Agar Tidak Grogi, Ini Tips Mempersiapkan Malam Pertama untuk Wanita

Ditinjau oleh  dr. Gabriella Florencia   07 Mei 2021
Agar Tidak Grogi, Ini Tips Mempersiapkan Malam Pertama untuk WanitaAgar Tidak Grogi, Ini Tips Mempersiapkan Malam Pertama untuk Wanita

Halodoc, Jakarta – Malam pertama tentu menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan yang baru saja menikah. Bukan hanya sekadar melakukan hubungan fisik sebagai suami istri, malam pertama juga menjadi salah satu tanda berawalnya kehidupan rumah tangga.

Namun, bagi para wanita, menghadapi malam pertama bisa menjadi hal yang menegangkan. Banyak mitos yang mengatakan hubungan intim untuk pertama kalinya terasa menyakitkan bagi wanita. Agar kamu enggak grogi, ini tips-tipsnya mempersiapkan malam pertama untuk wanita.  

  1. Melakukan Perawatan Diri

Menjelang hari pernikahan dan malam pertama, kamu sebagai calon pengantin wanita wajib melakukan perawatan kecantikan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Hal ini bertujuan agar kamu merasa lebih percaya diri untuk menghadapi malam pertama nanti. Perawatan diri yang perlu dilakukan sebagai persiapan malam pertama antara lain luluran untuk mencerahkan kulit tubuh, waxing, dan spa vagina untuk mengharumkan daerah kewanitaanmu. Tidak ada salahnya untuk bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk menjaga kesehatan daerah kewanitaan.

Baca juga: 3 Tips Mengharumkan Miss V

2. Siapkan Kamar Seromantis Mungkin

Kamar pengantin juga menjadi salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan untuk malam pertama. Rapikan tempat tidur dan pasang seprai berwarna merah, pink, atau putih, agar kamu dan pasangan bisa melakukan malam pertama dengan nyaman.

Kemudian, buatlah suasana kamar seromantis mungkin dengan menaburkan kelopak bunga mawar di atas tempat tidur dan redupkan lampu, yang berguna untuk meningkatkan mood dan gairah untuk menjalin kedekatan. Nah, tidak ada salahnya menggunakan wangi-wangian aromaterapi untuk membantu tubuh lebih rileks.

3. Cari Tahu Informasi Seputar Hubungan Intim

Dilansir dari Harvard Health Publishing, penting sekali untuk mempersiapkan diri dengan pengetahuan tentang seputar hubungan intim sebelum menikah. Dengan persiapan informasi yang cukup, tentu kamu lebih siap dan mengerti apa yang akan terjadi ketika berhubungan intim dengan pasangan.

Ada banyak yang bisa kamu cari tahu seputar berhubungan intim, misalnya bagaimana memuaskan pasangan, hal-hal yang perlu dilakukan saat berhubungan intim, atau hal yang dilakukan setelah kamu melakukan hubungan intim.

4. Kenali Seluk Beluk Tubuh Sendiri

Salah satu penyebab malam pertama bisa terasa menyakitkan karena biasanya wanita sulit terangsang. Karena itu, kamu perlu mengetahui seluk beluk tubuh sendiri dan menemukan titik-titik rangsangan yang dapat memberi kenikmatan tertinggi. Bimbinglah pasangan untuk merangsang titik- titik tersebut, sehingga proses penetrasi dapat berjalan mulus dan tidak menyakitkan.

Baca juga: Ketahui Manfaat Masturbasi untuk Wanita

5. Sediakan Pelumas

Malam pertama tidak pasti akan berjalan mulus dan tanpa hambatan. Walaupun mungkin kamu sudah berusaha untuk rileks dan menikmati rangsangan, tapi bisa saja vagina masih tetap kering.

Tidak ada salahnya untuk menyiapkan pelumas di dekat ranjang ketika kamu dan pasangan akan melakukan hubungan intim untuk memudahkan proses penetrasi. Namun jangan salah pilih pada pelumas yang akan digunakan, pilihlah yang berbahan dasar air untuk menghindari kamu dari kondisi iritasi atau alergi.

  1. Lakukan Saat Mental Kamu Siap

Berhubungan intim merupakan salah satu kegiatan yang seharusnya dapat berjalan dengan menyenangkan. Dilansir dari The Health Site, sebaiknya jangan merasa stres atau tertekan ketika kamu harus melakukan hubungan intim.

Penting sekali untuk mempersiapkan mental, fisik dan emosional yang tepat sebelum kamu berhubungan intim. Sebaiknya lakukan hubungan intim perlahan agar menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Baca juga: 5 Trik Foreplay Biar Sesi Hubungan Intim Lebih "Hot"

  1. Lakukan Secara Perlahan

Jika kamu dan pasangan memutuskan sudah memutuskan akan melakukan hubungan intim untuk yang pertama kali, sebaiknya lakukan kegiatan tersebut secara perlahan dan tidak terburu-buru. Jangan lewatkan lakukan foreplay bersama pasangan.

Foreplay merupakan salah satu hal yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan hubungan intim. Banyak cara yang bisa kamu lakukan sebagai foreplay, misalnya berpelukan secara intim, berciuman atau berkata mesra pada pasangan. Foreplay dapat digunakan sebagai pendekatan pada pasangan sebelum memulai hubungan intim. Dengan begitu, kamu terhindar dari kondisi grogi.

Jadi, melakukan beberapa tips di atas akan menghindarkan kamu dari rasa grogi mempersiapkan malam pertama. Ingat, jadikan momen ini agar semakin intim lagi dengan pasangan.

Referensi:
Health. Diakses pada 2019. 8 Women Share the Foreplay Moves That Always get Then in The Mood
Huffpost. Diakses pada 2019. 9 Things You Should Always Do Before Having Sex
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2019. 11 Ways To Help Yourself to a Better Sex Life

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan