Apa yang Harus Dilakukan saat Nyeri Punggung Bawah?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Agustus 2023
Apa yang Harus Dilakukan saat Nyeri Punggung Bawah?Apa yang Harus Dilakukan saat Nyeri Punggung Bawah?

"Low back pain merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri pada pinggang atau tulang punggung bagian bawah. Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya."

Halodoc, Jakarta – Nyeri punggung bawah alias low back pain merupakan kondisi yang ditandai dengan nyeri pada pinggang atau tulang punggung bagian bawah. Biasanya, nyeri akan terasa hingga ke bokong dan bagian paha bahkan sampai ke kaki.

Nyeri yang terasa pada punggung bagian bawah bisa sangat mengganggu dan menghambat aktivitas pengidapnya. Sebelumnya perlu diketahui, punggung bagian bawah tersusun dari tulang punggung, ligamen, serta otot.

Bagian tubuh ini sebenarnya memiliki struktur yang kuat karena berperan penting dalam menopang tubuh, baik pada saat berdiri tegak atau saat bergerak ke berbagai arah. Punggung juga terdiri dari saraf tulang belakang yang berfungsi mengatur pergerakan dan menangkan rangsangan dari bagian tubuh lain

Nyeri Punggung Bawah, Lakukan Hal Ini 

Nyeri punggung bagian bawah terjadi karena ada gangguan pada punggung bawah. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kondisi ini, mulai dari kekakuan otot, radang sendi, hingga riwayat penyakit tertentu. Saat mengalami nyeri punggung bawah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, di antaranya: 

  • Menjaga Postur Tubuh 

Salah satu penyebab nyeri punggung bawah adalah postur tubuh yang salah. Postur tubuh yang tegap saat berdiri atau duduk bisa mengurangi tekanan pada otot dan tulang belakang. Tekanan berlebih pada kedua bagian ini disebut bisa memicu nyeri punggung bawah. 

  • Rutin Berolahraga 

Olahraga tetap harus dilakukan. Untuk mengatasi dan mencegah kekambuhan nyeri punggung bawah, cobalah untuk melakukan jenis olahraga yang melatih otot perut dan punggung, seperti yoga, pilates, berenang, dan jalan kaki. 

  • Mengurangi Berat Badan 

Tekanan berlebih pada tubuh bisa memicu nyeri, termasuk pada otot-otot punggung bawah dan tulang belakang. Maka dari itu, mengurangi berat badan bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari tekanan berlebih pada otot tubuh yang bisa memicu nyeri. 

  • Berhenti Merokok 

Sering mengalami sakit punggung bawah, mungkin kamu harus berhenti merokok. Sebab, rokok bisa mengganggu aliran pembuluh darah tulang belakang. Hal ini juga bisa memperlambat penyembuhan nyeri punggung. Jangan Diabaikan, Sakit Punggung Bisa Sebabkan Penyakit Ini.

  • Kompres Punggung 

Saat nyeri punggung bawah terasa mengganggu dan tidak tertahankan, cobalah untuk memberi kompres dingin pada area yang terasa sakit. Cara meredakan nyeri punggung bawah ini bisa dilakukan dengan mudah, dengan bantuan es dan kain.

Bungkuslah es dengan kain, kemudian tempelkan pada punggung selama beberapa menit. Perawatan Sederhana untuk Meredakan Nyeri Punggung.

  • Jangan Mengangkat Benda Berat 

Saat mengalami nyeri punggung bagian bawah, hindari mengangkat benda yang terlalu berat. Sebab, hal ini bisa memicu tekanan lebih pada otot tubuh dan memperparah nyeri. 

  • Perbaiki Posisi Tidur 

Nyeri punggung juga bisa muncul akibat posisi tidur yang salah. Biar terhindar dari nyeri punggung bawah berulang, cobalah untuk tidur dengan posisi kaki sedikit lebih tinggi.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengganjal kaki dengan bantal sehingga bisa mengurangi tekanan pada punggung. Jika cara-cara tersebut belum bisa mengurangi atau mencegah nyeri punggung bawah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Jika ragu, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menyampaikan keluhan yang dialami pada dokter. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat dan dapatkan rekomendasi mengatasi nyeri punggung bawah. Ayo, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
National Institute of Health. Diakses pada 2023. Low Back Pain Fact Sheet.
MedlinePlus. Diakses pada 2023. Taking Care of Your Back at Home.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Back Pain.
American Association of Neurological Surgeons. Diakses pada 2023. Low Back Strain and Sprain.
WebMD. Diakses pada 2023. A visual guide to Low Back Pain.
Spine Health. Diakses pada 2023. Does Smoking Cause Low Back Pain?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan