Ayah dan Ibu, Kenali 4 Cara Mengajarkan Anak Rajin Cuci Tangan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 November 2021

“Selain menggunakan masker dan menjaga jarak, cuci tangan dengan sabun adalah cara paling ampuh untuk mencegah penularan virus. Oleh karena itu, orang tua harus mengajarkan dan mengingatkan anak untuk rajin cuci tangan sebelum berkegiatan. Ayah dan Ibu juga bisa membekali anak dengan produk-produk pembersih lainnya demi melindunginya.”

Ayah dan Ibu, Kenali 4 Cara Mengajarkan Anak Rajin Cuci TanganAyah dan Ibu, Kenali 4 Cara Mengajarkan Anak Rajin Cuci Tangan

Halodoc, Jakarta – Dengan menurunnya angka kasus harian COVID-19, pemerintah kini mulai mengizinkan siswa sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah dengan jadwal yang disesuaikan. Sayangnya, seperti yang kita ketahui, vaksin COVID-19 kini baru tersedia untuk anak usia 12 tahun ke atas, ini berarti anak-anak usia di bawah 12 tahun perlu diajarkan dengan benar cara menjaga diri mereka agar terhindar dari virus corona.

Apalagi anak-anak masih memiliki kesadaran yang rendah akan pentingnya kebersihan diri, seperti kegiatan mencuci tangan. Oleh karena itu, sebelum anak diizinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah, ada baiknya orang tua mengajarkan cara mencuci tangan yang benar dan berbagai langkah pencegahan penularan virus lainnya.

Baca juga: Ini Pentingnya Mencuci Tangan dengan Sabun

Alasan Pentingnya Cuci Tangan dan Kapan Anak Perlu Melakukannya

Penting juga untuk menjelaskan kepada anak-anak tujuan mencuci tangan sehabis beraktivitas. Orangtua harus menjelaskan kepada mereka bahwa mencuci tangan membantu mencegah mereka sakit dan mencegah penularan penyakit ke orang lain. 

Ingatkan pada anak bahwa tidak ada orang yang ingin sakit, karena ini akan membuat mereka tidak bisa bermain, belajar, atau beraktivitas dengan normal. Dengan mencuci tangan dengan benar, maka anak dan keluarga bisa terhindar dari berbagai risiko penyakit. 

Beritahu anak untuk mencuci tangannya sebelum dan setelah melakukan beberapa kegiatan, seperti:

  • Makan.
  • Menyentuh mulut, mata, atau hidungnya.
  • Menyentuh luka atau goresan.
  • Setelah dari kamar mandi untuk buang air.
  • Pergi keluar rumah seperti sekolah atau bermain di rumah temannya.
  • Bermain dengan hewan peliharaan atau hewan lain.
  • Menyentuh makanan atau camilan hewan peliharaan.
  • Berada dekat dengan orang yang sedang sakit.
  • Menyentuh popok kotor.
  • Menyentuh sampah.

Baca juga: Alasan Sebaiknya Hindari Cuci Tangan dengan Air Kobokan

Ajarkan Cara Mencuci Tangan yang Benar

Selain itu, penting juga untuk mengajarkan anak cara mencuci tangan yang benar. Berikut ini 4 langkah mudah cuci tangan yang perlu diajarkan pada anak: 

  1. Basahi tangan dengan air bersih dan kemudian letakkan sabun cair di tangan dan buat busa darinya dengan cara menggosoknya ke semua area tangan.
  2. Gosok-gosok tangan sekiranya hingga 20 detik. Bersihkan telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari. Jangan lupa untuk membersihkan bagian bawah kuku. Kuku juga dapat menjebak kotoran dan kuman.
  3. Setelah itu bilas dengan air bersih yang mengalir, gosok untuk membilasnya hingga benar-benar bersih. 
  4. Kemudian goyangkan tangan beberapa kali, lalu keringkan dengan handuk bersih atau pengering tangan. 

Jika tidak ada air, maka orang tua bisa mengajarkan anak untuk menggunakan hand sanitizer. Meski sabun dan air adalah yang terbaik karena dapat menghilangkan kotoran, lemak, dan kuman sepenuhnya, tetapi hand sanitizer adalah alternatif yang baik saat kamu tidak bisa menemukan sabun dan air bersih. Kamu bisa gunakan pembersih berbasis alkohol dengan setidaknya 60 persen alkohol.

Untuk menggunakannya, minta anak untuk menggunakan hand sanitizer secukupnya untuk mengenai seluruh permukaan tangan. Setelah itu, ia perlu segera menggosok tangannya, depan dan belakang serta jari-jari sampai kering. 

Baca juga: Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus? 

Gunakan Produk Nuvo untuk Melindungi Anak dari Bakteri dan Virus

Jika ibu ingin melindungi anak dari ancaman virus dan bakteri di luar rumah, maka kamu bisa menggunakan berbagai produk dari NUVO yang telah terbukti melawan kuman dan bakteri di tangan.

Saat mencuci tangan, anak bisa menggunakan sabun NUVO Hand Soap untuk melindungi mereka dari kotoran, kuman dan menghilangkan bau di tangan. Sabun NUVO Hand Soap juga hadir dengan tambahan formula extra moisturizer yang akan menjaga kelembapan kulit dengan wangi yang tahan lama. 

Sementara itu, ibu juga perlu membekali anak dengan NUVO Hand Sanitizer agar anak dapat mudah membersihkan tangannya saat sedang belajar di sekolah atau dalam keadaan tidak ada air bersih atau sabun.

NUVO Hand Sanitizer ini mengandung 70 persen bioetanol berkualitas yang terbukti ampuh membunuh kuman dan tetap menjaga kelembapan kulit. Selain mampu membunuh kuman, bioetanol ini adalah jenis alkohol yang aman digunakan sebagai hand sanitizer

Tidak hanya itu saja, orang tua juga perlu memastikan bahwa anak benar-benar terhindar dari ancaman kuman dan virus yang mungkin saja menempel pada alat tulis atau meja atau kursi di sekolah. Oleh karena itu, ibu bisa mengajarkan anak menggunakan NUVO Antiseptic Wet Wipes sebelum menggunakan alat disekitar mereka.

Produk ini juga terbukti mampu membunuh kuman dalam 10 detik dan sudah teruji secara dermatologis. NUVO Antiseptic Wet Wipes juga tidak mengandung alkohol, mengandung ekstrak aloe vera yang baik untuk menjaga kelembapan kulit, dan mudah ditarik. Dengan begini, ini akan memudahkan dipakai saat berpergian dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak di sekolah.

Nah, kini semua kebutuhan kesehatan dari NUVO tersedia di aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa cek kebutuhan medis lainnya dari NUVO hanya di Halodoc. Pesanan kamu pun bisa tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Tunggu apa lagi, yuk dapatkan produk NUVO hanya di Halodoc!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Center for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2021. Handwashing: A Family Activity.
Stanford Children’s Health. Diakses pada 2021. Teaching Kids to Wash Their Hands.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan