• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Mengatur Pola Makan Seimbang Puasa Saat PSBB?

Bagaimana Mengatur Pola Makan Seimbang Puasa Saat PSBB?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Menjalani ibadah puasa tahun ini tentunya terasa berbeda. Hal ini disebabkan adanya pandemi COVID-19 yang menyebabkan berbagai kegiatan masyarakat harus dilakukan dari rumah. Selain itu, pemerintah telah melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan  melakukan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: Ini Pola Makan Vegetarian yang Sehat

Peraturan PSBB yang dibuat pemerintah menyebabkan berbagai kalangan banyak menghabiskan waktunya di rumah sambil menjalankan berbagai kegiatan, salah satunya melakukan ibadah puasa. Lalu, bagaimana mengatur pola makan seimbang puasa saat melakukan PSBB? Ini ulasannya.

Pentingnya Mengatur Pola Makan Seimbang

Jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari tentunya memengaruhi kondisi kesehatan fisik maupun kesehatan mental seseorang. Tentunya, nutrisi yang baik menghindari dari berbagai gangguan kesehatan ke depannya, seperti penyakit diabetes dan penyakit jantung. Untuk itu, kamu perlu mengatur pola makan seimbang agar tubuh selalu dalam keadaan optimal.

Pola makan seimbang juga perlu diterapkan selama menjalankan ibadah puasa agar tidak mengalami gangguan kesehatan. Kesehatan yang optimal membuat kamu dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar dan baik. Sebaiknya jaga asupan kalori saat menjalankan ibadah puasa.

Melansir Very Well Fit, kalori adalah energi yang dibutuhkan oleh tubuh agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Kamu bisa memenuhi kebutuhan kalori dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Untuk itu, menjalankan waktu sahur dan waktu berbuka tepat waktu sangat penting untuk kembali memenuhi asupan kalori saat menjalankan ibadah puasa.

Sebaiknya penuhi menu makan berbuka atau sahur dengan bermacam nutrisi dan vitamin seperti karbohidrat, lemak dan juga protein. Ketiga zat ini akan diolah oleh tubuh menjadi kalori. Setelah menjadi kalori, tubuh bisa menggunakannya sebagai energi. Semua makanan pasti memiliki kalori di dalamnya. Namun, nilai kalori yang terdapat dalam tiap makanan nyatanya jumlahnya berbeda.

Baca juga: Cek Kalori Jajanan Favorit yang Super Nagih

Atur Pola Makan Saat Berbuka

Sebaiknya atur pola makan saat berbuka ketika kamu sedang melakukan aturan PSBB di rumah. Saat berbuka, sebaiknya buka puasa dengan mengonsumsi air putih terlebih dahulu agar tubuh dapat kembali terhidrasi dengan baik. Tentunya, dehidrasi yang dialami ketika menjalankan ibadah puasa dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Melansir Medical News Today, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, kelelahan, serta tubuh yang lemas. Itu sebabnya, sebaiknya penuhi kebutuhan cairan selama menjalani ibadah puasa.

Setelah berbuka dengan air putih, kamu bisa mengonsumsi buah kurma yang mengandung nutrisi dan gizi agar tubuh segera pulih menjadi lebih sehat. Namun, jika kamu mengalami keluhan kesehatan selama menjalankan ibadah puasa, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar keluhan kesehatan yang dialami dapat diatasi.

Baca juga: Puasa Bermanfaat bagi Kesehatan, Ini Buktinya

Tunggu beberapa saat setelah berbuka untuk mengonsumsi makanan utama. Jangan lupa untuk penuhi asupan karbohidrat dan protein agar energi dapat segera kembali. Selain itu, penuhi vitamin dan mineral lainnya dari asupan sayuran maupun buah yang dikonsumsi saat berbuka. Saat mengonsumsi makanan utama, sebaiknya makan secara perlahan dalam porsi yang kecil. Kamu dapat membagi menjadi beberapa waktu agar perut tidak langsung menerima makanan dalam jumlah banyak setelah kosong hampir 14 jam.

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2020. Calorie Definition and Why We Count Them
Medical News Today. Diakses pada 2020. What You Should Know About Dehydration