27 August 2018

Ini Pola Makan Vegetarian yang Sehat

pola makan vegetarian, vegetarian, pola hidup sehat vegetarian

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi sehat. Beberapa di antaranya adalah mengonsumsi makanan yang sehat dan juga mengatur pola makan.

Nyatanya, terdapat berbagai pilihan gaya hidup sehat yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah menjadi seorang vegetarian. Namun, sebelum memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan vegetarian.

Baca juga: Inilah 6 Sumber Protein Terbaik untuk Vegetarian

Vegetarian dipahami sebagai pola makan tanpa mengonsumsi makanan yang mengandung produk hewani maupun turunannya. Namun, beberapa kelompok vegetarian masih ada yang mengonsumsi turunan produk hewani, seperti susu maupun telur.

Meskipun begitu, kamu tidak bisa asal mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan saja ketika menjadi seorang vegetarian. Kamu perlu tahu beberapa pola makan vegetarian agar kamu tetap sehat dan tidak kekurangan nutrisi maupun gizi.

1. Menjalankan Pola Makan yang Seimbang

Dengan menjadi seorang vegetarian tentu kamu tidak bisa mengonsumsi beberapa nutrisi, khususnya yang berasal dari produk hewani. Kamu bisa mengganti protein hewani dengan protein yang berasal dari tumbuhan. Banyak bahan nabati yang mengandung protein tinggi agar tubuh kamu tidak kekurangan protein.

Selain protein, kamu juga harus me.perhatikan asupan B12 untuk tubuh. Vitamin B12 nyatanya dapat membantu kamu untuk menjaga kesehatan otak dan juga kesehatan saraf. Meskipun vitamin B12 banyak yang berasal dari produk hewani, kamu tidak perlu khawatir karena bahan-bahan nabati juga banyak yang mengandung vitamin B12. Makanan seperti oatmeal dan susu kacang kedelai nyatanya bisa menggantikan kebutuhan vitamin B12 kamu yang tidak didapat dari makanan berbahan dasar hewan.

Meskipun kamu menjadi seorang vegetarian, kamu tetap bisa mendapatkan seluruh kebutuhan nutrisi dan gizi. Jangan lupa juga untuk terus membaca informasi mengenai nutrisi dan gizi yang bisa digantikan dengan makanan yang berasal dari tumbuhan.

2. Kenyangkan Diri dengan Mengonsumsi Makanan Sehat

Biasanya, saat kamu baru memutuskan untuk mencoba pola makan vegetarian, kamu akan terus merasa lapar meskipun kamu sudah makan beberapa kali. Pada pola makan vegetarian, kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi kacang-kacangan, sayuran, atau lemak sehat dalam jumlah yang lebih banyak dari porsi biasanya. Kamu juga bisa menambahkan porsi buah kamu di akhir waktu makan kamu, agar menu makanmu tidak membosankan.

Ganti pola pikir kamu. Asalkan makanan yang kamu santap adalah makanan yang sehat, kamu boleh makan dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Jika kamu makan dalam porsi yang kecil, kamu bisa makan berulang kali. Inilah kesempatan kamu untuk makan lebih banyak tanpa rasa bersalah.

3. Sediakan Camilan Sehat

Jika kamu memilih untuk ngemil di waktu senggang, sebaiknya persiapkan camilan yang sehat dan mengenyangkan. Kamu bisa mengonsumsi sayuran rebus atau buah yang kamu jadikan keripik. Kamu juga bisa membuat camilan dari pisang yang dicampur dengan susu almond. Dengan begitu, pola makan vegetarian kamu tidak akan sia-sia.

Baca juga: Tips Menu Diet Vegetarian

Banyak hal yang perlu kamu persiapkan saat memilih untuk menjadi vegetarian. Tidak ada salahnya untuk mencoba perlahan-lahan mengurangi konsumsi daging dan mengganti dengan menu vegetarian yang lebih sehat.

Banyak manfaat positif yang akan kamu rasakan jika berhasil menjadi vegetarian. Namun, jika kamu memiliki keluhan atau pertanyaan seputar kebutuhan nutrisi selama menjalani pola makan vegetarian, kamu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!