatkan perhatian lebih beberapa tahun belakangan dibandingkan berpuluh-puluh tahun lalu. Hal ini disebabkan banyak orang yang percaya mental dapat memengaruhi segala aspek kehidupan. Terlebih lagi selama masa pandemi ini, kamu mungkin lebih sulit untuk melepaskan rasa stres yang ditimbulkan oleh terlalu banyaknya beban pekerjaan.

Namun, banyak juga orang yang menghubungkan antara tingkat iman seseorang dengan terganggunya kesehatan mental. Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai kebenaran dari hubungan antara keduanya. Dengan begitu, setiap orang tidak salah untuk mengartikan semua hal harus berhubungan dengan tingkat keimanan. Baca ulasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Ini Manfaat Doodling untuk Kesehatan Mental

Fakta Terkait Hubungan Iman dengan Kesehatan Mental

Kesehatan mental memang sangat perlu untuk dijaga karena dapat menimbulkan gangguan yang berbahaya dalam jangka panjang. Hal ini mungkin terjadi akibat stres berat dalam waktu yang lama atau trauma akibat suatu kejadian. Pelecehan yang lebih umum terjadi pada wanita juga menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental. Maka dari itu, kamu harus tahu cara yang paling ampuh untuk mencegah atau mengatasi masalah tersebut.

Meski begitu, banyak orang yang percaya jika seseorang mengalami gangguan mental dapat disebabkan oleh tingkat imannya yang rendah. Benarkah hubungan dari kedua hal tersebut? Berikut pembahasannya.

Dalam beberapa dekade belakangan ini, para peneliti telah mulai mengeksplorasi dan mengakui adanya kontribusi positif yang dapat diberikan spiritualitas terhadap kesehatan mental. Beberapa orang yang telah melewati masa-masa sulit tersebut menyebutkan jika aktivitas spiritual dapat bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mental, penyakit mental, dan pemulihan.

Meski begitu, pengaruh dari segala hal yang berbau tingkat iman bukanlah satu-satunya yang dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Banyak faktor lainnya yang dapat membuat seseorang sulit untuk menghadapi tekanan yang berat sehingga mengalami depresi. Kamu dapat terus melakukan segala hal yang berhubungan dengan spiritual, tetapi berdiskusi dengan ahli medis juga penting agar masalah ini dapat segera teratasi.

Baca juga: Gangguan Kesehatan Mental yang Berbahaya Jika Tidak Diatasi

Disebutkan juga segala perbuatan yang berhubungan dengan tingkat spiritualitas dapat memberi manfaat untuk mengatasi gangguan stres pasca-trauma (PTSD). Ada tiga poin utama yang dapat dirasakan seseorang agar mentalnya lebih sehat pasca mengalami trauma. Pertama, meskipun tidak selalu, tetapi segala hal yang berbau agama dapat membuat seseorang kuat menghadapi trauma.

Kedua, pengalaman yang traumatis dapat membuat seseorang lebih mendalami agama. Poin yang terakhir adalah metode koping yang berhubungan dengan tingkat religius yang positif, keterbukaan beragama, dan kesiapan untuk menghadapi pertanyaan yang berhubungan dengan eksistensial, dapat bermanfaat untuk pemulihan pasca trauma yang lebih baik.

Meski begitu, tidak semua penelitian yang meneliti hubungan antara aktivitas spiritual atau religius dengan kesehatan mental selalu memberikan manfaat. Sebaliknya, semua hal ini tergantung dari cara seseorang untuk mengekspresikan kepercayaannya. Contohnya, peningkatan masalah kesehatan mental sering ditemukan pada seseorang yang memiliki pendidikan agama yang ketat.

Nah, sekarang kamu tahu jika tingkat keimanan seseorang memang dapat memberikan manfaat terhadap kesehatan mental. Meski begitu, hal tersebut bukan satu-satunya yang perlu dilakukan jika kamu mengalami gangguan mental. Pastikan juga untuk menemui ahli medis guna mengatasi masalah yang terjadi, agar gangguan yang ada lebih mudah untuk diatasi.

Baca juga: Inilah Mitos Seputar Kesehatan Mental yang Perlu Diketahui

Selain itu, kamu juga dapat bertanya pada psikolog atau psikiater dari Halodoc terkait beberapa cara yang efektif untuk menjaga kesehatan mental. Caranya mudah sekali, cukup dengan download Halodoc dan dapatkan kemudahan terkait akses kesehatan tanpa batas hanya melalui gadget!

Referensi:

Mental Health Foundation. Diakses pada 2020. The impact of spirituality on mental health.
Live Science. Diakses pada 2020. God Help Us? How Religion is Good (And Bad) For Mental Health.