• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Awas, 5 Kebiasaan Ini Berisiko Sebabkan Gigi Berlubang

Awas, 5 Kebiasaan Ini Berisiko Sebabkan Gigi Berlubang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Gigi berlubang merupakan salah satu masalah pada gigi yang rentan dialami. Pengidap kondisi ini akan mengalami kerusakan gigi yang ditandai dengan terkikisnya email gigi sampai membentuk lubang. Meskipun kondisi ini rentan dialami oleh anak-anak, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dialami oleh orang dewasa. Salah satu penyebab gigi berlubang adalah penumpukan bakteri pada mulut akibat kebersihan gigi yang tidak terjaga dengan baik. Berikut ini sejumlah penyebab gigi berlubang:

Baca juga: Ini yang Perlu Dilakukan Usai Tambal Gigi

1.Jarang Menyikat Gigi

Jarang menyikat gigi akan menyebabkan sisa makanan menumpuk dan menjadi penyebab gigi berlubang. Apalagi jika kebiasaan ini tidak dilakukan sebelum tidur, maka sisa makanan yang masih menempel pada gigi berpotensi besar mengakibatkan gigi berlubang. Hal tersebut dapat terjadi karena produksi air liur yang berfungsi untuk membersihkan gigi mengalami penurunan. Hal tersebut akan membuat sisa makanan memicu bakteri untuk menghasilkan asam yang membuat gigi berlubang.

2.Kebiasaan Mengunyah Es Batu

Penyebab gigi berlubang selanjutnya adalah kebiasaan mengunyah es batu. Kebiasaan ini kerap dianggap sepele, tetapi dapat berujung pada rusaknya gigi. Hal tersebut dikarenakan, mengunyah es batu akan membuat gigi kamu menjadi retak. Jika kebiasaan buruk yang satu ini dilakukan secara terus-menerus, maka gigi yang retak akan bertambah parah. Bukan itu saja, sering mengunyah es batu dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif atau patah.

Baca juga: 4 Cara Memilih Pasta Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang

3.Mengonsumsi Minuman Bersoda

Sering mengonsumsi minuman bersoda menjadi penyebab gigi berlubang selanjutnya. Hal tersebut dapat terjadi karena minuman bersoda mengandung pemanis buatan dan soda. Minuman jenis ini juga dapat menurunkan pH dalam mulut. Untuk meminimalisir paparan soda dalam minuman dengan gigi, kamu bisa menggunakan sedotan saat ingin mengonsumsinya. Setelah itu, jangan lupa menyikat gigi, ya.

4.Cara Sikat Gigi yang Salah

Menyikat gigi memang sangat baik untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Namun jika dilakukan dengan cara yang salah, hal tersebut dapat memicu gigi berlubang. Menyikat gigi terlalu lama atau menyikat gigi terlalu kencang adalah kebiasaan yang salah dalam menyikat gigi. Hal tersebut dapat membuat lapisan gigi semakin terkikis sehingga berisiko tinggi berlubang.

5.Kurang Minum Air Putih

Kurang minum air putih akan memicu kondisi mulut kering yang dapat berujung pada gigi berlubang. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga mulut agar terhidrasi dengan baik dengan mengonsumsi banyak air putih. Mengonsumsi cukup air putih akan memicu produksi air liur. Nah, air liur ini mengandung kalsium, fosfat, dan fluoride yang berfungsi untuk mencegah rusaknya lapisan gigi.

Jika jarang mengonsumsi air putih, maka mulut akan sulit memproduksi air liur. Hal tersebut akan membuat gigi kekurangan zat-zat yang membantu melindungi dan menjaga kesehatan gigi. Kurang minum air putih juga dapat membuat kamu kesulitan dalam menelan makanan, sehingga sisa-sisa gula dan asam masih terjebak pada gigi. Hal tersebut juga menjadi salah satu pemicu gigi berlubang.

Baca juga: Gigi Berlubang saat Hamil Picu Keguguran, Apa Sebabnya?

Itulah sejumlah penyebab gigi berlubang yang perlu kamu hindari. Jika gigi berlubang yang kamu alami menyebabkan rasa nyeri dengan intensitas tinggi hingga tidak tertahankan, segera periksakan diri di rumah sakit terdekat, ya.

Referensi:
On Health. Diakses pada 2020. 19 Habits That Cause Bad Teeth.
WebMD. Diakses pada 2020. Slideshow: 19 Habits That Wreck Your Teeth.