• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apa Saja Tanda Stres karena Pekerjaan?

Apa Saja Tanda Stres karena Pekerjaan?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Stres karena pekerjaan bisa terjadi saat tuntutan dan tekanan pekerjaan tidak sebanding dengan ilmu pengetahuan dan kemampuan, atau gaji yang diperoleh. Stres karena pekerjaan dapat bertambah parah saat pekerja merasa hanya dituntut oleh atasan dan tidak mendapat dukungan dari rekan. Pada sebagian orang, stres karena pekerjaan dapat menjadi pemicu agar lebih semangat menyelesaikan tepat waktu.

Namun, tahukah kamu jika hal tersebut tidak baik terus-menerus dilakukan? Stres yang ditahan terus-menerus dapat menurunkan kinerja seseorang secara perlahan. Hal tersebut tentu dapat menurunkan produktivitas dan kreativitas. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tanda stres karena pekerjaan guna mencegah memburuknya gejala yang dialami. Yuk, ketahui sejumlah tanda stres karena pekerjaan di bawah ini.

Baca juga: Bisakah Stres Sebabkan Seseorang Kecanduan Alkohol?

Apa Saja yang Menjadi Tanda Stres karena Pekerjaan?

Sebelum melanjutkan pekerjaan dan deadline yang menumpuk, coba luangkan waktu sejenak untuk memeriksa apakah kamu merasakan tanda-tanda di bawah ini. Jika iya, bisa jadi kamu tengah merasa stres akibat pekerjaan yang kamu lakukan. Berikut ini sejumlah tanda stres karena pekerjaan:

1. Mengalami Perubahan Fisik dan Psikis

Sejumlah gejala fisik akibat stres ditandai dengan beberapa kondisi, seperti kelelahan, ketegangan otot, sakit kepala, berdebar, dan sulit tidur. Bukan itu saja, pengidap juga akan mengalami gangguan pencernaan yang ditandai dengan nyeri ulu hati, diare, dan sulit BAB.

Sedangkan gejala psikis ditandai dengan depresi, kecemasan, iritabilitas, pesimistis, hilang semangat, bahkan panik. Sejumlah kondisi tersebut tentu membuat pekerja sulit berkonsentrasi dan membuat keputusan. Selain itu, pengidap juga bisa saja mengalami penurunan performa kerja, perubahan mood, frustasi, malas bergaul, serta kehilangan ketertarikan terhadap berbagai hal.

2. Mengalami Kerontokan Rambut

Rambut rontok memang kondisi yang umum terjadi, tetapi jika berlebihan, ini bisa menjadi tanda jika kamu sedang stres. Rambut rontok yang abnormal bisa terjadi lebih dari 100 helai per hari. Selain karena hormon, seseorang yang sedang stres secara tidak sadar sering menjambak rambutnya sendiri.

Baca juga: Alasan Stres Bisa Memicu Sakit Maag

3. Mengalami Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan menjadi salah satu gejala jika kamu mengalami stres akibat pekerjaan. Stres yang dialami dapat memperlambat pengosongan makanan dari perut, sehingga perut menjadi penuh gas dan terasa kembung. Tidak sampai di situ saja, kamu juga bisa mengalami kram perut atau diare.

4. Mengalami Perubahan Berat Berat

Perubahan berat badan saat stres dapat terjadi karena tubuh mengalami penurunan kemampuan untuk memproses gula darah dan mengubah cara memetabolisme lemak, protein, dan karbohidrat. Hal tersebut terjadi karena tubuh melepas hormon kortisol yang berujung pada perubahan bobot tubuh, baik penurunan maupun kenaikan berat badan.

Baca juga: Kecanduan Media Sosial? Begini Tips Ampuh Mengatasinya

Jika kamu sudah mengalami sejumlah tanda stres karena pekerjaan seperti yang telah disebutkan, ada baiknya segera ajukan cuti ke atasan. Ambil jatah cuti yang belum terpakai dan segera pergi berlibur. Saat mengalami stres, kamu butuh waktu untuk melepas penat dalam otak. Jangan lupa untuk menjaga daya tahan tubuh selama berlibur dengan mengonsumsi multivitamin, ya. Untuk membelinya, kamu bisa menggunakan fitur “beli obat” di aplikasi Halodoc.

Referensi:
Helpguide.org. Diakses pada 2021. Stress at Work.
MedicineNet. Diakses pada 2021. Stress at Work.
Headsup.org.au. Diakses pada 2021. Workplace Stress.