• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Kondisi Sperma Berkualitas agar Peluang Hamil Meningkat?

Bagaimana Kondisi Sperma Berkualitas agar Peluang Hamil Meningkat?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Banyak pasangan yang menantikan dianugerahi keturunan dalam pernikahannya. Meski sudah terus mencoba hingga hitungan tahun, tetapi hasil yang diinginkan belum kunjung datang. Nah, mungkin ada sesuatu yang harus diubah agar tujuan yang selama ini ditunggu-tunggu tercapai. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kualitas sperma yang dihasilkan oleh sang pria.

Banyak orang yang menganggap jika kuat dan tahan lama tentu spermanya pasti sehat dan memiliki kualitas tinggi. Faktanya, hal tersebut tidaklah berhubungan. Maka dari itu, kamu sebagai kepala keluarga juga harus mengetahui cara yang terbaik untuk mendapatkan sperma yang berkualitas agar dapat meningkatkan peluang hamil. Berikut ulasan lebih lengkapnya terkait hal ini!

Baca juga: Ini 5 Tips Cepat Hamil bagi Pengantin Baru

Cara Meningkatkan Kualitas Sperma yang Dihasilkan

Masalah kesuburan yang melibatkan sistem reproduksi wanita kemungkinan besar sulit untuk ditangani. Namun, banyak masalah yang berhubungan dengan ketidaksuburan pria dapat diubah dengan melakukan perubahan kebiasaan yang sehat dan gaya hidup baru. Peran pria penting untuk mendapatkan pembuahan, karena sperma yang dihasilkan harus sehat dan kuat untuk mencapai sel telur wanita.

Untuk mewujudkan pembuahan, memang hanya satu sperma saja yang dibutuhkan untuk masuk sel telur. Namun, kemungkinannya akan lebih besar jika lebih banyak sperma yang dihasilkan pada air mani. Jumlah normal sperma pada air mani berkisar antara 40 juta hingga 300 juta sel per milimeter. Jika angkanya di bawah itu, maka dianggap rendah sehingga kemungkinannya lebih kecil.

Nah, jika kamu ingin meningkatkan kualitas sperma, lakukan beberapa cara berikut ini agar kemungkinan hamil lebih tinggi:

1. Menurunkan Berat Badan Berlebih

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mendapatkan sperma yang berkualitas adalah dengan menurunkan bobot tubuh jika terlalu gemuk. Ini karena seseorang yang mengalami obesitas dapat memengaruhi kualitas sperma dengan cara jumlah yang dihasilkan lebih sedikit dan kemampuannya untuk berenang terbilang lemah. Bahkan, obesitas dapat merusak materi genetik pada sperma. Beberapa penelitian menyebut jika lemak di dalam tubuh menyebabkan gangguan testosteron dan kadar hormon reproduksi lainnya.

Baca juga: Ingin Program Hamil Sukses? Ajak Pasangan Melakukan Ini

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Pria yang rutin mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayur, dapat memiliki sperma yang sehat. Ini karena makanan tersebut merupakan sumber antioksidan yang meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, kamu juga harus mengonsumsi makanan yang kaya kandungan serat, lemak tak jenuh tunggal, dan protein tanpa lemak dalam jumlah sedang. Dengan begitu, diharapkan kemungkinan terjadinya kehamilan meningkat.

Jika masih ingin bertanya terkait cara yang ampuh untuk meningkatkan kualitas sperma yang dihasilkan, dokter dari Halodoc siap membantu sesuai dengan pengalamannya. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan kemudahan akses kesehatan hanya dengan gadget di genggaman!

3. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Hal lainnya yang direkomendasikan untuk dilakukan agar mendapatkan kualitas sperma yang baik adalah berolahraga rutin. Dengan melakukan aktivitas fisik, perasaan stres yang timbul dapat berkurang yang membuat hasil sperma menjadi lebih baik. Namun, beberapa olahraga ternyata dapat berdampak buruk pada kesuburan, seperti triathlet dan pelari maraton, karena terlalu intens. Selain itu, bersepeda juga dapat meningkatkan suhu pada skrotum bahkan menyebabkan trauma pada testis yang memengaruhi kesuburan.

Baca juga: Konsumsi 9 Makanan Ini agar Lebih Cepat Hamil

Sekarang kamu tahu beberapa hal yang perlu dilakukan agar menghasilkan sperma yang berkualitas. Dengan rutin melakukannya, diharapkan kamu dan pasangan segera diberikan momongan. Selain itu, jangan lupa juga untuk lebih sering melakukan hubungan intim agar sperma yang bertumpuk bisa mencapai sel telur. Atur tempo yang terbaik agar tidak terlalu sering, tetapi juga tidak terlalu jarang.

Referensi:
Live Science. Diakses pada 2020. Trying to Conceive: 10 Tips for Men.
Very Well Family. Diakses pada 2020. 11 Tips to Increase Fertility for Men.