Bebas Diare saat Travelling? Ini Tips yang Bisa Dilakukan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Januari 2023

“Diare dapat menjadi masalah saat travelling dan bisa membuat liburan kamu jadi tidak menyenangkan! Lakukan beberapa tips ini untuk mencegah diare saat sedang travelling, ya!”

Bebas Diare saat Travelling? Ini Tips yang Bisa DilakukanBebas Diare saat Travelling? Ini Tips yang Bisa Dilakukan

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak suka berlibur? Liburan biasanya dijadikan momen untuk beristirahat, berkumpul dengan keluarga atau kerabat, hingga mencoba berbagai makanan khas. Kegiatan tersebut menjadi hal yang menyenangkan, sehingga bisa meningkatkan suasana hatimu dan terhindar dari stres.

Namun, ada saja hal yang bisa membuat liburan menjadi tak mengasyikkan. Misalnya, mengalami diare akibat mengonsumsi makanan yang tidak higienis atau hal lainnya. 

Oleh sebab itu, perhatikan kandungan makanan dan tingkat kebersihan restoran yang kamu kunjungi saat berlibur. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan beberapa tips sehat agar kamu bebas diare saat travelling.

Baca juga: 5 Cara Tepat Menghentikan Diare

Tips Bebas Diare saat Travelling

Selain mengunjungi tempat destinasi wisata, mencoba berbagai makanan khas dari lokasi tersebut menjadi kegiatan yang banyak dilakukan oleh para wisatawan. Dalam wisata kuliner ini, kamu mungkin akan mencoba berbagai menu makanan. Mulai dari makanan yang pedas hingga makanan yang bersantan.

Nah, selain memastikan cita rasa, pastikan kamu memilih restoran dengan tingkat kebersihan yang baik. Jika tidak, bisa saja kamu mengalami gangguan pencernaan seperti diare yang membuat liburan jadi tidak menyenangkan.  

Ketika berlibur, diare dapat disebabkan oleh beberapa faktor pemicu, seperti:

  • Infeksi bakteri akibat mengonsumsi makanan tidak higienis.
  • Mengonsumsi makanan yang bisa mengganggu sistem pencernaan.
  • Alergi atau intoleransi terhadap jenis makanan tertentu.

Selain tidak dapat menikmati liburan yang kamu jalani, diare juga dapat menyebabkan perut kembung, peningkatan frekuensi buang air besar (BAB), mual, lemas, hingga pusing.

Agar terhindar dari kondisi ini, sebaiknya kamu perlu mengetahui berbagai tips bebas diare saat travelling. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Pilih jenis makanan dan minuman dengan tepat

Jangan asal mengonsumsi makanan yang belum pernah dikonsumsi sebelumnya. Pastikan kamu mengonsumsi makanan atau minuman dengan tingkat kematangan yang optimal. 

Hindari mengonsumsi makanan yang telah disajikan dalam waktu yang cukup lama. Pilihlah makanan yang diolah saat itu juga untuk menurunkan risiko paparan bakteri atau virus pada makanan.

Konsumsilah air putih dari air minum kemasan. Hindari mengonsumsi air putih yang belum matang, karena berisiko memicu gangguan pencernaan.

2. Rutin mencuci tangan

Jagalah kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan. Misalnya, setelah menggunakan toilet, menyentuh permukaan atau objek yang banyak disentuh orang, hingga sebelum mengonsumsi makanan.

Cucilah tangan menggunakan sabun dan bilas dengan air yang mengalir. Kamu juga bisa menggunakan hand sanitizer jika tidak menemukan sumber air terdekat.

Baca juga: Inilah Komplikasi Akibat Diare yang Harus Diwaspadai

3. Pastikan membawa obat untuk mengatasi diare

Saat liburan jangan lupa untuk membawa berbagai jenis obat-obatan yang kamu butuhkan selama perjalanan. Salah satunya adalah obat diare. Kamu bisa memilih obat diare yang cukup praktis untuk dibawa ke mana saja saat berlibur, seperti Entrostop Cair dengan formula herbal.

Entrostop Cair dengan formula herbal

Entrostop Cair kini memiliki kemasan saset yang praktis dengan rasa jambu biji untuk menjadi teman perjalananmu saat berlibur.

Obat diare pertama dalam bentuk cair di Indonesia ini, mengandung bahan-bahan alami yang memang efektif untuk mengatasi diare. Contohnya, yaitu jambu biji, jahe, kunyit, dan daun teh.

Dengan mengonsumsi sesuai anjuran dan dosis, Entrostop Cair mampu menurunkan frekuensi BAB serta membantu memadatkan tinja.

Menariknya lagi, produk ini tidak meninggalkan rasa pahit di mulut saat dikonsumsi. Dengan begitu, kamu semakin merasa nyaman setelah mengonsumsi obat ini.

Dengan harganya yang terjangkau, kamu bisa mendapatkan Entrostop Cair dengan mudah di mana saja. Kamu bisa langsung cek kebutuhan medis yang kamu perlukan menggunakan Halodoc

Entrostop Cair yang kamu butuhkan akan langsung diantarkan ke lokasimu di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Itulah tips bebas diare saat travelling yang perlu kamu ketahui. Jadi, jangan khawatir mengalami diare saat travelling. Entrostop Cair bisa menjadi teman perjalanan agar liburanmu semakin menyenangkan.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Diarrhea.
CDC. Diakses pada 2023. Travelers Diarrhea.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan