4 Tips Memilih Pasta Gigi untuk Cegah Gigi Berlubang

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Maret 2024

“Memilih pasta gigi yang tepat untuk mencegah gigi berlubang sebenarnya tidak sulit kok. Salah satu tipsnya adalah pilihlah yang mengandung fluoride untuk menguatkan dan mencegah kerusakan gigi.”

4 Tips Memilih Pasta Gigi untuk Cegah Gigi Berlubang4 Tips Memilih Pasta Gigi untuk Cegah Gigi Berlubang

DAFTAR ISI

Halodoc, Jakarta – Pasta gigi adalah salah satu kebutuhan wajib dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Namun, dari sekian banyaknya produk yang ada, tak sedikit orang yang bingung untuk memilih pasta gigi yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan gigi dan mulutnya. 

Pasalnya, tiap jenis memiliki formula khusus untuk mengatasi masalah gigi tertentu. 

Nah, bagi kamu yang punya masalah dengan gigi berlubang, kamu perlu memilih pasta gigi yang mengandung fluoride, dan bahan-bahan lainnya yang sifatnya melindungi gigi dari kerusakan. 

Mau tahu apa aja tips memilih dan produk rekomendasinya? Berikut ulasannya!

Tips Memilih Pasta Gigi untuk Mencegah Gigi Berlubang

Perlu kamu ketahui bahwa gigi berlubang terjadi ketika lapisan luar gigi (enamel) rusak akibat zat asam dari bakteri. Jadi, pasta gigi yang kamu pilih harus bisa melindungi lapisan enamel gigi dari kerusakan. 

Namun, ini hanya bisa mencegah gigi berlubang, bukan menyembuhkan atau menutup lubang pada gigi. Berikut tips memilihnya:

1. Pasta gigi dengan kandungan fluoride

Fluoride adalah komponen terpenting yang harus ada dalam pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang.

Ini merupakan mineral yang dapat melindungi enamel gigi dari asam yang dihasilkan bakteri, sehingga zat tersebut tidak akan merusak gigi. 

Cara fluoride melindungi gigi ada dua. Pertama, membuat enamel jadi lebih kuat, sehingga tidak mengalami kerusakan akibat zat asam yang bakteri lepaskan.

Kedua, memicu proses remineralisasi atau membalikkan proses awal gigi berlubang, yang membuat lubang-lubang mikro yang mulai terbentuk di gigi, kembali tertutup.

Mau tahu obat-obatan yang ampuh mengatasi gigi berlubang? Baca di artikel ini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh untuk Dewasa

2. Hindari kandungan bahan pemicu alergi dan iritasi

Pada beberapa orang, bahan yang ada di dalamnya bisa memicu reaksi alergi atau iritasi. Misalnya, bahan seperti peppermint dan kayu manis.

Beberapa produk juga menggunakan minyak atsiri atau essential oil, yang dapat memicu iritasi di permukaan rongga mulut.

3. Periksa izin edar dari BPOM

Pastikan pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang yang kamu beli sudah memiliki izin edar dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Tujuannya untuk memastikan bahan-bahan yang ada di dalamnya terbukti aman.

Kamu bisa memeriksa nomor seri BPOM secara online untuk memastikan keaslian nomor yang tercantum pada kemasan produk. 

4. Bisa mengontrol karang gigi

Memilih pasta gigi yang dapat mengontrol karang gigi sangat penting. Tujuannya adalah agar memperlambat penumpukan karang gigi atau plak pada gigi kamu. 

Meskipun tidak seutuhnya menghilangkan karang gigi yang sudah ada, setidaknya pasta gigi yang dipilih dapat mencegah dan tidak memperparah penumpukan karang gigi tersebut.

Rekomendasi Pasta Gigi untuk Gigi Berlubang

Jadi, sangat penting untuk memilih pasta gigi yang tepat agar tidak memperparah gigi berlubang yang sedang dialami. Inilah rekomendasi pasta gigi yang ampuh untuk mencegah dan mengatasi gigi berlubang:

1. Pepsodent Tooth Paste Pencegah Gigi Berlubang 25 g

Untuk mencegah gigi berlubang, kamu bisa menggunakan Pepsodent Tooth Paste Pencegah Gigi Berlubang. Pasta gigi ini bekerja dengan melawan kuman atau bakteri penyebab gigi berlubang serta memberikan perlindungan maksimal. 

Menariknya, produk ini diformulasikan dengan mikro kalsium aktif dan pro-fluoride kompleks yang mampu memberikan perlindungan gigi di siang dan malam hari. 

