• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Kecanduan Gadget, Orangtua Lakukan 5 Hal Ini

Anak Kecanduan Gadget, Orangtua Lakukan 5 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Generasi 90an pasti pernah merasakan rasanya bermain petak umpet, gobak sodor, lompat tali, dan permainan lainnya. Sayangnya, di zaman yang serba teknologi saat ini, permainan tersebut sudah jarang dimainkan oleh anak-anak. Anak-anak zaman sekarang lebih memilih bermain gadget ketimbang pergi keluar rumah untuk bermain bersama teman-teman sebayanya. Padahal, bermain gadget berisiko menimbulkan efek buruk jika tidak digunakan dengan bijak.

Ketika asyik bermain gadget, anak cenderung terlalu fokus pada layar dan sulit sekali mengalihkan perhatian mereka. Jika dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin anak bisa kecanduan main gadget yang nantinya akan lebih sulit untuk diatasi. Lantas, apa yang harus orangtua lakukan untuk mencegah kecanduan gadget pada anak-anak?

Baca Juga: Anak-Anak Sering Main Game? Hati-hati 7 Dampak Ini

Tips Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak

Dikutip dari How Gadgets and Digital Screens Are Harming Your Child dari Child Development Institute, orangtua maupun pengasuh harus tegas dalam memberikan batasan yang jelas untuk anak-anak. Beberapa tindakan yang harus orangtua lakukan, yaitu:

  • Batasi gadget maksimal 30 menit setiap kali bermain. Pastikan jumlah total waktu bermain setiap hari tidak melebihi rekomendasi kelompok umur. Tidak hanya gadget, ini juga berlaku untuk penggunaan TV, komputer dan perangkat hiburan lainnya.

  • Jadwalkan waktu yang tepat untuk menggunakan gadget dan rencanakan kegiatan fisik yang menyenangkan bagi anak untuk mengalihkannya. 

  • Jangan menempatkan gadget, televisi, komputer dan perangkat hiburan lainnya di kamar anak. Langsung simpan di tempat yang tidak diketahuinya setelah digunakan.

  • Usahakan waktu saat makan, mengerjakan pekerjaan rumah dan waktu tidur bebas dari gadget. 

  • Berikan pujian kepada anak ketika dia berhasil dan taat kepada aturan yang telah ibu tetapkan.

  • Dorong mereka untuk bermain permainan outdoor bersama teman-teman sebayanya. 

Ketika orangtua tidak memberikan batas atau aturan yang jelas pada anak yang suka bermain gadget, ada sejumlah efek yang tentunya merugikan anak. Berikut dampak kecanduan gadget pada anak-anak yang perlu orangtua ketahui. 

Baca Juga : Ini yang Harus Dilakukan Ketika Pergoki Anak Melihat Konten Dewasa

Dampak Kecanduan Gadget Pada Anak-Anak

Anak-anak yang bermain gadget umumnya tidak memperhatikan hal-hal seperti postur, jarak layar, dan kecerahan layar yang memengaruhi penglihatan dan kesehatan mereka. Menatap layar dalam waktu lama menyebabkan ketidaknyamanan dan bisa menimbulkan mata kering, iritasi mata, dan sulit untuk fokus. Menghabiskan banyak waktu dalam satu postur juga dapat menyebabkan anak mengalami sakit leher dan punggung.

Pada kasus yang parah, kecanduan gadget bisa memicu anxiety disorder atau depresi pada anak, ketika ia dijauhkan dan dilarang bermain gadget. Kalau anak ibu sudah mengalami tanda-tanda anxiety disorder. Segera temui psikiater atau psikolog untuk membantu Si Kecil menjadi lebih tenang dan mengajari ibu dalam menangani anak-anak. Kalau ibu berencana mengunjungi rumah sakit, kini ibu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu melalui aplikasi Halodoc

Baca Juga: Jangan Langsung Emosi, Pahami Dulu 3 Fase Unik Perkembangan Anak

Teknologi sebenarnya tidak selalu buruk, gadget dapat digunakan untuk membantu mengisi waktu anak-anak. Namun, orangtua wajib meluangkan waktu untuk berdiskusi, bermain dan menghabiskan waktu bersama anak selama kegiatan sehari-hari mereka. Selain mempererat hubungan, menghabiskan waktu bersama juga dapat mencegah anak kecanduan bermain gadget.

Referensi :
Health Xchange. Diakses pada 2020. ​6 Tips to Prevent Tech Addiction in Children.
Child Development Institute. Diakses pada 2020. How Gadgets and Digital Screens Are Harming Your Child.
Practo. Diakses pada 2020. Dealing With Your Child’s Addiction to Gadgets.