Anak Mengidap Tongue Tie? Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 April 2024

“Meskipun dalam beberapa kasus tongue tie pada anak tidak menimbulkan masalah, namun terdapat pengobatan yang bisa dilakukan. Segeralah hubungi dokter spesialis di Halodoc untuk bantu obati tongue tie.”

Anak Mengidap Tongue Tie? Dokter Ini Bisa Bantu PengobatanAnak Mengidap Tongue Tie? Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatan

DAFTAR ISI:

  1. Rekomendasi Dokter Spesialis untuk Atasi Tongue Tie Anak di Halodoc
    1. dr. Erlin Sp.A
    2. dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed 
    3. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin
    4. dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS
    5. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B

Halodoc, Jakarta – Tongue tie merupakan kondisi di mana kulit yang menghubungkan lidah ke dasar mulut terpotong lebih pendek atau lebih rapat dari yang seharusnya. Kondisi ini umumnya ditemukan pada bayi. 

Tongue tie bersifat bawaan, artinya anak ibu dilahirkan dengan keadaan tersebut. Sayangnya, para peneliti belum mengetahui secara pasti mengapa beberapa bayi terlahir dengan kondisi tongue tie, namun hal ini kemungkinan kuat disebabkan oleh faktor genetik. 

Meskipun dalam beberapa kasus tidak menimbulkan masalah, namun jika diperlukan, terdapat pengobatan yang tersedia untuk mengatasinya.

Rekomendasi Dokter Spesialis untuk Atasi Tongue Tie Anak di Halodoc

Jangan biarkan tongue tie menghalangi kesehatan dan pertumbuhan Si Kecil. Hubungi dokter spesialis tepercaya di Halodoc sekarang untuk bantuan dan pengobatan yang tepat. 

Nah, berikut beberapa daftar rekomendasi dokter spesialis anak yang bisa ibu hubungi di Halodoc.

Dokter ini telah menerima ulasan positif dari pasien sebelumnya yang telah mereka bantu:

1. dr. Erlin Sp.A

Rekomendasi pertama dokter Erlin Sp.A., seorang lulusan dari Universitas Katolik Atmajaya Jakarta pada tahun 2005, Universitas Sam Ratulangi Manado pada tahun 2019, dan San Juan De Dios Educational Foundation di Filipina pada tahun 2013. 

Saat ini, dokter Erlin menjalankan praktiknya di Bogor dan merupakan anggota dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). 

Dengan pengalaman lebih dari 19 tahun dalam praktik medis, dr. Erlin Sp.A dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kondisi tongue tie pada anak.

Dokter Erlin juga memiliki keahlian dalam memberikan konsultasi terkait penyakit tropis dan DBD, masalah pencernaan pada anak, kesehatan secara umum pada anak, gangguan hormon pada anak, serta alergi dan sistem kekebalan tubuh pada anak. 

Chat dr. Erlin Sp.A mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Ibu perlu tahu Ini yang Terjadi pada Tubuh saat Bayi Terkena Tongue Tie Ankyloglossia.

2. dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed 

Selanjutnya, ibu dapat menghubungi dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed yang merupakan lulusan dari Universitas Brawijaya pada tahun 2006 dan mendapat gelar spesialis anak di universitas yang sama pada 2018. 

Dokter Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed juga merupakan anggota dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Saat ini, ia menjalankan praktik medisnya di Lamongan, Jawa Timur.

Dengan pengalaman selama 17 tahun dalam praktik medis, dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kondisi tongue tie pada anak. 

Chat dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

3. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin

Ibu juga dapat menghubungi dokter dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin. Dokter Dwi Lestari Avianti adalah lulusan dari Universitas Hang Tuah Surabaya pada tahun 2008 dan Universitas Airlangga pada tahun 2020. 

Ia kini juga merupakan anggota aktif dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Saat ini, dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin menjalankan praktik medisnya di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

Dengan pengalaman selama 16 tahun dalam praktik medis, dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait kondisi tongue tie yang diidap oleh Si Kecil. 

Chat dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Jika bayi ibu mengalami kesulitan saat menyusui, ibu perlu Ketahui tentang Tongue-tie pada Bayi Penyebab Sulit Menyusu.

4. dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS

Rekomendasi berikutnya ada dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS untuk mendapatkan bantuan terkait tongue tie

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada tahun 2005 dan 2018. Saat ini, dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS menjalankan praktik medisnya di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, dan merupakan anggota dari Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Dengan pengalaman selama 19 tahun sebagai dokter spesialis bedah, dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas dalam berbagai prosedur bedah. 

Ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait pengobatan tongue tie dan memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kebutuhan Si Kecil. 

Chat dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS dari Rp 55.000,- di Halodoc.

5. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B

Berikutnya ada dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B yang merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas UPN Veteran Jakarta pada tahun 2012 dan Universitas Syiah Kuala pada tahun 2022. 

Saat ini, dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B menjalankan praktik medisnya di Bogor, Jawa Barat, dan merupakan anggota dari Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Dengan pengalaman selama 12 tahun sebagai dokter spesialis bedah, dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B memiliki keahlian yang luas dalam berbagai prosedur bedah, termasuk operasi untuk mengobati tongue tie

Dokter Rachdithia Ichwiyantho Sp.B siap memberikan bantuan yang dibutuhkan dalam menjaga kesehatan anak dan anggota keluarga ibu.

Chat dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai rekomendasi dokter spesialis yang bisa ibu hubungi terkait tongue tie yang dialami Si Kecil.

Jika dokter tidak tersedia atau sedang offline, tak perlu khawatir, kamu masih dapat memesan jadwal konsultasi untuk waktu yang lain melalui aplikasi Halodoc

Jadi, jangan menunggu lebih lama lagi! Segera download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
NHS. Diakses pada 2024. Tongue Tie.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Tongue-Tie (Ankyloglossia).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan