• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alami Kecelakaan, Lakukan Pertolongan Pertama Ini

Alami Kecelakaan, Lakukan Pertolongan Pertama Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pertolongan pertama merupakan hal yang penting saat terjadi kecelakaan. Memberi pertolongan pertama segera bisa membantu menghindari dampak fatal dari sebuah kejadian. Ada banyak jenis kecelakaan yang bisa memicu banyak dampak pula. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui beragam pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat terjadi kecelakaan. 

Ada banyak kondisi yang bisa muncul akibat kecelakaan, di antaranya pendarahan, patah tulang, hilang kesadaran, bahkan henti jantung. Memahami apa yang harus dilakukan saat melihat atau mengalami kecelakaan bisa membantu menurunkan risiko dampak fatal, sambil menunggu datangnya bantuan dari tenaga medis. Lantas, apa saja pertolongan pertama kecelakaan yang perlu diketahui?

Baca juga: 4 Mitos Pertolongan Pertama pada Kecelakaan yang Tidak Perlu Dipercaya

Pertolongan Pertama pada Kecelakaan 

Saat terjadi kecelakaan, langkah pertama yang harus segera dilakukan adalah menghubungi atau meminta bantuan medis. Sambil menunggu bantuan datang, ada beberapa langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan. Sebelumnya, selalu pastikan bahwa lingkungan sekitar sudah cukup aman dari hal yang bisa memperparah kondisi korban kecelakaan. 

Setelah itu, kamu harus mengecek dan mengetahui bagaimana kondisi korban dan luka apa saja yang dialami. Dengan begitu, kamu akan mengetahui hal apa yang perlu dilakukan. Berikut ini pertolongan pertama yang bisa dilakukan tergantung pada jenis kecelakaan dan luka yang terjadi! 

  • Perdarahan 

Hal yang paling sering terjadi saat kecelakaan adalah perdarahan. Tidak perlu panik, hampir semua perdarahan bisa dikendalikan. Pada perdarahan yang ringan, darah biasanya akan berhenti dengan sendirinya. Kondisi yang harus diwaspadai adalah perdarahan hebat, sebab jika tidak terkontrol bisa menyebabkan syok yang berujung pada hilangnya nyawa. 

Saat menghadapi perdarahan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menutup luka dengan kain kasa atau kain apapun yang ada di sekitar. Kemudian, coba beri tekanan pada sumber darah untuk menghentikan perdarahan. Jangan lepas kain, jika dibutuhkan balut kembali bagian yang terluka dengan tambahan kain untuk membantu pembentukan gumpalan dan menghentikan aliran darah.

Baca juga: Benarkah Korban Kecelakaan Berisiko Alami Hematoma Subdural?

  • Patah Tulang 

Kecelakaan parah juga bisa menyebabkan seseorang mengalami patah tulang. Saat menghadapi patah tulang, misalnya pada kaki atau tangan, jangan mencoba untuk meluruskannya. Selanjutnya, stabilkan ekstremitas menggunakan bantalan supaya tidak bergerak. 

Lalu, letakkan kompres dingin pada luka, tetapi jangan meletakkan es langsung pada kulit yang terluka. Jika ada, berikan obat antiinflamasi pada area yang mengalami patah tulang. Pertolongan pertama pada kondisi ini perlu segera dilakukan dan ditindaklanjuti dengan perawatan medis, termasuk perawatan sinar-X. 

  • Luka Bakar 

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan pada luka bakar adalah dengan menjauhkan penyebab atau menghentikan proses pembakaran. Setelah itu, bersihkan tubuh terlebih dahulu dan dinginkan dengan air mengalir dan pindahkan korban ke dalam ruangan yang tertutup. Tingkat keparahan luka bakar didasarkan pada kedalaman dan ukuran. Untuk luka bakar serius, perlu segera dilakukan penanganan medis. 

  • Keseleo 

Keseleo dan patah tulang memiliki prosedur pertolongan pertama yang hampir sama. Saat mengalami kondisi ini, cobalah untuk mengompres dingin bagian tubuh yang keseleo, kemudian berikan obat antiinflamasi. 

Baca juga: Pertolongan Pertama Luka Bakar Akibat Terkena Minyak Panas

Jika ragu dan butuh panduan dalam memberikan pertolongan pertama, coba hubungi dokter dengan aplikasi Halodoc. Kamu bisa memberi gambaran kondisi yang sedang dihadapi dan dapatkan rekomendasi terbaik untuk melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Maka dari itu, pastikan untuk mendownload aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!

Referensi:
Verywell Health. Diakses pada 2020. 10 Basic First Aid Procedures.
CPR Certified. Diakses pada 2020. First Aid Skills Everybody Should Know.
Web MD. Diakses pada 2020. First Aid & Emergencies.