28 May 2018

Tips Mengatasi Depresi pada Anak

Tips Mengatasi Depresi pada Anak

Halodoc, Jakarta — Mirip seperti depresi yang terjadi pada orang dewasa, depresi yang menimpa anak-anak juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesehatan fisik, kejadian penting, riwayat keluarga, lingkungan, genetik, dan kelainan kimia di dalam otak. Mengatasi depresi pada anak memerlukan perawatan yang tepat dari pihak profesional. Meski begitu, peran orang tua juga penting dalam membantu mengatasi depresi pada anak.

(Baca juga: Ketahui Fakta Mengenai Depresi pada Anak)

Beberapa studi menunjukkan bahwa anak-anak yang mengalami depresi di usia muda lebih berisiko mengalami depresi lagi atau penyakit mental lainnya saat mereka sudah dewasa. Karena itu, penanganan depresi yang terjadi pada anak-anak adalah hal yang perlu diperhatikan.

Kalau ibu merasa bahwa si kecil mengalami depresi, sebaiknya ibu langsung membawa anak ke psikiater atau psikolog untuk diperiksa oleh dokter ahli karena diagnosa yang dibuat oleh non-profesional bisa saja salah.

Setelah hasil tes secara resmi telah keluar dan anak ibu memang mengalami depresi, psikiater atau psikolog biasanya akan melanjutkan diskusi ke opsi perawatan yang paling tepat untuk si kecil. Beberapa pilihan yang ada termasuk psikoterapi, konseling atau obat. Pihak profesional biasanya akan memberikan obat hanya bila psikoterapi dan konseling tidak memberikan progres yang baik.

Peran ibu untuk membantu si kecil mengatasi depresi sangatlah besar, lho! Keluarga dan lingkungan sekitar sangat memengaruhi kondisi si kecil. Gejala dan dampak dari depresi bisa berbeda-beda tergantung pada individual yang mengalaminya. Karena itu, bicarakan dengan dokter mengenai cara untuk membantu si kecil pulih dari depresi. Tanyakan apabila ada hal-hal tertentu yang sebaiknya ibu hindari ketika bicara dengan si kecil. Tanyakan juga cara pendekatan terbaik agar si kecil merasa nyaman dan lebih berani untuk terbuka.

(Baca juga: Mendeteksi Depresi pada Anak)

Ingatkan si kecil bahwa ibu akan selalu ada untuknya apapun yang terjadi. Kalau ibu kewalahan dan lelah menghadapi sikap si kecil yang disebabkan depresi, ibu bisa hubungi dokter yang ada di aplikasi Halodoc soal ini. Mintalah tips agar ibu bisa menjadi lebih sabar dalam menghadapi si kecil. Membeli obat atau vitamin juga lebih mudah melalui aplikasi ini karena ibu hanya perlu order melalui aplikasi. Halodoc juga memiliki fitur cek lab, lho. Segera download aplikasinya di App Store atau Google Play, yuk!