Ini 5 Rekomendasi Obat Batuk Kering dan Gatal Paling Ampuh untuk Dewasa

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Maret 2024

“Batuk merupakan refleks alami untuk membersihkan tenggorokan dan paru-paru. Ada beberapa rekomendasi obat batuk kering dan gatal yang bisa kamu dapatkan di Halodoc, yaitu Triaminic, Actifed, OB Combi, Siladex, dan Hufagripp BP.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Batuk Kering dan Gatal Paling Ampuh untuk DewasaIni 5 Rekomendasi Obat Batuk Kering dan Gatal Paling Ampuh untuk Dewasa

DAFTAR ISI

Daftar Obat Batuk Kering dan Gatal


Halodoc, Jakarta – Batuk kering dan gatal biasanya terjadi akibat peradangan di tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas. Gangguan ini menimbulkan sensasi geli yang mengganggu, termasuk saat sedang beristirahat. 

Batuk kering dan gatal tidak menyebabkan dahak atau lendir, tetapi memicu rasa sakit pada tenggorokan pengidapnya. Akibatnya, rasa tidak nyaman ini dapat menurunkan nafsu makan pengidapnya. 

Mau tahu pilihan obat batuk kering dan gatal yang ampuh? Ini rekomendasinya!

Daftar Obat Batuk Kering dan Gatal

Batuk kering akan mengganggu, terutama jika berlangsung selama berminggu-minggu. Ini beberapa rekomendasi obat batuk kering dan gatal yang bisa kamu konsumsi untuk meredakan gejalanya:

1. Triaminic Batuk Pilek 60 ml

Obat batuk kering dan gatal pertama yang dapat kamu gunakan adalah Triaminic Batuk Pilek 60 ml. Dengan varian rasa Berry, obat ini dapat digunakan untuk mengatasi gejala pilek seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, dan batuk tidak berdahak.

Obat ini dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan dengan dosis:

  • Dewasa & anak lebih dari 12 tahun : 3 kali sehari 2 sendok takar (10 ml).
  • Anak 6-12 tahun : 3 kali sehari 1 sendok takar (5 ml).

Perlu diwaspadai obat ini dapat menyebabkan rasa kantuk. Setelah menggunakan obat ini, kamu tidak disarankan mengendarai kendaraan bermotor atau mengoperasikan mesin.

Rentang harga: Rp86.300 per botol.

Dapatkan Triaminic Batuk Pilek 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Actifed Plus Cough Supressant Sirup 60 m (Merah)

Obat batuk kering dan gatal selanjutnya yang bisa kamu gunakan yaitu Actifed Plus Cough Suppressant. Jenis obat batuk ini bermanfaat untuk mengatasi batuk kering dan pilek. 

Selain itu, obat batuk ini mengandung dextromethorphan Hbr, Pseudoephedrine HCl, dan Triprolidine HCl. Dextromethorphan HBr bekerja sebagai antitusif yang dapat menekan refleks batuk. 

Sementara itu, pseudoephedrine bekerja dengan meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung. Dengan begitu saluran napas jadi lebih terbuka dan melegakan. 

Triprolidine HCl bertindak sebagai antihistamin atau antialergi untuk meredakan gejala alergi, seperti bersin-bersin. 

Rentang harga: Rp68.500 – Rp69.800 per botol.

Dapatkan Actifed Plus Cough Supressant Sirup 60 m (Merah) di Toko Kesehatan Halodoc.

3. OB Combi Antitussive Rasa Menthol 60 ml

Rekomendasi obat batuk kering dan gatal selanjutnya adalah OB Combi Antitussive Rasa Menthol 60 ml. Dengan dextromethorphan Hbr dan Diphenhydramine Hcl, obat ini digunakan untuk meringankan batuk tidak berdahak disertai alergi.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sesudah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Anak 6-12 tahun: Sehari 3 kali 5 ml
  • Anak lebih dari 12 tahun dan dewasa: Sehari 3 kali 10 ml

Rentang harga: Rp18.000 per botol.

Dapatkan OB Combi Antitussive Rasa Menthol 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.Kamu bisa mengonsumsi obat ini jika batuk kering dan gatal disertai dengan pilek: Ini Daftar Obat Batuk Pilek Dewasa yang Ada di Apotik.

4. Siladex DMP Sirup 60 ml

Siladex DMP adalah obat sirup yang dapat meredakan batuk tidak berdahak yang disertai dengan alergi. Obat batuk kering dan gatal ini mengandung Dextromethorphan HBr sebagai antitusif untuk menekan refleks batuk. 

Selain itu  Siladex juga mengandung Diphenhydramine HCl sebagai antihistamin untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. 

Berikut aturan dosis pemberian obat ini:

  • Anak 6-12 tahun: 1 sendok takar (5 ml) tiga kali sehari.
  • Anak berusia lebih dari 12 tahun dan dewasa: 2 sendok takar (10 ml) tiga kali sehari. 

Jika batuk tidak berkurang atau makin memburuk setelah 3 hari penggunaan, segera konsultasikan ke dokter THT.

Rentang harga: Rp16.900 per botol.

Dapatkan Siladex DMP Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

5.Hufagripp BP Dewasa Sirup 60 ml

Opsi obat batuk kering dan gatal lainnya yang dapat kamu konsumsi adalah Hufagripp BP Dewasa Sirup 60 ml. Selain untuk meringankan gejala batuk kering, obat ini juga dapat bermanfaat untuk mengatasi gejala pilek.

Obat ini dapat dikonsumsi oleh orang dewasa dan anak-anak lebih dari 12 tahun. Kamu dapat mengkonsumsi obat ini sesudah makan dengan dosis 3 kali sehari 1 sendok takar.

Selain mengonsumsi obat, sebaiknya kamu juga menghindari makanan dan kebiasaan tertentu agar tidak memperparah gejalanya. Cari tahu di artikel ini: “Ini 5 Hal yang Memperparah Batuk Kering”.

Rentang harga: Rp15.100 – Rp23.300 per botol.

Dapatkan Hufagripp BP Dewasa Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Segeralah periksakan diri ke dokter jika batuk kering dan gatal tak kunjung membaik dengan penggunaan obat di atas. Apalagi jika gejala disertai dengan mengi, sesak napas, dan kesulitan menelan.

Kamu juga bisa mendapatkan obat batuk kering dan gatal serta produk kesehatan lainnya dari Toko Kesehatan Halodoc. Produk akan dikirim dalam 24 jam dari apotik terpercaya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2024. Dry Cough: What Causes It and How Do You Treat One?
Medical News Today. Diakses pada 2024. What can cause a dry cough?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan