• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Gemar Menari, Ini Manfaatnya

Anak Gemar Menari, Ini Manfaatnya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Melibatkan gerak fisik dan alunan musik, menari adalah kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Jika dilihat dari sudut pandang kesehatan, menari adalah salah satu alternatif aktivitas fisik yang membuat tubuh sehat, kuat, dan terhindar dari stres. Lantas, apakah manfaat ini juga bisa didapatkan oleh anak yang gemar menari?

Tentu saja, bisa. Menari dapat menjadi cara untuk menyalurkan energi besar yang dimiliki anak, terutama yang memang sangat aktif secara fisik. Saat ini, kamu juga bisa dengan mudah menemukan studio yang membuka kelas menari untuk anak-anak usia di bawah lima tahun. 

Baca juga: Trik Menemukan Bakat dalam Diri Si Kecil

Manfaat yang Didapatkan Jika Anak Gemar Menari

Ada banyak jenis tarian di dunia, yang bisa jadi pilihan untuk digeluti anak. Mulai dari ballet, hip-hop, jazz, ballroom dance, tap dance, modern dance, zumba, dan masih banyak lagi.

Menari tak hanya menyenangkan, tetapi juga membawa banyak manfaat bagi tubuh. Berikut di antaranya:

1.Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Kelenturan tubuh adalah hal yang penting, agar risiko cedera bisa diminimalisir. Hal ini dapat dilatih dengan menari. Kelas-kelas menari juga kebanyakan akan menggabungkan pemanasan panjang yang terdiri dari banyak peregangan tubuh. 

2.Meningkatkan Daya Ingat

Studi yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine mengungkapkan, menari meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif. Bahkan, kebiasaan baik ini juga dapat menurunkan risiko kepikunan akibat bertambahnya usia. 

3.Menurunkan Stres dan Meningkatkan Mood

Peneliti studi terkontrol yang dipublikasikan dalam Journal of Applied Gerontology menemukan bahwa menari berpasangan dan iringan musik dapat membantu mengurangi stres. Hal ini karena menari mampu meningkatkan semangat.

Selain itu, menari juga dapat membuat suasana hati atau mood meningkat. Seperti olahraga pada umumnya, menari dapat membantu tubuh menghasilkan antidepresan alami, seperti hormon endorfin, dengan cara yang menyenangkan. Beberapa jenis tarian juga ada yang dilakukan berpasangan, sehingga hal ini juga bermanfaat untuk memperkuat hubungan dengan orang lain.

Baca juga: Suka Nyanyi di Kamar Mandi? Ini Manfaatnya

4.Melatih Keseimbangan Tubuh

Selain kelenturan, menari juga bisa melatih keseimbangan tubuh. Hal ini tentu bermanfaat untuk menurunkan risiko cedera ketika melakukan olahraga atau aktivitas fisik lain. Manfaat ini bisa diperoleh anak yang gemar menari, terutama tarian yang melibatkan keseimbangan pada satu kaki, bertumpu pada ujung jari kaki, atau mempertahankan posisi yang menuntut banyak keseimbangan. 

5.Membentuk Otot-Otot Tubuh

Ketika menari, kecepatan gerak tubuh harus sesuai dengan irama musik yang mengiringi. Hal ini tentu akan menguras banyak tenaga. Itulah sebabnya menari dapat menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan, untuk membentuk otot-otot tubuh. Itulah sebabnya ketika kamu melihat penari profesional, tubuhnya pasti kencang dan proporsional. Bisa membayangkan jika hobi menari digeluti sejak masih usia anak-anak, bukan?

Baca juga: Mendengarkan Musik Bisa Meredakan Stres, Ini Faktanya

6.Menurunkan Berat Badan

Menari bisa jadi solusi bagi anak yang mengalami kelebihan berat badan. Terlebih jika anak memang gemar menari. Tanpa disadari, gerakan-gerakan tari yang dilakukan dapat membakar lemak dalam tubuh, tanpa perlu merasakan diet yang membuat sengsara. 

Jadi, jika anak menunjukkan ketertarikan pada kegiatan menari, cobalah ikutkan ia pada kelas-kelas menari. Hal ini punya banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental anak, sekaligus meningkatkan kemampuan sosial anak, karena di kelas tari tentu ia akan bertemu banyak teman.  

Selain mendukung kegemaran anak dalam menari, penting juga untuk selalu memerhatikan kesehatan anak. Pastikan anak makan makanan bergizi seimbang setiap harinya, agar tetap sehat. Jika anak sakit, segera download aplikasi Halodoc untuk membicarakannya pada dokter, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2020. 9 Health Benefits of Dance.
Health Guidance. Diakses pada 2020. Health Benefits of Dance.
WebMD. Diakses pada 2020. Dancing as Workout.
Sports Rec. Diakses pada 2020. The Benefits of Dance for Kids.