Ini 3 Cara Ampuh Atasi Luka Agar Sembuh Lebih Cepat  

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
ini-3-cara-ampuh-atasi-luka-agar-sembuh-lebih-cepat-halodoc

Halodoc, Jakarta - Luka gores seringkali terjadi dan membuat darah mengalir. Hal itu tentu sangat terasa menyakitkan. Bahkan, luka gores yang berukuran lebar biasanya perlu diobati dengan dijahit. Karena jika tidak, luka ini bisa saja mengalami infeksi karena terkontaminasi kotoran dan bakteri. Nah, luka gores biasanya akan terasa perih dan menyakitkan. Mengapa bisa begitu?

Luka Gores Terasa Perih, Ini Alasannya

Jika kamu melakukan banyak aktivitas dalam satu hari, luka gores bisa saja terjadi dan sulit untuk mencari tahu apa yang jadi penyebab pasti dari kondisi ini. Luka ini dapat timbul karena gesekan ringan yang terjadi secara terus-menerus, tergores kuku, gesekan celana yang terlalu ketat, bahkan gigitan kutu saat kamu tertidur.

Luka ini terasa begitu perih karena adanya rangsangan pada ujung-ujung serabut saraf pada permukaan kulit dan adanya peradangan pada jaringan di sekitar luka. Jika hal ini terjadi pada dirimu, kamu bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini sebagai upaya penyembuhan pada luka gores yang kamu alami. Beberapa langkah tersebut, antara lain:

1. Bersihkan Luka Sampai Bersih

Jika kamu mengalami luka gores, luka ini wajib untuk dibersihkan. Karena luka yang kotor bisa saja menyebabkan infeksi lanjut. Pertama-tama, kamu  bisa membersihkan luka dengan membasuhnya dengan air untuk memastikan bahwa kotoran yang terdapat pada luka telah hilang. Kemudian, semprotkan Hansaplast Spray Antiseptik yang tidak perih, tidak berwarna, juga tidak berbau sehingga aman digunakan pada luka.

2. Lindungi Luka dengan Plester agar Tetap Lembab

Setelah menyemprotkan Hansaplast Spray Antiseptik, kamu harus menjaga bagian yang luka agar tetap lembab. Selama ini, penanganan luka yang tidak tepat justru membuat luka jadi lebih lama sembuh. Agar cepat sembuh, luka bukannya harus dibuat kering atau diangin-anginkan, melainkan harus dijaga agar lembab. Kondisi lembab ini dapat membantu sel fibroblas untuk pembentukan jaringan baru sehingga luka menutup dengan sempurna. Gunakan Plester Hansaplast untuk melindungi luka sehingga tetap lembab dan terlindung dari debu dan kotoran. Plester Hansaplast juga tersedia dengan berbagai pilihan jenis dan ukuran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

3. Gunakan Salep untuk Agar Luka Lebih Cepat Sembuh 2x Lebih Cepat

Agar proses penyembuhan luka dua kali lebih cepat, oleskan Hansaplast Wound Care Ointment yang untuk membantu penyembuhan luka dua kali lebih cepat*. Salep luka dari Hansaplast ini juga mampu mempercepat proses penyembuhan secara alami, serta mencegah risiko timbulnya bekas luka. Perlu diperhatikan, jika kamu ingin menutup kembali luka dengan plester, pastikan penggunaan salep sebelumnya dioles di bagian luka dan di bawah Wound Pad warna putih. Hal ini dilakukan agar plester dapat merekat dengan sempurna.

Nah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas sebagai upaya pertolongan pertama pada luka ringan. Perlu diketahui, jika luka tidak diobati dengan cara yang benar maka dapat terjadi infeksi pada luka sehingga menyebabkan kerusakan pada kulit. Tak hanya itu, proses penyembuhan luka pun jadi tertunda. Bukan tidak mungkin, nantinya infeksi bisa menyebar ke bagian kulit yang lebih dalam sehingga mengakibatkan kondisi kesehatan menjadi lebih serius.

Jika luka tidak kunjung membaik, ini saatnya untuk diskusikan lebih lanjut dengan dokter. Luka yang memerlukan perawatan medis lanjutan adalah luka pada bagian wajah, luka gores yang cukup dalam, cedera akibat gigitan hewan, dan luka gores yang disebabkan oleh benda yang berkarat. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bisa menghubungi dokter dan membahas masalah kesehatan yang kamu alami. Tunggu apa lagi? Download aplikasinya segera di Google Play atau App Store!