• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh, Ini 5 Rekomendasi Obat Alaminya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh, Ini 5 Rekomendasi Obat Alaminya

Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh, Ini 5 Rekomendasi Obat Alaminya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Desember 2022

“Ada beberapa rekomendasi obat alami yang diyakini dapat membantu mengatasi batuk kering. Salah satunya adalah madu madu yang diketahui memiliki sifat antibakteri dan juga dapat membantu melapisi tenggorokan.”

Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh, Ini 5 Rekomendasi Obat AlaminyaBatuk Kering Tak Kunjung Sembuh, Ini 5 Rekomendasi Obat Alaminya

Halodoc, Jakarta – Batuk kering diartikan sebagai kondisi batuk yang tidak menghasilkan dahak atau lendir dari saluran pernapasan. Kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak. Pada umumnya, jenis batuk ini dapat bertahan lama bahkan sampai hitungan minggu. Akibatnya, kondisi ini berisiko menimbulkan ketidaknyamanan yang dapat menghambat aktivitas atau membuat seorang anak rewel. 

Berdasarkan dampak tersebut, tentunya perawatan terhadap batuk kering perlu dilakukan sedari dini. Nah, menangani batuk kering yang tak kunjung sembuh tak selalu perlu diobati dengan minum obat. Sebab, ada beberapa rekomendasi bahan yang dapat digunakan sebagai obat alami batuk kering. 

Rekomendasi Obat Alami untuk Batuk Kering 

Berikut adalah beberapa obat alami yang diyakini dapat membantu mengatasi batuk kering: 

1. Madu

Untuk orang dewasa dan anak-anak usia satu tahun ke atas, madu dapat digunakan untuk mengobati batuk kering pada siang dan malam hari. Hal ini lantaran madu diketahui memiliki sifat antibakteri dan juga dapat membantu melapisi tenggorokan sehingga dapat mengurangi iritasi. 

Nah, ada temuan menarik dari studi berjudul Effect of honey, dextromethorphan, and no treatment on nocturnal cough and sleep quality for coughing children and their parents. Studi ini menjelaskan kalau madu lebih efektif dalam mengatasi dan mengurangi batuk kering di malam hari, dibandingkan dextromethorphan. Dextromethorphan sendiri merupakan bahan penekan batuk yang kerap menjadi komposisi obat batuk. 

2. Kunyit

Kunyit merupakan rempah yang mengandung curcumin, yaitu senyawa yang diyakini memiliki banyak manfaat. Mulai dari memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, dan antibakteri. Inilah alasan mengapa kunyit dianggap sebagai sebagai salah satu bahan yang dapat mengatasi batuk kering. 

Untuk efektivitas, senyawa curcumin diketahui paling baik diserap dalam aliran darah saat diminum dengan lada hitam. Karena itu, cobalah untuk menambahkan satu sendok teh kunyit dan 1/8 sendok teh lada hitam ke dalam minuman, seperti air putih hangat. 

3. Jahe

Jahe memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Rempah ini juga telah terbukti dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan, menghilangkan rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat kondisi medis tertentu. Untuk mengatasi batuk kering dengan jahe, kamu bisa membuat teh jahe dengan bahan akarnya.

Selain menyeduh jahenya, kamu juga dapat menambahkan madu. Hal ini dapat meningkatkan cita rasa minuman tersebut, sekaligus meningkatkan manfaat yang diperoleh. 

4. Berkumur dengan air garam

Banyak orang telah menggunakan air garam untuk berkumur sebagai obat untuk meringankan sakit tenggorokan dan gejala akibat flu biasa. Sebab, selain dapat membantu melonggarkan lendir, berkumur dengan air garam juga dapat mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Untuk berkumur dengan air garam, berikut adalah langkah yang dapat dilakukan:

  • Aduk 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat sampai larut.
  • Biarkan larutan tersebut agak dingin sebelum digunakan untuk berkumur.
  • Biarkan campuran tersebut berada di bagian belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum dimuntahkan.
  • Lakukan ini beberapa kali setiap hari sampai batuknya membaik.

5. Peppermint

Peppermint mengandung mentol yang dapat membantu mematikan ujung saraf di tenggorokan yang teriritasi oleh batuk. Artinya, mengonsumsi mentol yang berasa dari peppermint dapat meredakan nyeri dan mengurangi keinginan untuk batuk. Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengonsumsi peppermint. Contohnya seperti membuat teh berbahan peppermint atau mengonsumsi permen peppermint

Itulah beberapa rekomendasi obat alami untuk meredakan batuk kering. Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar batuk kering atau mengalaminya, segeralah hubungi dokter. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. 13 Home Remedies for a Dry Cough. 
Medical News Today. Diakses pada 2022. What can I do to make my cough go away?
NIH. Diakses pada 2022. Effect of honey, dextromethorphan, and no treatment on nocturnal cough and sleep quality for coughing children and their parents.