Di pagi hari, pasta gigi ini akan mencegah gigi berlubang dengan cara menghalangi aksi kuman dari sisa makanan dan minuman. Lalu, di malam harinya bekerja dengan mendeteksi dan memperbaiki lubang kecil yang timbul. 

Rentang harga: Rp1.600 – Rp2.600 per tube.

Dapatkan Pepsodent Tooth Paste Pencegah Gigi Berlubang 25 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Pepsodent Tooth Paste Plus Whitening 75 gr

Gigi sehat dan kuat adalah impian semua orang. Tapi, jika sudah terlanjur berlubang, hal yang perlu dilakukan adalah mencegah agar lubangnya tidak semakin membesar dan memburuk. 

Gunakan Pepsodent Tooth Paste Plus Whitening untuk mengatasinya. Pasta gigi ini tidak hanya mencegah gigi berlubang, tapi juga mengangkat noda pada gigi, sehingga lebih bersih dan putih alami. 

Rentang harga: Rp4.200 – Rp14.500 per tube. 

Dapatkan Pepsodent Tooth Paste Plus Whitening 75 gr di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Pepsodent Tooth Paste Action 123 Herbal 190 g

Penggunaan bahan alami seperti daun sirih, jeruk nipis, dan garam sebagai pencegah gigi berlubang sudah lama digunakan. Nah, kini sudah tersedia dalam bentuk pasta gigi yang memformulasikan semua bahan alami tersebut, yaitu Pepsodent Tooth paste Action 123 Herbal. 

Berikut mekanisme kerja masing-masing bahan alami tersebut:

  • Daun sirih, mencegah berkembangnya kuman, sehingga gigi dan mulut tetap sehat. 
  • Jeruk nipis, memberikan sensasi segar hingga 18 jam.
  • Garam, sebagai anti bakteri alami. 

Rentang harga: Rp9.400 – Rp27.500 per piece. 

Dapatkan Pepsodent Tooth Paste Action 123 Herbal 190 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Pepsodent Tooth Paste Action 123 Charcoal 160 g

Secara umum gigi berlubang disebabkan akibat infeksi bakteri atau kuman yang menghasilkan asam pada gigi. Bakteri dan kuman tersebut bisa saja dihasilkan dari sisa makanan yang menumpuk pada gigi. 

Kamu bisa menggunakan Pepsodent Tooth Paste Action 123 Charcoal untuk menghilangkan kuman dan bakteri, sekaligus menghilangkan noda pada gigi. Dengan kandungan charcoal nya, maka gigi akan kembali putih dan bersih secara alami. 

Rentang harga: Rp17.300 – Rp27.000 per tube. 

Dapatkan Pepsodent Tooth Paste Action 123 Charcoal 160 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Pepsodent Tooth Paste Activ White 100 g

Pilihan pasta gigi selanjutnya adalah Pepsodent Tooth Paste Activ White yang bekerja untuk memberikan perlindungan, sekaligus mengangkat noda pada gigi. Dengan demikian, warna gigi kembali putih dan terhindar dari gigi berlubang. 

Kamu bisa menggunakan pasta gigi ini hingga tiga kali sehari, yaitu saat bangun pagi, mandi sore, dan sebelum tidur. 

Pencegahan gigi berlubang akan lebih efektif jika kamu menghilangkan kebiasaan tertentu. Contohnya, tidak menggigit-gigit kuku. Kebiasaan ini tidak hanya akan mengundang bakteri dan kuman ke dalam mulut dan gigi, tapi juga dapat merusak email gigimu. 

Rentang harga: Rp16.200 – Rp37.300 per tube.

Dapatkan Pepsodent Tooth Paste Activ White 100 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah tips memilih pasta gigi beserta rekomendasi produk yang ampuh mencegah gigi berlubang. Kamu bisa mendapatkan produk pasta gigi di atas melalui Toko Kesehatan Halodoc dengan pilihan pengiriman cepat dalam satu jam. 

Hal yang perlu ditegaskan, segeralah konsultasikan pada dokter di Halodoc jika memiliki masalah pada gigi yang tak kunjung membaik. Tujuannya untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat.

Referensi:
American Dental Association. Diakses pada 2024. Toothpastes.
American Dental Association. Diakses pada 2024. ADA Uses Fluoride Toothpaste to Fight High Cavity Rate in Children.
Carrum Downs Dental Group. Diakses pada 2024. Tips: How to Choose The Right Toothpaste?
WebMD. Diakses pada 2024. Weighing Your Toothpaste Options.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan