Bantu Pergerakan Tangan, Ini Ragam Fungsi Tulang Hasta

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Desember 2022

“Fungsi tulang hasta sangat penting dalam pergerakan keseluruhan tangan. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kesehatan tulang hasta dari cedera yang berisiko.”

Bantu Pergerakan Tangan, Ini Ragam Fungsi Tulang HastaBantu Pergerakan Tangan, Ini Ragam Fungsi Tulang Hasta

Halodoc, Jakarta – Tulang hasta adalah salah satu dari dua bagian tulang yang terdapat di lengan. Fungsi tulang hasta sangat banyak, seperti membantu menggerakkan lengan, pergelangan tangan, dan tangan. Tulang hasta juga menopang banyak otot penting, tendon, ligamen, dan pembuluh darah.

Tulang hasta terletak pada garis lurus dengan jari kelingking dan bagian atasnya, Karena terletak di lengan, fungsi tulang hasta sangat penting bagi pergerakan tangan. Jika tulang hasta mengalami retak atau patah, kamu mungkin memerlukan pembedahan untuk memperbaiki tulang dan terapi fisik untuk membantu mendapatkan kembali kekuatan dan kemampuan untuk bergerak. 

Fungsi Tulang Hasta

Tulang hasta memiliki fungsi yang sama dengan tulang lain, yaitu membantu pergerakan dan menopang tubuh. Berikut adalah fungsi tulang hasta:

1. Membantu Pergelangan Tangan Berputar

Bersamaan dengan tulang radius dan tulang karpal, tulang hasta atau tulang lengan bawah membantu perputaran atau pergerakan pergelangan tangan. Karena tulang hasta inilah kamu dapat menggerakkan pergelangan tangan dan melakukan aktivitas seperti menulis, mengetik, memutar gagang pintu, mengangkat barang, dan sebagainya.

2. Mendukung Persendian Siku

Bersama dengan tulang lengan atas, tulang hasta berfungsi untuk membangun dan menopang sendi siku. Karena tulang hasta, sendi siku dapat bergerak lebih bebas.

Hal ini yang membuat sendi siku hanya bisa membantu lengan menekuk dan meregang. Tulang hasta juga membantu tulang lengan bawah agar dapat bergerak tanpa harus mengandalkan gerakan dari persendian di siku.

3. Membentuk Struktur Tulang Lengan Bawah

Tugas tulang hasta adalah membentuk dan menopang struktur tulang lengan bawah, bersama dengan jari-jari. Tulang hasta menempati hampir sepertiga bagian tulang lengan bawah.

4. Lokasi Otot Lengan Bawah

Sebenarnya, ini adalah fungsi umum dari tulang, yaitu menjadi tempat melekatnya otot. Otot yang melekat pada tulang hasta adalah otot-otot pada bagian lengan bawah dan tangan.

Jenis Cedera pada Tulang Hasta

Setelah mengetahui fungsi tulang hasta yang sangat penting, kamu perlu menjaga kesehatan tulang ini. Hal ini agar terhindar dari beberapa cedera yang bisa dialami oleh tulang hasta. 

Fraktur lengan bawah diafisis atau patah pergelangan tangan adalah salah satu cedera tulang hasta yang paling umum. Meskipun patah tulang ini dapat terjadi sebagai akibat dari banyak alasan yang berhubungan dengan trauma, penyebab utamanya adalah jatuh pada lengan yang terulur. 

Untuk alasan ini, patah tulang diafisis biasanya terjadi pada anak-anak atau remaja, karena refleks mereka masih belum maksimal sehingga menyebabkan mereka untuk menghentikan kejatuhannya.

Patah tulang pada kedua tulang lengan bawah, tulang hasta dan radius biasanya disebabkan oleh jatuh atau insiden terkait lainnya. Jenis patah tulang yang dapat mempengaruhi tulang hasta dapat meliputi:

  • Fraktur Greenstick: Ini adalah fraktur parsial, juga dikenal sebagai fraktur garis rambut ke tulang yang utuh.
  • Fraktur Lengkap: Ini adalah patah tulang penuh di mana tulang pecah menjadi dua bagian.
  • Fraktur Gabungan: Juga dikenal sebagai fraktur terbuka, ini terjadi ketika sepotong fragmen tulang menembus kulit.
  • Fraktur Tertutup: Ini adalah fraktur sebagian atau seluruhnya di mana tulang tidak menembus kulit.
  • Fraktur Comminuted: Ini terjadi ketika tulang pecah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

Itulah penjelasan tentang fungsi tulang hasta. Apabila kamu perlu konsultasi terkait kesehatan tulang, cobalah berkonsultasi ke dokter. Kamu pun bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Layanan Home Lab Halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Ulna.
Very Well Health. Diakses pada 2022. The Anatomy, Function, and Treatment of the Ulna.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan